Perbedaan Perilaku Asertif Anak Sulung Berdasarkan Gender serta Implikasinya terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adler, A. (1927). Understanding Human Nature. New York: Greenberg.
Alberti, R., & Emmons, M. (2017). Your Perfect Right: Assertiveness And Equality in Your Life And Relationship (Tenth). California: New Harbinger Publications.
Annastasya, E., Rahmawati, R., & Dalimunthe, R. Z. (2022). Profil Perilaku Asertif pada Siswa Kelas IX dan Implikasinya bagi Bimbingan dan Konseling Pribadi Sosial di SMP Negeri 5 Kota Serang Tahun 2019/2020. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(3), 1151–1164. Retrieved from https://journal.formosapublisher.org/index.php/mudima/article/view/225
Asni, A., Nirwana, H., & Fajri, N. (2020). Perilaku Asertif Perempuan Minangkabau dan Batak Implikasinya dalam Layanan Bimbingan Konseling. Psychocentrum Review, 2(2), 87–97. https://doi.org/10.26539/pcr.22400
Blynova, O., Moiseienko, V., Los, O., Burlakova, I., Yevdokimova, O., Toba, M., & Popovych, I. (2020). Assertiveness as a Factor of Students’ Choise of Behavior Strategies in Social Interaction. Revista Inclusiones, 7(4), 259–272. Retrieved from https://revistainclusiones.org/index.php/inclu/article/view/1551
Chandra, A. (2015). Perbedaan Kemandirian antara Anak Sulung, Anak Tengah dan Anak Bungsu pada Siswa SMU Mulia Pratama Medan. Jurnal Kajian Psikologi dan Konseling, 7(2), 1–12. https://doi.org/10.24114/konseling.v7i2.5101
Daulay, A. A., Daharnis, & Afdal. (2021). Optimalisasi Perilaku Asertif Melalui Media Modul Bimbingan dan Konseling. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 4(1), 27–35. Retrieved from https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/biblio/article/view/5902
Dewanty, I. R. (2017). Perbedaan Perilaku Asertif dan Harga Diri Ditinjau dari Jenis Kelamin di Polres Batu. Skripsi. Malang: Universitas Negeri Malang.
Fauziyyah, N. H., Rachmawati, Y., & Kurniati, E. (2019). Analisis Perilaku Sosial Anak Ditinjau dari Urutan Kelahiran. Edukid, 15(1), 42–57. https://doi.org/10.17509/edukid.v15i1.20150
Hafidayani. (2015). Perbedaan Interaksi Sosial antara Anak Sulung dan Anak Bungsu. Skripsi. Medan: Universitas Medan Area.
Madini, R. (2022). Hubungan antara Harga Diri dengan Perilaku Asertif pada Anak Sulung dalam Keluarga. Skripsi. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Puji, G. A. K., Aditya, A. M., & Gismin, S. S. (2024). Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) terhadap Perilaku Asertif pada Mahasiswa di Kota Makassar. Jurnal Psikologi Karakter, 4(1), 353–359. https://doi.org/10.56326/jpk.v4i1.3712
Putri, R. A., Kristiningrum, W., & Nilawati, I. (2022). Promosi Kesehatan untuk Meningkatkan Perilaku Asertif sebagai Upaya Mengurangi Kecenderungan Kenakalan Remaja. Indonesian Journal of Community Empowerment (Ijce), 4(1), 81–85. https://doi.org/10.35473/ijce.v4i1.1626
Sari, D. P., Istiana, I., & Wahyuni, N. S. (2021). Hubungan Pola Asuh Demokratis dengan Perilaku Asertif Pada Remaja. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi dan Kesehatan (J-P3K), 2(2), 148–157. https://doi.org/10.51849/j-p3k.v2i2.111
Sari, L., & Widyatmoko, W. (2025). Peningkatan Perilaku Asertif pada Siswa Korban Bullying di SMP Negeri 27 Kota Samarinda. Conseils: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 5(1), 65–74. Retrieved from https://ejournal.unsuda.ac.id/index.php/bki/article/view/1674
Setianingrum, N. R., & Maryatmi, A. S. (2020). Hubungan Antara Kecerdasan Emosi dan Coping Stress terhadap Psychological Well-Being pada Anak Sulung di Kelurahan X Bogor. Jurnal IKRA-ITH Humaniora, 4(3), 111–118. Retrieved from https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-humaniora/article/view/819
Setyaningrum, R. B., Yulianti, A., & Asra, Y. K. (2020). Pola Asuh Authoritative dengan Perilaku Asertif Remaja Keturunan Minang di SMA Negeri 11 Pekanbaru. Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi, 1(2), 101. https://doi.org/10.24014/pib.v1i2.9121
Untariana, A. F., & Sugito. (2022). Pola Pengasuhan Bagi Anak Berdasarkan Urutan Kelahiran. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6940–6950. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2359
Wahid, A., Firman, & Netrawati. (2024). Perbedaan Tingkat Self-Efficacy Akademik Siswa Ditinjau dari Aspek Jenis Kelamin serta Implikasinya dalam Bimbingan dan Konseling. Al-Musyrif: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 7(2), 200–208. https://doi.org/10.38073/almusyrif.v7i2.1874
Zakiyah, S., & Nurwidawati, D. (2017). Pengaruh Persepsi Mahasiswa tentang Cara Mengajar Dosen terhadap Perilaku Asertif Mahasiswa Psikologi Di Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Psikologi Pendidikan, 1–7.
Zola, N., Ilyas, A., & Yusri, Y. (2017). Karakteristik Anak Bungsu. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 5(3), 109–114. https://doi.org/10.29210/120100
DOI: https://doi.org/10.30743/mkd.v9i2.11846
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Siti Sri Rahayu, Netrawati Netrawati, Azmatul Khairiah Sari, Rahmi Dwi Febriani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under CC BY 4.0


5.png)

.png)
