PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISKURSUS MULTY REPRECENTACY TERHADAP KEMAMPUAN MULTI REPRESENTASI MATEMATIS DAN RASA INGIN TAHU BELAJAR SISWA PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS

Nika Arista Ayu Lestari, Mariyam Mariyam, Nurul Husna

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Diskursus Multy Reprecentacy terhadap kemampuan multi representasi matematis siswa pada materi teorema pythagoras. Metode penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Singkawang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berdasarkan kemampuan multi representasi matematis siswa, serta rasa ingin tahu siswa, maka diberikan sebuah tes kemampuan multi representasi matematis yaitu pada materi teorema pythagoras. selain tes diberikan juga angket rasa ingin tahu. Teknik analisis data yang digunakan adalah Perhitungan N-Gain, uji normalitas dengan Uji Liliefors, dan untuk mengetahui perbedaan menggunakan Mann-Whitney U-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1)Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan multi representasi matematis siswa antara yang menggunakan model pembelajaran Diskursus Multy Reprecentacy dan model pembelajaran langsung pada materi teorema Pythagoras kelas VIII, dengan nilai indeks gain skor keseluruhan kelas eksperimen 0,33 berada pada kriteria sedang dan nilai indeks gain skor keseluruhan kelas kontrol 0,25 berada pada kriteria rendah. 2)Model pembelajaran Diskursus Multy Reprecentacy berpengaruh besar terhadap peningkatan kemampuan multi representasi matematis siswa pada materi teorema Pythagoras kelas VIII, dengan nilai Effect Size yang memiliki kriteria tinggi sebesar 1,15. 3)Terdapat pengaruh model pembelajaran Diskursus Multy Reprecentacy terhadap rasa ingin tahu siswa pada materi teorema Pythagoras kelas VIII, dengan hasil data Uji Mann Whitney U-Test.


Keywords


Diskursus Multy Reprecentacy, Kemampuan Multi Representasi Matematis, Rasa Ingin Tahu Siswa,

References


Al Husnia, Firda. "Analisis Multirepresentasi Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berbasis Taksonomi Solo Dibedakan Dari Kemampuan Matematika Peserta Didik." (2019).

Angin, S. L., Sutopo., Parno. 2016. Strategi Pembelajaran Multi Representasi untuk Meningkatkan Konsep Kinematika Matematika Semester Awal. Prosiding Seminar Hasil Pendidikan IPA Pascasarjana UM. 1, 469-478.

Angraini, Cici Desra, Komarudin Komarudin, and Istihana Istihana. "Pengaruh model diskursus multy reprecentacy (DMR) dengan pendekatan CBSA terhadap representasi matematis ditinjau dari motivasi belajar peserta didik." Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Vol. 2. No. 1. 2019.

Duskri, M, Sulastri, Marwan. 2017. “Kemampuan Representasi matematis Siswa SMP melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik”. Jurnal Matematika. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Aceh, Indonesia. Vol.10 no.1. p-ISSN 2085-5893. E-ISSN: 2541-0158. Mei 2017. Hal 51.

Hutagaol, Kartini. 2013. “Multi Representasi dalam Pembelajaran Matematika”. Jurnal KNPM V, Himpunan Matematika Indonesia. Universitas Advent Indonesia Bandung. Hal 133.

Kesumawati, Nila. 2015. “Kemampuan Multi Representasi Matematis dalam Materi Statistika Dasar”. Jurnal Pendidikan Matematika. Universitas PGRI Palembang. Hal 1212.

Mahendra, Novira Rahmadian, Mulyono Mulyono, and Isnarto Isnarto. "Kemampuan Representasi Matematis dalam Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI)." PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika. Vol. 2. 2019.

Nopitasari, Dian. 2017. Analisis Kemampuan Multi Representasi Matematis Berdasarkan Kemampuan Awal Matematis Mahasiswa. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultan Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Tangerang. Vol 2 No 1. ISSN 2501-3802. Hal. 2

Patonah, Rita. 2019. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Melalui Penerapan Metode Diskursus Multy Reprecentacy (DMR)”. Jurnal Ilmiah Kependidikan. Program Studi Pendidikan Akuntansi. Vol. 6 No. 2. Juli 2019. Hal 83-88

Ratna Sari, N. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISKURSUS MULTY REPRECENTACY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMPN 03 SELUMA (Doctoral dissertation, IAIN BENGKULU).

Sabirin, Muhammad. 2014. “Representasi dalam Pembelajaran Matematika”. Jurnal Pendidikan Matematika. IAIN Antasari Banjarmasin. Vol. 01 No. 02, Juni 2014. Hal 33.

Siti Rukiyah, Rany Widiyastuti, and Andi Thahir, “Model Pembelajaran Diskursus Multi Representasi (DMR) Dengan Sparkol Videoscribe Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis,” Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika 8, no. 2 (2020): 32–42.

Tamim, M, F. 2015. “Penerapan Model Diskursus Multy Reprecentacy (DMR) Dengan Puzzle Kubus dan Balok Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Materi Pokok Kubus dan Balok Siswa Kelas VIII D SMP Muhammadiyah 8 Semarang”. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. Hal 69

Tyas, Wahyu Handining. Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika pada Materi Aritmatika Sosial dan Perbandingan Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa Kelas VII SMP Negeri 15 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Diss. UNS (Sebelas Maret University), 2016.

Yulia, Nanda & Surya, Edy. 2017. Kemampuan Representasi Matematis Siswa pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika. Universitas Negeri Medan. Hal 4-9.




DOI: https://doi.org/10.30743/mes.v10i1.9742

Refbacks

  • There are currently no refbacks.