KESULITAN SISWA DALAM MENJAWAB SOAL KOMPETENSI SAINS MADRASAH BIDANG MATEMATIKA TERINTEGRASI KEISLAMAN DALAM AL-QUR’AN

Hasrin Lamote, Nur Hasanah

Abstract


Penelitian ini tergolong sebagai penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal KSM matematika yang terintegrasi keislaman dalam Al-Qur’an. Subjek penelitian ini adalah 14 siswa perwakilan dari 7 madrasah di kota Kendari. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah soal KSM tingkat kota dan tingkat provinsi dua tahun terakhir dan pedoman wawancara. Metode untuk mengumpulkan data pada penelitian ini adalah metode tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 jenis kesulitan yang dialami siswa, yaitu  (1) Kesulitan dalam aspek information skill; (2) Kesulitan dalam aspek number skill dan (3) Kesulitan dalam aspek Arithmethics skill.

Keywords


analisis, KSM matematika, integrasi islam, kesulitan siswa

References


Adilistiyo, M. E., & Slamet, H. w. (2017). Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Himpunan. In Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta (pp. 1–114)

Ekayanti, A., Merona, S. P., & Suhendar, U. (2020). Pendampingan Guru Pembina OSN Matematika SMP Negeri 1 Jetis Beserta Sekolah Imbasnya. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 301–306. https://doi.org/10.31004/cdj.v1i3.1004

Erliani, E. (2022). Analisis kesulitan peserta didik dalam matematisasi materi program linear. Journal of mathematics learning innovation (JMLI), 1(2), 111–124. https://doi.org/10.35905/jmlipare.v1i2.3491

Febriani, P., Widada, W., & Herawaty, D. (2019). Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa SMA Kota Bengkulu. In JPMR (Vol. 04, Issue 02). https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr

Lithner, J. (2011). University Mathematics Students’ Learning Difficulties. Education Inquiry, 2(2), 289–303. https://doi.org/10.3402/edui.v2i2.21981

Machromah, I. U., Eriska, M., Purnomo, R., & Ayu, H. (2017). Arithmatics Skill : Kesulitan Utama Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Kalkulus Integral. Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY, 365–372.

Mardiyanti, L., Magriati, D., Ikrom, M., Agama Islam Al-Azhaar Lubuklinggau, I., Kunci, K., & siswa, K. (2022). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Kelas V SD Negeri 55 Lubuklinggau. Jurnal Tazkirah: Transformasi Ilmu-Ilmu Keislaman, 7(1), 1–14.

Muntaha, A., Wibowo, T., & Kurniasih, N. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Mengonstruksi Model Matematika Pada Soal Cerita. Maju, 7(2).

Nasution, E. Y. P. (2018). Analisis Terhadap Disposisi Berpikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran Matematika. Edumatika : Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 44. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v1i1.217

Setiawan, Y. B., Hapizah, H., & Hiltrimartin, C. (2018). Kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal olimpiade SMP konten aljabar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(2), 233–243. https://doi.org/10.21831/jrpm.v5i2.18191

Sholihah, & Afriansyah. (2017). Analisis Kesulitan Siswa dalam Proses Pemecahan Masalah Geometri Berdasarkan Tahapan Berpikir Van Hiele. Jurnal Mosharafa, 6(2), 287–298. http://e-mosharafa.org/

Sonya Fiskha Dwi Patri, & Sonya Heswari. (2022). Pembinaan Kompetensi Sains Madrasah (KSM) Untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Matematika. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(8), 1881–1890. https://doi.org/10.53625/jabdi.v1i8.989

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sulistyo, A., Suyadi, S., & Wantini, D. W. (2021). Problematika pembelajaran ilmu faraidh di tingkat slta serta alternatif solusinya faraidh’s learning problems at senior high school level and the alternative of solutions. Cahaya Pendidikan, 7(1), 25–36.

Suyitno,A., Dasar-Dasar Dan Proses Pembelajaran Matematika I - Semarang: FMIPA Unnes, 2004

Sylviana Zanthy, L. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Ditinjau Dari Latar Belakang Pilihan Jurusan Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Di STKIP Siliwangi Bandung. Jurnal Teori Dan Riset Matematika (TEOREMA), 1(1).

Tambychik, T., Meerah, T. S. M., & Aziz, Z. (2010). Mathematics skills difficulties: A mixture of intricacies. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 7, 171–180. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.10.025

Ulpa, F., Marifah, S., Maharani, S. A., & Ratnaningsih, N. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Kontekstual pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Teori Nolting. Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education, 3(2), 67–80. https://doi.org/10.21580/square.2021.3.2.8651

Yusmar, F., & Fadilah, R. E. (2023). Analisis Rendahnya Literasi Sains Peserta Didik Indonesia: Hasil PISA dan Faktor Penyebab. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 13(1), 11–19. https://doi.org/10.24929/lensa.v13i1.283




DOI: https://doi.org/10.30743/mes.v9i2.8652

Refbacks

  • There are currently no refbacks.