Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi pada Materi Peristiwa Sekitar Proklamasi Kemerdekaan Indonesia untuk Peserta Didik Kelas 11 di SMA Negeri 12 Semarang
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, T. A., Sodiq, I., & Suryadi, A. (2014). Kendala-kendala guru dalam pembelajaran sejarah kontroversial di SMA Negeri Kota Semarang. Paramita: Historical Studies Journal, 24(2). https://doi.org/10.15294/paramita.v24i2.3128
Amalia, K., Rasyad, I., & Gunawan, A. (2023). Pembelajaran berdiferensiasi sebagai inovasi pembelajaran. Journal of Education and Teaching Learning (JETL), 5(2), 185–193. https://doi.org/10.51178/jetl.v5i2.1351
Aulia, N, I., Nurofiana, R., & Aprianti, M. (2024). 24045-63118-1-Pb (pp. 38–45).
Chad, F. (2025). Differentiated instruction and universal design for learning (UDL).
Enung, H., Ika, M., Suyatno, & Rivan, G. (2023). Model pembelajaran diferensiasi berbasis digital di sekolah.
Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat Pembelajaran yang Efektif. At-Tafkir, 11(1), 85–99. https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529
Fauzia, R., & Hadikusuma Ramadan, Z. (2023). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1608–1617. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5323
Hermawan, M. D., & Farisi, A. (2023). Pembelajaran sejarah berbasis proyek dan keberpihakan. Prabayaksa: Journal of History Education, 3(September), 95–104.
Jayanti, S. D., Suprijono, A., & Jacky, M. (2023). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 22 Surabaya. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 561–566. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i1.304
Jumiarti, D. N., & Fakhruddin, M. (2024). Implementasi pembelajaran diferensiasi pada mata pelajaran sejarah: Studi kasus di SMAN 23 Kabupaten Tangerang. Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah dan Pendidikan, 8(1), 64–77. https://doi.org/10.29408/fhs.v8i1.25021
Kemendikbudristek. (2021). Kurikulum untuk pemulihan pembelajaran. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran.
Manzis, I. (2024). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi dengan pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar di sekolah dasar. Αγαη, 15(1).
Mariati, P., & Purnamasari, N. (2021). Prinsip Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instruction), pada Kurikulum Fleksibel sebagai Wujud Merdeka Belajar. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan.
Mirzachaerulsyah, E. (2023). Analisis pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran sejarah (Studi pada SMA Negeri di Pontianak). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(2), 1–6. https://doi.org/10.5281/zenodo.7560689
Osae, C., & Papadopoulos, I. (2024). Delving into educators’ perspectives and practices in second language teaching contexts: Differentiated instruction in the spotlight. Forum for Linguistic Studies, 6(3), 294–325. https://doi.org/10.30564/fls.v6i3.6565
Patras, Y. E., Kurniani, D., & Hidayat, R. (2024). Peningkataan Kompetensi Guru Melalui Pengembangaaan Modul Pembelajaran Berdiferensiasi: Studi Kasus di SMP Negeri I Kemang. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 14(3), 206–219. https://doi.org/10.24246/j.js.2024.v14.i3.p206-219
Prihatini, R. S. T. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Konteks Ilmu Pengetahuan Alam di SMP: Kajian Literatur. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(6), 179–186. https://doi.org/10.51903/PENDEKAR.V1I6.499
Purba, M., Purnamasari, N., & Sylvia, S. (2021). Naskah akademik prinsip pengembangan pembelajaran berdiferensiasi (Differentiated Instruction) (1st ed., Purba Mariati, Saad Yusri, & Falah Malikul, Eds.).
Qomaruddin, Q., & Sa’diyah, H. (2024). Kajian Teoritis tentang Teknik Analisis Data dalam Penelitian Kualitatif: Perspektif Spradley, Miles dan Huberman. Journal of Management, Accounting, and Administration, 1(2), 77–84. https://doi.org/10.52620/jomaa.v1i2.93
Ramdhani, R. S., Sarifudin, D., & Darmawan, W. (2024). Pengaruh pembelajaran berdiferensiasi terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran sejarah. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 1044–1049. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.1017
Salsalova, A., & Djono. (2025). Tinjauan pustaka: Penerapan pembelajaran diferensiasi dalam pelajaran sejarah untuk mengakomodasi keberagaman minat peserta didik. Jurnal Pendidikan Sejarah, 14(1), 1–23. https://doi.org/10.21009/JPS.141.01
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan tindakan. Alfabeta.
Tamara, F., Yusnita, Y., & Ermayanti, E. (2024). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 7(2), 71–81. https://doi.org/10.32502/dikbio.v7i2.6771
Taufiq, M. (2025). Penerapan Strategi Pembelajaran Diferensiasi dalam Pendidikan Agama Islam: Pendekatan yang Inklusif. Jurnal Kualitas Pendidikan, 3(1), 205–210. https://ejournal.edutechjaya.com/index.php/jkp/article/view/1356
Tomlinson, C. (2001). How to differentiate instruction in mixed-ability classrooms (2nd ed.). ASCD. https://doi.org/10.1016/0300-483X(87)90046-1
Wardani, A. A., Winingsih, P. H., Setyorini, S., & Zusroni, A. (2024). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Sedayu. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, 3(1), 693–704. https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/2434
Yuliani, W. (2017). Metode penelitian deskriptif kualitatif dalam perspektif bimbingan dan konseling. Quanta: Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497
Zachary, H., Supriatna, N., & Saripudin, D. (2025). Penerapan pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan kesadaran sejarah siswa dalam pembelajaran sejarah. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 1111–1119. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i2.1658
DOI: https://doi.org/10.30743/mkd.v9i2.11334
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Rahayu Dwi Firdayanah, Andy Suryadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under CC BY 4.0


5.png)

.png)
