Dinamika Tradisi Tari Gubang pada Suku Melayu di Kecamatan Tanjungbalai
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anasta, Cahya, N. D., & Wijayati, D. K. (2021). Buku Panduan Guru Seni Tari. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang.
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Los Angeles: SAGE.
Dewi, H. (2014). Musik, Lagu, dan Tari Melayu Sumatera Utara. Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.36706/jc.v3i2.4759
Djuhara, U. (2014). Pergeseran Fungsi Seni Tari sebagai Upaya Pengembangan dan Pelestarian Kebudayaan. Jurnal Ilmiah Seni Makalangan, 1(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26742/mklng.v1i2.874
Endaswara, S. (2006). Metode, Teori, dan Teknik Penelitian Kebudayaan: Ideologi, Epistemologi, dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Widayatama.
Fadilah, S., Lubis, F., & Jamil, K. (2021). Sejarah dan Pelestarian Genderang Sisibah Sebagai Warisan Budaya Suku Pakpak di Kabupaten Dairi. Local History & Heritage, 1(2), 54–62. https://doi.org/10.57251/lhh.v1i2.96
Fariani. (2016). Tari Gubang Asahan (D. Adlin, Ed.). Banda Aceh: Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB).
Gischa, S. (2022, April 26). Mengenal Tari Gubang dari Suku Melayu Asahan.
Heniwaty, Y., Rahmah, S., & Muda, I. (2017). Pengemasan Audio Visual Tari Gubang pada Pembelajaran Teknik Tari Melayu. Jurnal Universitas Negeri Medan, 28(4).
Ketaren, T. M. P. (2014). Struktur dan Fungsi Seni Gubang dalam Kebudayaan Masyarakat Melayu Tanjung Balai (Tesis). Universitas Sumatera Utara, Medan.
Kuntowijoyo. (2013). Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Muryanto. (2019). Mengenal Seni Tari Indonesia. Semarang: Bengawan Ilmu.
Namira, Sutrisno, I., & Harahap, H. (2020). Rekonstruksi Ronggeng Melayu di Sumatera Utara (1992-2016). SEUNEUBOK LADA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sejarah, Sosial, Budaya Dan Kependidikan, 7(1), 33–43. https://doi.org/10.33059/jsnbl.v7i1.2246
Nasution, D. A., Aswan, Nasution, M. S., & Nainggolan, M. (1990). Deskripsi Tari Gubang. Medan: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Kantor Wilayah Provinsi Sumatera Utara Proyek Pembinaan Kesenian.
Qomariah, S., Sazali, H., & Batubara, A. K. (2021). Tari Inai: Identitas Budaya Masyarakat Desa Kuala Bangka, Kabupaten Labuhanbatu Utara. Warisan: Journal of History and Cultural Heritage, 2(1), 29–34. https://doi.org/10.34007/warisan.v2i1.707
Sianturi, R. (2019). Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Kompetensi Dasar Politik Luar Negeri melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tari Bambu Kelas IVB SD Negeri 067690 Medan Johor. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 2(2), 11–22. https://doi.org/10.30743/mkd.v2i2.1989
Sitorus, N. N. (2013). Perkembangan Tari Kreasi Melayu di Kota Tanjung Balai. Gesture Jurnal Tari, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.24114/senitari.v1i2.874
Soedarsono. (1976). Pengantar Pengetahuan Tari. Yogyakarta: Akademi Seni Tari Indonesia.
Spadley, J. P. (1997). Metode Etnografi. Yogya: Tiara Wacana.
Sulasman, & Gumilar, S. (2013). Teori-Teori Kebudayaan dari Teori Hingga Aplikasi. Bandung: Pustaka Setia.
Widyanarto, Wibowo, D. E., & Sianipar, S. A. (2020). Metode Revitalisasi Koreografi Gubang di Jemaja, Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau. INVENSI (Jurnal Penciptaan Dan Pengkajian Seni), 5(1).
Windiani, W., & Rahmawati, F. N. (2016). Menggunakan Metode Etnografi Dalam Penelitian Sosial. DIMENSI - Journal of Sociology, 9(2). Retrieved from https://journal.trunojoyo.ac.id/dimensi/article/view/3747
DOI: https://doi.org/10.30743/mkd.v7i2.7922
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Julia Arsyka Abdha & Laila Rohani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under CC BY 4.0