SEBUAH SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW : PEMBELAJARAN DIFERENSIASI DALAM DUNIA PENDIDIKAN
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aprima, D., & Sari, S. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13 (1)(1), 95–101. https://www.iocscience.org/ejournal/index.php/Cendikia/article/view/2960
Asiyah, S. R. (2023). Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa SDN Bulukerto 01 Batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora (JPTWH), 2(4), 1995–2014. https://jurnal.widyahumaniora.org/index.php/jptwh/article/view/199
Azis, F., Kaharuddin, K., Arifin, J., Yumriani, Y., Nawir, M., Nursalam, N., Quraisy, H., Rosa, I., Nuramal, N., & Karlina, Y. (2022). Pendampingan Penguatan Model Pembelajaran Paradigma Baru Bagi Guru-Guru Sekolah Muhammadiyah Di Kecamatan Bontonompo Selatan. In Jurnal Abdimas Indonesia (Vol. 2, Issue 4). https://doi.org/10.53769/jai.v2i4.337
Bulu, V. R. (2023). Pengaruh Strategi Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Matematika Mahasiswa. HINEF : Jurnal Rumpun Ilmu Pendidikan, 2(2), 70–75. https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/8255
Dian Fitriani, Fatihatunnisa Ridha Rahman, Anti Dhamayanti Fauzi, Anisa Umu Salamah, & Asep Saefullah. (2023). Implementasi Pembelajaran Diferensiasi Berdasarkan Aspek Kesiapan Belajar Murid Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Genta Mulia, 14(2). https://doi.org/10.61290/gm.v14i2.358
Elviya, D. D., & Sukartiningsih, W. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iv Sekolah Dasar Di Sdn Lakarsantri I/472 Surabaya. In JPGSD (Vol. 11, Issue 8). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/54127
Febrianti, V. P., Cahyani, A., Cahyani, S., Aliisa, S. N., Rafik, M., & Arifah, R. N. (2023). Analisis Kesulitan Guru Biologi SMAN 2 Pandeglang dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Terdiferensiasi. In Jurnal Pembelajaran Inovatif (Vol. 6, Issue 1). Provinsi. https://doi.org/10.21009/jpi.061.03
Firdaus, A. M., & Bakhtiar, A. M. (2022). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Mengatasi Keberagaman Tingkat Ketanggapan Siswa – Siswi Di Upt Sdn 25 Gresik. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 2135–2147. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.529
Haddaway, N. R., Macura, B., Whaley, P., & Pullin, A. S. (2018). ROSES Reporting standards for Systematic Evidence Syntheses: Pro forma, flow-diagram and descriptive summary of the plan and conduct of environmental systematic reviews and systematic maps. Environmental Evidence, 7(1), 4–11. https://doi.org/10.1186/s13750-018-0121-7
Herdianto, Y. (2023). Pengembangan Pembelajaran Diferensisasi Untuk Studentswell-Being pada Siswa Kelas IV SDN Beji 02 Kecamatan Junrejo Kota Batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 2(1), 1–23. https://jurnal.widyahumaniora.org/index.php/jptwh/article/view/111/130
Kurniasih, E., & Priyanti, N. (2023). Pengaruh pendekatan pembelajaran diferensiasi terhadap kemampuan literasi baca, tulis dan numerasi. Jurnal Ilmiah Potensia, 8(2), 398–408.
Liliawati, W., Setiawan, A., Rahmah, S., & Dalila, A. A. (2022). Pendekatan Pembelajaran Diferensiasi dalam Model Inkuiri terhadap Kemampuan Numerasi Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2), 393–401. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i2.50838
Martanti, Fitria ; Widodo, Joko ; Rusdarti ; Priyanti, A. S. (2022). Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Diferensiasi Pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Penggerak. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Unnes, 5(1), 412–417. http://pps.unnes.ac.id/prodi/prosiding-pascasarjana-unnes/412
Muhlisah, U., Misdaliana, M., & Kesumawati, N. (2023). Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis Siswa SMA. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2793–2803. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2762
Purwanto, A. J., & Gita, R. S. D. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Kelas XI Berbasis Android. In Prismatika : Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika (Vol. 5, Issue 2). https://doi.org/10.54895/intech.v2i2.1169
Putri, A. A., & Juandi, D. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Self Efficacy: Systematic Literature Review (SLR) di Indonesia. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 7(2), 135–147. https://doi.org/10.23969/symmetry.v7i2.6493
Setiyo, A. (2022). Penerapan pembelajaran diferensiasi kolaboratif dengan melibatkan orang tua dan masyarakat untuk mewujudkan student’s well-being di masa pandemi. Bioma : Jurnal Ilmiah Biologi, 11(1), 61–78. https://doi.org/10.26877/bioma.v11i1.9797
Siagian, B. A., Situmorang, S. N., Siburian, R., Sihombing, A., Harefa, R. Y. R., Ramadhani, S., & Sitorus, A. (2022). Sosialisasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Merdeka Belajar di SMP Gajah Mada Medan. Indonesia Berdaya, 3(2), 339–344. https://doi.org/10.47679/ib.2022227
Sukmawati, I., Prajoko, S., & Alamsyah, M. R. N. (2023). Pemahaman Konsep Mahasiswa pada Pembelajaran Biologi Berdiferensiasi yang Menerapkan E-PjBL Berbantuan Media H5P. Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi, 11(2), 161. https://doi.org/10.25157/jpb.v11i2.12235
Ubaidillah, I., Setiono, & Ratnasari, J. (2023). PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS BERBASIS GENDER DAN DIFERENSIASI PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS ETNOSAINS. Jurnal Bioeducation, 10(2), 61–69. https://openjurnal.unmuhpnk.ac.id/bioed/article/view/5577
Wahyuni, A. S. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 118–126. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.562
DOI: https://doi.org/10.30743/mes.v9i2.8736
Refbacks
- There are currently no refbacks.