ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VII SMP BERDASARKAN KEPRIBADIAN EKSTROVERT DAN INTROVERT YANG DIBELAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH

Yana Tasya Damanik, Michael Christian Simanullang

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII SMP berdasarkan kepribadian ektrovert dan introvert yang dibelajarkan dengan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan tahapan analisis data terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pada penelitian ini, populasi yang digunakan yaitu siswa kelas VII SMP Negeri 4 Medan dengan sampel penelitian adalah 5 siswa ekstrovert dan 5 siswa introvert yang ditentukan berdasarkan teknik puporsive sampling. Instrumen penelitian adalah angket kepribadian siswa ekstrovert introvert, tes kemampuan berpikir kreatif, lembar pedoman wawancara, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian ini adalah kemampuan berpikir kreatif siswa introvert lebih baik dibandingkan siswa ekstrovert pada indikator fluency, flexibility, originality, dan elaboration. Perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa terletak pada banyak jawaban dan proses peyelesaiannya. Siswa introvert mampu menghasilkan lebih dari satu penyelesaian, dengan cara bervariasi, dengan caranya sendiri, dan tahapan penyelesaiannya terstruktur dan terperinci. Sedangkan siswa ekstrovert hanya memberikan sebuah jawaban, sehingga caranya belum bervariasi, dan jawabannya  masih umum. Ditinjau dari keaktifan selama proses pembelajaran, siswa ekstrovert lebih aktif, kepercayaan dirinya tinggi, bersosialisasi dengan baik, dan aktif bertanya jawab. Sedangkan siswa  introvert lebih pasif, cenderung menyendiri, kepercayaan dirnya rendah, dan pemalu.

Keywords


Penelitian Deskriptif Kualitatif, Kemampuan Berpikir Kreatif, Kepribadian Ekstrovert dan Introvert, Pembelajaran Berdasarkan Masalah

References


Abdurrozak, R. Jayadinata, A. K. & I. (2016). Pengaruh model PBL terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 871–880.

Fitriana, N. & Rahaju, E. B. (2020). Proses Berpikir Kreatif Siswa SMP Berdasarkan Tahapan Wallas Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian Ekstrovert – Introvert. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(1), 1–8.

Hasanah, M., & Surya, E. (2017). Differences in the Abilities of Creative Thinking and Problem Solving of Students in Mathematics by Using Cooperative Learning and Learning of Problem Solving. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 34(1), 286–299.

Isrok’atun dan Rosmala, A. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. PT Bumi Akasara.

Krisanti, E. (2018). Studi Karakter Ekstrovert dan Introvert Sebagai Pendukung Perancangan Karakter Film Animasi Pendek. Jurnal Desain, 5(3), 174–188.

Minarni, A. Napitupulu, E. Lubis, S, D. A. (2020). Kemampuan Berpikir Matematis Dan Aspek Afektif Siswa. Harapan Cerdas Publisher.

Nisa, U. L. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah pada Materi Barisan dan Deret Aritmatika Kelas I SMAN 1 Boyolangu Ditinjau dari Kepribadian Siswa. Uin Sayyid Ali Rahmatullah.

Novellia, M., Relmarisa, S. C., Hardini, A. T. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik. Journal for Lesson and Learning Studies, 1(1), 149–156.

Ramadhani, A. (2022). Analisis Proses Berpikir Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvert di MTs. Banda Aceh. Uin Ar-Raniry.

Sujana, W. C. (2019). Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya:Jurnal Pendidikan Dasar., 04(01), 29–39.

Trianto. (2009). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Prestasi Pustaka.

Tumanggor, O. B. (2016). Student’s Speaking Performances With Different Personalities. State University of Medan.

Zubaidah, C. (2017). Hubungan Kepribadian Introvert dengan Komunikasi Verbal Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kademangan Blitar Tahun Pelajaran 2016/2017. FKIP-Pendidikan Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 9.




DOI: https://doi.org/10.30743/mes.v9i1.8228

Refbacks

  • There are currently no refbacks.