Etika Lingkungan dalam Islam: Kajian Hadis tentang Larangan Membunuh Serangga
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, H. (2020). Etika Lingkungan dalam Perspektif Syekh Ali Jum’ah. UIN Wali Songo Semarang.
Aminah, M. N. (2022). Larangan dan Perintah Membunuh Binatang Perspektif Hadis (Kajian Atas Nilai Konservasi dalam Islam). UIN Walisongo Semarang.
Asroni, A. (2022). Etika Lingkungan dalam Perspektif Islam. Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains, 4(1), 54–59. https://ejournal.uin-suka.ac.id/saintek/kiiis/article/view/3266
Daulay, R. M. A. (2023). Pemasyarakatan Profetik : Tinjauan Politik Profetik terhadap Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2022. An-Natiq Jurnal Kajian Islam Interdisipliner, 3(1), 42–53. https://doi.org/10.33474/an-natiq.v3i1.18984
Harianto, A. (2025). Analisis Hadis Larangan Membunuh Semut Perspektif Sains Dan Etika Lingkungan. UIN Sultan Syarif Kasim.
Herniati, H. (2021). Larangan Membunuh 4 Hewan: Semut, Lebah, Hud-Hud, dan Surad (Analisis Tahlili terhadap Hadis Nabi Saw. dalam Riwayat Ibn ‘Abbas). Universitas Negeri Alauddin.
Izzuddin, M., & Tusamma. (2022). Fikih Ekologi: Analisis Hadis yang Membolehkan Membunuh Hewan Perspektif Hifz al-Bi‘ah. WASATHIYYAH: Jurnal Pemikiran Fikih Dan Usul Fikih, 4(2), 51–63.
Latifah, L., & Marhayuni, Y. (2023). Bioremediasi Sebagai Implementasi Q.S Al-A’raf Ayat 56 dalam Menangani Pencemaran Tanah. Kaunia: Integration and Interconnection Islam and Science Journal, 19(1), 23–28. https://doi.org/10.14421/kaunia.3780
Matthew, & Huberman, M. (2014). Analisis Data Kualitatif. Universitas Indonesia Press.
Moleong, J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.
Munawwaroh, R. (2024). Pembiasaan Kegiatan Jum’at Bersih dalam Menumbuhkan Keimanan dan Karakter Cinta Lingkungan pada Siswa SDN Ketapang Daya 6 Sampang. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 61–71. https://doi.org/10.62005/JAMARAT.V1I2.63
Mun’im, Z. (2022). Etika Lingkungan Biosentris dalam Al-Quran: Analisis Tafsir Pelestarian Lingkungan Hidup Karya Kementerian Agama. SUHUF, 15(1), 197–221. https://doi.org/10.22548/shf.v15i1.720
Nurhasanah, A., Sabrina, A., Nazela, S., & Wahab, S. (2024). Pemanfaatan Greenhouse sebagai Sarana dan Prasarana Pembelajaran Berbasis Lingkungan (Ekoliterasi). Spizaetus: Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 5(1), 47. https://doi.org/10.55241/spibio.v5i1.334
Saifudin, A. (2023). Etika Lingkungan dalam Pendidikan Agama Islam sebagai Upaya Menumbuhkan Kesadaran Stewardship. Sasana: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 88–92. https://doi.org/10.56854/SASANA.V2I1.227
Salmah, S. (2018). Menelaah Kisah Tarbawi dalam Hadis Tentang Kisah Nabi dan Semut. PROCEEDING IAIN Batusangkar, 1(2), 407–424. https://ejournal.uinmybatusangkar.ac.id/ojs/index.php/proceedings/article/view/895
Savhira, R. (2023). Pandangan Ulama Fiqih terhadap Hukum Membunuh Serangga. Jatim.Nu.or.Id.
Yunita, Y., & Zahratul Idami. (2020). Pengelolaan Lingkungan Hidup Menurut Perspektif Fiqih. Jurnal Hukum Samudra Keadilan, 15(2), 210–222. https://doi.org/10.33059/jhsk.v15i2.2452
Zuairiyah, Z., Tsaniyah, R. I., Hidayah, N., Saputri, I. A., Sahara, M. L., & Achmad, S. (2025). Rekonstruksi Kurikulum Pendidikan Islam Adaptif: Integrasi Tauhid, Teknologi dan Sains untuk Mewujudkan Generasi Qur’ani Modern. Journal of Instructional and Development Researches, 5(4), 370–383. https://doi.org/10.53621/jider.v5i4.554
DOI: https://doi.org/10.30743/mkd.v9i2.12019
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Dina Hasanah, Sulidar Sulidar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under CC BY 4.0


5.png)

.png)
