PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISKURSUS MULTY REPRECENTACY TERHADAP KEMAMPUAN MULTI REPRESENTASI MATEMATIS DAN RASA INGIN TAHU BELAJAR SISWA PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS

Nika Arista Ayu Lestari, Mari yam, Nurul Husna

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Diskursus Multy Reprecentacy terhadap kemampuan multi representasi matematis siswa pada materi teorema pythagoras. Metode penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Singkawang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berdasarkan kemampuan multi representasi matematis siswa, serta rasa ingin tahu siswa, maka diberikan sebuah tes kemampuan multi representasi matematis yaitu pada materi teorema pythagoras. selain tes diberikan juga angket rasa ingin tahu. Teknik analisis data yang digunakan adalah Perhitungan N-Gain, uji normalitas dengan Uji Liliefors, dan untuk mengetahui perbedaan menggunakan Mann-Whitney U-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1)Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan multi representasi matematis siswa antara yang menggunakan model pembelajaran Diskursus Multy Reprecentacy dan model pembelajaran langsung pada materi teorema Pythagoras kelas VIII, dengan nilai indeks gain skor keseluruhan kelas eksperimen 0,33 berada pada kriteria sedang dan nilai indeks gain skor keseluruhan kelas kontrol 0,25 berada pada kriteria rendah. 2)Model pembelajaran Diskursus Multy Reprecentacy berpengaruh besar terhadap peningkatan kemampuan multi representasi matematis siswa pada materi teorema Pythagoras kelas VIII, dengan nilai Effect Size yang memiliki kriteria tinggi sebesar 1,15. 3)Terdapat pengaruh model pembelajaran Diskursus Multy Reprecentacy terhadap rasa ingin tahu siswa pada materi teorema Pythagoras kelas VIII, dengan hasil data Uji Mann Whitney U-Test.




DOI: https://doi.org/10.30743/mes.v10i1.9742

Refbacks

  • There are currently no refbacks.