Tantangan Guru dalam Mengimplementasikan Standar Penilaian dalam Mencapai Evaluasi Pendidikan Islam

Erlita Octiana Nur'alimah, Muhammad Eri Hadiana, Hasan Basri

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana implementasi standar penilaian yang dilakukan oleh guru madrasah dalam mencapai evaluasi pendidikan Islam. Metode yang digunakan pada penelitian ini kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui angket yang disebar melalui google form dengan isi pengukuean 12 indikator standar penilaian. Hasil penelitaian menunjukan bahwa pemahaman guru terhadap standar penilaian ada beberapa indikator yang masih kurng dilakuakn yaitu pada indikator 1,4,9 dan 12. Dan kemampuan guru antara pemaham guru PAI dan Non PAI, menujukan bahwa guru PAI masih kurang prosentase pemahaman dibanding guru Non PAI. Dalam mencapai evaluasi pendidikan Islam, indikator standar penilaian yang dituangkan pada kurikulum 2013, menunjukan bahwa penilaian(evaluasi)  tersebut sudah mencapai tujuan pendidikan Islam yaitu mewujudkan muslim yang sempurna baik dari aspek kognitif, afektif dan psikomotorik.

Keywords


Evaluasi; Standar Penilaian; Evaluasi Pendidikan Islam

Full Text:

PDF

References


Abdat, N. J., & Rahayu, L. F. (2016). Konsep Pendidikan Islami Menurut Ahmad Tafsir. Fikrah, 7(1).

Aiman, U. (2013). Evaluasi Pelaksanaan Penilaian Autentik Kurikulum 2013; Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tempel Sleman Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Madrasah, 1(1), 2527–6794.

Munawati, S. (2017). Pelaksanaan Penilaian Autentik di Sekolah Dasar Negeri Pujokusuman Yogyakarta. Basic Education, 6(2), 174–183.

Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Nuryamin, N. (2017). Hakikat Evaluasi: Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan

Keguruan, 14(2), 202–218.

Rosa, F. O. (2015). Analisis Kemampuan Siswa Kelas X pada Ranah Kognitif, Afektif dan Psikomotorik. Omega: Jurnal Fisika Dan Pendidikan Fisika, 1(2), 24–28.

Sa’adah, E. N. L., & Sigit, D. (2018). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap dan Keterampilan Psikomotorik pada Materi Elektrokimia. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(8), 1023–1026.

Saifulloh, A., & Safi’i, I. (2017). Evaluasi Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama (Studi Kasus di SMPN 2 Ponorogo). Educan: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1).

Saifulloh, M., Muhibbin, Z., & Hermanto, H. (2012). Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sekolah. Jurnal Sosial Humaniora (JSH), 5(2), 206–218.

Sawaluddin, S. (2018). Konsep Evaluasi dalam Pembelajaran Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 3(1), 39–52.

Suharna, A. (2016). Evaluasi Pendidikan Persfektif Islam. Qathrunâ, 3(02), 49–68.

Suryati, A., Rochman, C., & Nurmila, N. (2019). Analisis Standar Kompetensi Kelulusan di SDN 231 Sukaasih Bandung. Jurnal Pendidikan Glasser, 3(1), 104–113.

Wahyudi, D. (2017). Konsepsi Al-Qur’an Tentang Hakikat Evaluasi dalam Pendidikan Islam. Hikmah: Journal of Islamic Studies, 12(2), 245–272.

Winarni, E. S. (2018). Persepsi Guru PAI dan Praktek Penilaian Sikap pada Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013 Studi Kasus di SMP Negeri Kecamatan Turi dan Sleman. Mukaddimah: Jurnal Studi Islam, 2(1), 95–114.




DOI: https://doi.org/10.30743/mkd.v4i2.2606

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-ilmu Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

MUKADIMAH: Jurnal Sejarah, Pendidikan, dan Ilmu-ilmu Sosial

Program Studi Pendidikan Sejarah, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License