Kebijakan Kontroversial Pemerintah Orde Baru di Ranah Pendidikan Tinggi Indonesia dalam Perspektif Historis
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, T. A. (2016). Sejarah Kontroversial di Indonesia: Perspektif Pendidikan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Aisyah, V. Y. (2014). Peran Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Surabaya dalam Penerimaan Asas Tunggal Pancasila Berdasar Sumber Lisan Para Kader. AVATARA, 2(1), 14–19. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/avatara/article/view/4355/6751
Arief, M. I., & Husin, Gt. M. I. (2019). Agama Dan Sistem Pendidikan Nasional (Kasus Pelarangan Jilbab di Sekolah). DARUL ULUM, 10(2), 171–190. https://stitdukotabaru.ac.id/ejournal/index.php/darululum/article/download/36/27/
Aryono. (2017, Februari 14). Bee Gees dan Larangan Rambut Gondrong. Diakses dari: https://historia.id/kultur/articles/bee-gees-dan-larangan-rambut-gondrong-P0mb9/page/1. Pada tanggal 27 November 2024.
Athiyyah, A. A. (2014, Oktober 29). Wacana Rambut Gondrong dan Instabilitas Nasional. Diakses dari: https://indoprogress.com/2014/10/wacana-rambut-gondrong-dan-instabilitas-nasional/. Pada tanggal 27 November 2024.
Eviany, E. (2019). Pengantar Ilmu Politik dan Ruang Lingkupnya. Bandung: Cendikia Press.
Hafizah, Y. (2018). Fenomena Jilbab dalam Masyarakat Kosmopolitan: Interpretasi Teks dan Konteks atas Atas Jilbab. Khazanah, 16(2), 203–226. https://doi.org/10.18592/khazanah.v16i2.2336
Hasdiana, S., Alamsyah, N., Anwar, K., & Sya’roni. (2024). Kebijakan Pendidikan Pemerintah Indonesia Era Orde Baru Serta Pengaruhnya terhadap Pendidikan Islam di Indonesia. ALFIHRIS, 2(4), 14–27. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i3.950
Hutari, F. (2017). Hiburan Masa Lalu dan Tradisi Lokal. Yogyakarta: INSIST Press.
Kasenda, P. (2013). Soeharto: Bagaimana Ia Bisa Melanggengkan Kekuasaan Selama 32 Tahun? Jakarta: PT Kompas Media Nusantara.
Kuntowijoyo. (2013). Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Tiara Wacana
Kurniawan, D.A. (2023). Modernisasi Sistem Pendidikan Islam di Indonesia: Dari Awal Abad ke-20 hingga Periode Kontemporer. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-ilmu Sosial, 7(1), 24-38. https://doi.org/10.30743/mkd.v7i1.6151
Kurniawan, D.A., Nikmah, S.F & Mahardi, N.A.O. (2024). Portrait of Education Aspects in Indonesia During the Japanese Occupation (1942-1945). Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora), 8(1), 695-705. https://doi.org/10.36526/santhet.v8i1.3536
Loppies, M. (2023). Pendidikan Zaman Orde Baru: Upaya Melanggengkan Kekuasaan Soeharto. Phinisi Integration Review, 6(2), 237–245. https://doi.org/10.26858/pir.v6i2.47116
Matitaputy, J. K. (2016). Model Pembelajaran Isu-Isu Kontroversial dalam Pembelajaran Sejarah. SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 3(2), 184–192. http://dx.doi.org/10.15408/sd.v3i2.4365
Muhajirin, Su’adi, & Widdah, M. El. (2024). Kebijakan Pendidikan di Masa Orde Baru. INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, 4(4), 3853–3864. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i4.13539
Mustafidah, Z. (2016). Gerakan Mahasiswa dan Kebijakan NKK/BKK Tahun 1978 – 1983. AVATARA, 4(1), 99–106. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/avatara/article/view/13986
Nambo, A. B., & Puluhuluwa, M. R. (2005). Memahami Tentang Beberapa Konsep Politik (Suatu Telaah dari Sistem Politik). Mimbar, 21(2), 262–285. https://doi.org/10.29313/mimbar.v21i2.177
Nasution. (1995). Sejarah Pendidikan Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
Nurlatifah, E. (2019). Jilbab dan Islam Indonesia Masa Orde Baru 1982-1991. Skripsi, Jurusan Sejarah dan Peradaban Islam, Fakultas Adab dan Humaniora, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Pratama, R. A. (2017, Mei 27). Apa Peduli Negara Dengan Rambut Gondrong? Diakses dari: https://isolapos.com/2017/05/apa-peduli-negara-dengan-rambut-gondrong/. Pada tanggal 27 November 2024.
Pujiati. (2023). Perbandingan Dinamika Penggunaan Jilbab di Masa Orde Baru dan Reformasi. Jurnal Sejarah Indonesia, 6(2), 135–149. https://doi.org/10.62924/jsi.v6i2.32604
Purwoko, D. (1994). Semangat Taman Siswa dan Perlawanannya Terhadap Undang-Undang Sekolah Liar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 125-135.
