Efektivitas Kegiatan Gerakan Literasi Sekolah dalam Meningkatkan Minat Literasi Siswa di SMPN 20 Medan
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
az-Zuhaili, W. (1997). Tafsir Al-Wajiz. Beirut: Dar Al-Fikr Beirut.
Darmawan, H., Malik, R. F., Suyitno, M., Pawestri, R. A., Dewi, K., Solissa, E. M., Mamun, A. H., & Hita, I. P. A. D. (2023). Gerakan Literasi Sekolah sebagai Solusi Peningkatan Minat Baca Pada Anak Sekolah Dasar. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, 10(1), 311-328 https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i1.723.
Friantary, H. (2019). Budaya Membaca sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 66-70. http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v1i1.1485.
Haryati, T. (2020). Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dalam Meningkatkan Kecerdasan Linguistik Siswa SD Lab School FIP UMJ. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 79-89. https://doi.org/10.24853/yby.4.1.79-89.
Hidayah, A. (2017). Pengembangan Model TIL (The Information Literacy) Tipe The Big6 dalam Proses Pembelajaran sebagai Upaya Menumbuhkan Budaya Literasi di Sekolah. Jurnal Pena, 9(2), 199-212. https://doi.org/10.26618/jp.v9i2.1365.
Ilmi, N., Wulan, N. S., & Wahyudin, D. (2021). Gerakan Literasi Sekolah dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2866-2873. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.990.
Khoeriyah, Y. S., Indah, R. N., & Syam, R. Z. A. (2021). Efektivitas Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah Melalui Reading Challenge di SMA Plus Al-Ghifari Bandung. Info Bibliotheca: Jurnal Perpustakaan dan Ilmu Informasi, 2(2), 115-126. https://doi.org/10.24036/ib.v2i2.115.
Kristiawan, M., Ahmad, S., Tobari, T., & Suhono, S. (2017). Desain Pembelajaran SMA Plus Negeri 2 Banyuasin III Berbasis Karakter di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN. Jurnal Iqra': Kajian Ilmu Pendidikan, 2(2), 403-432. https://doi.org/10.25217/ji.v2i2.178.
Kemendikbud. (2015, 8 19). Mendikbud Luncurkan Gerakan Literasi Sekolah. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2015/08/mendikbud-luncurkan-gerakan-literasi-sekolah-4514-4514-4514.
Lansyah, D. T., Nurhadi, & Parahita, B. N. (2023). High School Student’ Perceptions of Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Kajian Ilmiah, 23(2), 157–166. https://doi.org/10.31599/jki.v23i2.2185.
Maha, R. (2023, Januari 05). Launching Program Tali Si Rapi Inovasi Gerakan Literasi di SMP Negeri 1 Kesamben. https://www.majalahsuarapendidikan.com/2023/01/launching-program-tali-si-rapi-inovasi.html
Mansyur, M. H. (2021). Iqra’Sebagai Bentuk Literasi dalam Islam. Hawari: Jurnal Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam, 2(1), 1-7. https://doi.org/10.35706/hw.v2i1.5304.
Marimbun, A., & Tambunan, W. (2022). Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Manajemen Pendidikan, 11(2), 78-82. https://doi.org/10.33541/jmp.v11i2.4171.
Menpanrb, H. (2020, Juli 29). Gelang Si Cantik untuk Tingkatkan Minat Baca Siswa. https://menpan.go.id/site/berita-terkini/gelang-si-cantik-untuk-tingkatkan-minat-baca-siswa.
Mujiono, F. (2023, 3 28). SMPN20Medan. https://smpn20medan.com/?p=1153.
Nurfauziah, A. S. (2020, Agustus 14). Tingkatkan Budaya Literasi Melalui Bali (Bazar Literasi). http://disdikkbb.org/news/tingkatkan-budaya-literasi-melalui-bali-bazar-literasi/
Nelisa, M., & Ardoni, A. (2018). Penelusuran Informasi pada Pemustaka Universitas Negeri Padang. Pustabiblia: Journal of Library and Information Science, 2(1), 55-70. https://doi.org/10.18326/pustabiblia.v2i1.55-70.
Ramandanu, F. (2019). Gerakan Literasi Sekolah (GLS) melalui Pemanfaatan Sudut Baca Kelas sebagai Sarana Alternatif Penumbuhan Minat Baca Siswa. Mimbar Ilmu, 24(1), 10-19. https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17405.
Rumidi, S. (2009). Metode Penelitian Petunjuk Praktis untuk Peneliti Pemula. Yogyakarta: Gajah Mada Press.
Sani, M. H., & Irhandayaningsih, A. (2019). Kemampuan Penelusuran Informasi Ditinjau dari Prestasi Akademik Siswa SMA Negeri 2 Batang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 7(1), 131-140. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/22824.
Suwandi, B. d. (2009). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Surachman, A. (2013). Strategi Penelusuran Informasi. Yogyakarta: UPT Perpustakaan UGM.
Sufyandi. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Dalam Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Tampubolon, D. P. (1993). Mengembangkan Minat dan Kebiasaan Membaca pada Anak. Bandung: PT. Angkasa.
Taylor, R. B. (1993). Kualitatif Dasar-Dasar Penelitian. Surabaya: Usaha Nasional.
Ulfa, S. W., Aminullah, M. A. F., Angraini, R., Andini, D. S., & Putri, D. O. (2023). Upaya Peningkatan Minat Literasi Siwa melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Tuntas Baca di SMP Swasta IRA Medan. Journal on Education, 5(2), 2053-2060. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/849.
Wandasari, Y. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) sebagai Pembentuk Pendidikan Berkarakter. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 2(2), 325-342. https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i2.1480.
Wiedarti. (2016). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Dirjen Pendidikdan Dasar dan Menengah Kemendikbud.
Zubaedi. (2017). Strategi Taktis Pendidikan Karakter (Untuk PAUD Dan Sekolah). Jakarta: Rajawali Press.
DOI: https://doi.org/10.30743/mkd.v7i2.7530
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Alfany Umar, Abdul Karim Batubara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.