SEBUAH SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW : PEMBELAJARAN DIFERENSIASI DALAM DUNIA PENDIDIKAN

I Gede Ratnaya, Putu Ledyari Noviyanti, Sarwo Edi Wibowo

Abstract


Kurikulum merdeka adalah kurikulum yang memberikan keleluasaan kepada pendidik untuk menciptakan pembelajaran berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan dan lingkungan belajar peserta didik. Pembelajaran yang ditekankan pada kurikulum  merdeka  diwujudkan  dalam  bentuk pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi  hasil  penelitian  terkait  topik  pembelajaran diferensiasi. Prosedur yang digunakan yaitu prosedur PRISMA dengan jenis penelitian Systematic Literature Review (SLR). Studi ini dilakukan karena dengan studi ini peneliti dapat memahami pembelajaran diferensiasi mampu memenuhi kebutuhan belajar yang beragam, keefektifan pembelajaran diferensiasi, mampu mengidentifikasi kesenjangan pengetahuan serta mendukung keberagaman dalam kelas. Dari sembilan belas artikel yang diperoleh didapatkan hasil bahwa pembelajaran diferensiasi sudah banyak dilaksanakan dan dalam hasilnya mampu meningkatkan aktivitas, kemampuan kolaborasi siswa, pemahaman, hasil belajar, kemampuan berpikir kritis, kreatif matematis, kemampuan literasi dan numerasi siswa. Selanjutnya dalam beberapa artikel juga telah ditemukan pengembangan pembelajaran diferensiasi yang berbasis digital yaitu berupa aplikasi android dan juga berbasis E-PjBL dengan bantuan media H5P.

Keywords


pembelajaran diferensiasi, SLR

References


Aprima, D., & Sari, S. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13 (1)(1), 95–101. https://www.iocscience.org/ejournal/index.php/Cendikia/article/view/2960

Asiyah, S. R. (2023). Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa SDN Bulukerto 01 Batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora (JPTWH), 2(4), 1995–2014. https://jurnal.widyahumaniora.org/index.php/jptwh/article/view/199

Azis, F., Kaharuddin, K., Arifin, J., Yumriani, Y., Nawir, M., Nursalam, N., Quraisy, H., Rosa, I., Nuramal, N., & Karlina, Y. (2022). Pendampingan Penguatan Model Pembelajaran Paradigma Baru Bagi Guru-Guru Sekolah Muhammadiyah Di Kecamatan Bontonompo Selatan. In Jurnal Abdimas Indonesia (Vol. 2, Issue 4). https://doi.org/10.53769/jai.v2i4.337

Bulu, V. R. (2023). Pengaruh Strategi Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Matematika Mahasiswa. HINEF : Jurnal Rumpun Ilmu Pendidikan, 2(2), 70–75. https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/8255

Dian Fitriani, Fatihatunnisa Ridha Rahman, Anti Dhamayanti Fauzi, Anisa Umu Salamah, & Asep Saefullah. (2023). Implementasi Pembelajaran Diferensiasi Berdasarkan Aspek Kesiapan Belajar Murid Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Genta Mulia, 14(2). https://doi.org/10.61290/gm.v14i2.358

Elviya, D. D., & Sukartiningsih, W. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iv Sekolah Dasar Di Sdn Lakarsantri I/472 Surabaya. In JPGSD (Vol. 11, Issue 8). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/54127

Febrianti, V. P., Cahyani, A., Cahyani, S., Aliisa, S. N., Rafik, M., & Arifah, R. N. (2023). Analisis Kesulitan Guru Biologi SMAN 2 Pandeglang dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Terdiferensiasi. In Jurnal Pembelajaran Inovatif (Vol. 6, Issue 1). Provinsi. https://doi.org/10.21009/jpi.061.03

Firdaus, A. M., & Bakhtiar, A. M. (2022). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Mengatasi Keberagaman Tingkat Ketanggapan Siswa – Siswi Di Upt Sdn 25 Gresik. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 2135–2147. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.529

Haddaway, N. R., Macura, B., Whaley, P., & Pullin, A. S. (2018). ROSES Reporting standards for Systematic Evidence Syntheses: Pro forma, flow-diagram and descriptive summary of the plan and conduct of environmental systematic reviews and systematic maps. Environmental Evidence, 7(1), 4–11. https://doi.org/10.1186/s13750-018-0121-7

Herdianto, Y. (2023). Pengembangan Pembelajaran Diferensisasi Untuk Studentswell-Being pada Siswa Kelas IV SDN Beji 02 Kecamatan Junrejo Kota Batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 2(1), 1–23. https://jurnal.widyahumaniora.org/index.php/jptwh/article/view/111/130

Kurniasih, E., & Priyanti, N. (2023). Pengaruh pendekatan pembelajaran diferensiasi terhadap kemampuan literasi baca, tulis dan numerasi. Jurnal Ilmiah Potensia, 8(2), 398–408.

Liliawati, W., Setiawan, A., Rahmah, S., & Dalila, A. A. (2022). Pendekatan Pembelajaran Diferensiasi dalam Model Inkuiri terhadap Kemampuan Numerasi Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2), 393–401. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i2.50838

Martanti, Fitria ; Widodo, Joko ; Rusdarti ; Priyanti, A. S. (2022). Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Diferensiasi Pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Penggerak. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Unnes, 5(1), 412–417. http://pps.unnes.ac.id/prodi/prosiding-pascasarjana-unnes/412

Muhlisah, U., Misdaliana, M., & Kesumawati, N. (2023). Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis Siswa SMA. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2793–2803. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2762

Purwanto, A. J., & Gita, R. S. D. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Kelas XI Berbasis Android. In Prismatika : Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika (Vol. 5, Issue 2). https://doi.org/10.54895/intech.v2i2.1169

Putri, A. A., & Juandi, D. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Self Efficacy: Systematic Literature Review (SLR) di Indonesia. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 7(2), 135–147. https://doi.org/10.23969/symmetry.v7i2.6493

Setiyo, A. (2022). Penerapan pembelajaran diferensiasi kolaboratif dengan melibatkan orang tua dan masyarakat untuk mewujudkan student’s well-being di masa pandemi. Bioma : Jurnal Ilmiah Biologi, 11(1), 61–78. https://doi.org/10.26877/bioma.v11i1.9797

Siagian, B. A., Situmorang, S. N., Siburian, R., Sihombing, A., Harefa, R. Y. R., Ramadhani, S., & Sitorus, A. (2022). Sosialisasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Merdeka Belajar di SMP Gajah Mada Medan. Indonesia Berdaya, 3(2), 339–344. https://doi.org/10.47679/ib.2022227

Sukmawati, I., Prajoko, S., & Alamsyah, M. R. N. (2023). Pemahaman Konsep Mahasiswa pada Pembelajaran Biologi Berdiferensiasi yang Menerapkan E-PjBL Berbantuan Media H5P. Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi, 11(2), 161. https://doi.org/10.25157/jpb.v11i2.12235

Ubaidillah, I., Setiono, & Ratnasari, J. (2023). PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS BERBASIS GENDER DAN DIFERENSIASI PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS ETNOSAINS. Jurnal Bioeducation, 10(2), 61–69. https://openjurnal.unmuhpnk.ac.id/bioed/article/view/5577

Wahyuni, A. S. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 118–126. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.562




DOI: https://doi.org/10.30743/mes.v9i2.8736

Refbacks

  • There are currently no refbacks.