Ramadhani, S., & Sumarno. (2018). Kebijakan Jilbab di SMA pada Masa Daoed Joesoef (Penerapan di Surabaya Tahun 1982-1991). AVATARA, 6(3), 365–376. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/avatara/article/view/24707
Rifai, Muhammad. (2017). Sejarah Pendidikan Nasional Dari Masa Klasik Hingga Modern. Depok: Ar-Ruzz Media.
Rizkiah, N., Suwirta, A., & Supriatna, E. (2018). Suara Mahasiswa dari Dua Kota: Perbandingan Pandangan Isola Pos di Bandung dan Balairung di Yogyakarta terhadap Isu Politik di Indonesia, 1991-1998. MIMBAR PENDIDIKAN: Jurnal Indonesia untuk Kajian Pendidikan, 3(1), 11–30. https://doi.org/10.17509/mimbardik.v3i1.10635
Safei, & Hudaidah. (2020). Sistem Pendidikan Umum Pada Masa Orde Baru (1968-1998). Jurnal Humanitas, 7(1), 1–13. https://doi.org/10.29408/jhm.v7i1.3253
Sair, A. (2016). Kampus dan Degradasi Pengetahuan Politik Mahasiswa. Jurnal Sosiologi Pendidikan Humanis, 1(1), 9–20. https://doi.org/10.17977/um021v1i12016p009
Salam, F. (2010, April 22). Kutu Subversif dalam Rambut Gondrong. Diakses dari: https://historia.id/kultur/articles/kutu-subversif-dalam-rambut-gondrong-PMGyD/related/page. Pada tanggal 5 Desember 2024.
Sarnoto, A. Z. (2012). Konsepsi Politik Pendidikan di Indonesia. Educhild, 1(1), 30–40. http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v1i1.1622
Setiyawan, R., & Budiman, A. (2019). Bergerak dari Otoritarianisme Orde Baru ke Reformasi: Kuasa Negara atas Pendidikan di Indonesia dalam Perspektif Ideological State Apparatus (ISA) Louis Althusser. Didaktis, 19(2), 211–219. https://doi.org/10.30651/didaktis.v19i2.7561
Subkhan, E. (2018). Ideologi, Kekuasaan, dan Pengaruhnya Pada Arah Sistem Pendidikan Nasional Indonesia (1950-1965). Journal of Indonesian History, 7(1), 19-34.
Suparno, B. A. (2012). Reformasi dan Jatuhnya Soeharto. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.
Suryanto, Widodo, A., & Nursalim. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Berlatar Isu Kontroversial sebagai Penguatan Watak Kewarganegaraan Mahasiswa. Cakrawala Pendidikan, 37(2), 250–259. https://doi.org/10.21831/cp.v37i2.15962
Suwignyo, A. (2019). Pendidikan, Kekuasaan, dan Kolonialisme. Yogyakarta: Selarung Institute.
Suwirta, A. (2018). Pers dan Kritik Sosial pada Masa Orde Baru: Studi Kasus Pers Mingguan Mahasiswa Indonesia di Bandung, 1966-1974. Mimbar Pendidikan, 3(2), 113–136. http://dx.doi.org/10.17509/mimbardik.v3i2.13949
Widyanti, R. H. D., Budi Prasetya, Y., & Fauzi, I. A. (2023). Gerakan Mahasiswa Pada Masa Orde Baru 1974-1978 : dari Malari hingga NKK/BKK. Chronologia, 4(3), 140–153. https://doi.org/10.22236/jhe.v4i3.11426
Wijanarko, T. S. (2019). Rambut Gondrong di Semarang pada Tahun 1967. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang.
Wirayudha, R. (2017, Agustus 15). Ibu Tien dan Rambut Gondrong. Diakses dari: https://historia.id/kultur/articles/ibu-tien-dan-rambut-gondrong-PewX8. Pada tanggal 5 Desember 2024.
Wirjowerdojo, K. (1978). Normalisasi Kehidupan Kampus dan Perundang-Undangan Pendidikan/Perguruan Tinggi. Jurnal Hukum & Pembangunan, 8(5), 512–521. https://doi.org/10.21143/jhp.vol8.no5.792
Yudhistira, A. W. (2010). Dilarang Gondrong! Praktik Kekuasaan Orde Baru Terhadap Anak Muda Awal 1970-an. Tangerang: Marjin Kiri.
Yuningsih, H. (2015). Kebijakan Pendidikan Islam Masa Orde Baru. JURNAL TARBIYA, 1(1), 175–194. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/jurnal-tarbiya/article/view/142
DOI: https://doi.org/10.30743/mkd.v9i1.10380
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Dadan Adi Kurniawan, Alifah Diah Wijaya Putri, Yuandhi Yuan Pratama

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under CC BY 4.0