Pola Komunikasi Interpersonal Guru dan Anak Penyandang Disabilitas Tunagrahita Kelas IX SLB C Muzdalifah Medan dalam Meningkatkan Kemandirian
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A.Supratiknya. (1995). Komunikasi Antar Pribadi: Tinjauan Psikolog. Yogyakarta: Kanislus.
Afrilia, A. M., & Arifina, A. S. (2020). Buku Ajar Komunikasi Interpersonal. Jawa Tengah: Penerbit Pustaka Rumah Cinta.
Allo, E. A. T. (2022). Penyandang Disabilitas di Indonesia. NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(3), 807–812. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31604/jips.v9i2.2022.807-812
Irdamurni. (2016). Memahami Anak Berkebutuhan Khusus. Jawa Barat: Goresan Pena Anggota IKAPI.
Koentjraningrat. (1993). Metode-metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mubasyaroh. (2015). Pendidikan Bagi Penyandang Disabilitas dan Anak Berkesulitan Belajar: Analisis Penanganan Berbasis Bimbingan Konseling Islam. ELEMENTARY, 3(2), 254–273.
Mulyana, D. (2015). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nandayani, F. T. (2019). Bimbingan Kemandirian Melalui Program Khusus Bina Diri Bagi Siswa Tingkat SMP Tunagrahita Di SLB ABCD KUNCUP MAS BANYUMAS. Undergraduate Thesis. Purwokerto: IAIN Purwokerto.
Nofrion. (2016). Komunikasi Pendidikan: Penerapan Teori dan Konsep Komunikasi dalam Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Pusparisa, Y. (2021). Pelajar SLB Indonesia Tembus 140 Ribu Siswa: Jumlah Siswa SLB Menurut Jenjang Pendidikan (2020/2021). Retrieved February 1, 2022, from databoks website: databoks.katadata.co.id
Sa’diyah, R. (2017). Pentingnya Melatih Kemandirian Anak. Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 16(1), 31–46. https://doi.org/10.15408/kordinat.v16i1.6453
Setyawan, A. (2019). Komunikasi Antar Pribadi Non Verbal Penyandang Disabilitas di Deaf Finger Talk. Jurnal Kajian Ilmiah, 19(2), 165–174. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.31599/jki.v19i2.478
Sudrajat, D., & Rosida, L. (2013). Pendidikan Bina Diri Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Thompson, J. (2010). Memahami Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: PTGelora Aksara Pratama.
Yosiani, N. (2014). Relasi Karakteristik Anak Tunagrahita Dengan Pola Tata Ruang Belajar di Sekolah Luar Biasa. E-Journal Graduate Unpar, 1(2), 111–124.
DOI: https://doi.org/10.30743/mkd.v6i2.5681
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Husna Imama, Suheri Harahap, Muhammad Faishal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.