Kehidupan Multikultural di Kota Medan: Dinamika, Tantangan, dan Peluang
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdul, S., Pairulsyah, Suwarno, & Damar Wibisono. (2019). Tradisi “Hippun” Sebagai Model Permersatu Masyarakat Multikultural (Studi Pada Penduduk Ragam Etnis dan Budaya Di Wilayah Kabupaten Lampung Selatan). Journal of Tropical Upland Resources (J. Trop. Upland Res.), 1(1), 51–78. https://doi.org/10.23960/JTUR.VOL1NO1.2019.10
Arif, D. B. (2018). Pengembangan Kebajikan Kewargaan (Civic Virtue) dalam Masyarakat Multikultural Indonesia: Peran Pendidikan Kewarganegaraan. Journal Civics & Social Studies, 1(1). https://doi.org/10.31980/2655-7304.V1I1.75
Azzahra, H., Hasanah, R. D., & Nazwa, S. (2023). Budaya dan Perkembangan Kota Medan dalam Perspektif Sejarah. Garuda: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Filsafat, 1(2).
BPS. (2022). Statistik Kesejahteraan Rakyat Kota Medan 2022. Badan Pusat Statistik Kota Medan.
Elisa, L. (2023). Realitas Sisi Positif Masyarakat Multikultural di Provinsi Maluku. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Nusantara (JIMNU), 1(1), 16–19. https://doi.org/10.59435/JIMNU.V1I1.33
Hafiz, M. (2021). Eksistensi Dakwah dalam Masyarakat Multikultural. Dakwatul Islam, 5(2), 100–108. https://doi.org/10.46781/DAKWATULISLAM.V5I2.276
Musdalifah, I., Andriyani, H. T., Krisdiantoro, K., Putra, A. P., Aziz, Moh. A., & Huda, S. (2021). Moderasi Beragama Berbasis Sosio Kultural pada Generasi Milenial Desa Balun Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan. Sosial Budaya, 18(2), 122. https://doi.org/10.24014/SB.V18I2.15437
Novianty, F. (2019). Pembinaan Masyarakat Multikultural Dalam Meningkatkan Kerukunaan Antar Umat Beragama. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 3(2), 226. https://doi.org/10.31571/PKN.V3I2.1444
Nugraha, C. C., Noor, E. T., & Mustofa, T. (2021). Menanamkan Sikap Toleransi pada Masyarakat Multikultural dalam Persfektif Tafsir Al-Azhar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 745–751. https://doi.org/10.33487/EDUMASPUL.V5I2.1799
Pemerintah Kota Medan. (2022). Medan Kota Multikultural, Berbagai Upaya dilakukan Bobby Nasution dalam menjaga Kerukunan dan Kondusifitas. Portal.Pemkomedan.Go.Id. https://portal.pemkomedan.go.id/berita/medan-kota-multikultural-berbagai-upaya-dilakukan-bobby-nasution-dalam-menjaga-kerukunan-dan-kondusifitas__read1964.html
Prasisko, Y. G. (2019). Demokrasi Indonesia Dalam Masyarakat Multikultural. WASKITA: Jurnal Pendidikan Nilai Dan Pembangunan Karakter, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.21776/UB.WASKITA.2019.003.01.1
Pritantia, N. R., Kosasih, A., & Supriyono, S. (2021). Pola Hubungan Sosial Masyarakat Multikultural dalam Gaya Hidup Beragama (Studi Kasus Kampung Kancana Kabupaten Kuningan). Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 7(3), 165. https://doi.org/10.32884/IDEAS.V7I3.442
Purwoto, P., Triposa, R., & Prabowo, Y. S. (2021). Menanamkan Kerukunan di Tengah Masyarakat Multikultural Melalui Pendidikan Kristiani. KHARISMATA: Jurnal Teologi Pantekosta, 4(1), 69–83. https://doi.org/10.47167/KHARIS.V4I1.90
Ramadani, H., Indraddin, I., & Azwar, A. (2022). Adaptasi Sosial Dalam Masyarakat Multikultural Era Keterbukaan Informasi. Reformasi, 12(1), 82–94. https://doi.org/10.33366/RFR.V12I1.3128
Riani, R. (2017). Permasalahan Dalam Perencanaan Bahasa Pada Masyarakat Multikultural. Madah: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 3(2), 164. https://doi.org/10.31503/MADAH.V3I2.575
Santoso, T., & Maharani, E. (2022). Hambatan Dan Penyelesaian Penginjilan Di Tengah Masyarakat Multikultural Di Kota Surabaya. Jurnal Missio Cristo, 5(2), 141–165. https://doi.org/10.58456/MISSIOCRISTO.V5I2.29
Syah, I. (2022). Urgensi Pembelajaran Ips Sebagai Instrumen Penanaman Nilai Karakter Toleransi Siswa Dalam Masyarakat Multikultural. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(4). https://doi.org/10.58258/JIME.V8I4.4009
Totok, T. (2018). Peneguhan Masyarakat Multikultural Indonesia Melalui Aktualisasi Pendidikan Pancasila dan. JUPIIS: JURNAL PENDIDIKAN ILMU-ILMU SOSIAL, 10(1), 21. https://doi.org/10.24114/JUPIIS.V10I1.8340
Zainuddin, & Ersi. (2023). Peran Pendidikan Islam Ditengah Masyarakat Multikultural. PROGRESSA: Journal of Islamic Religious Instruction, 7(2), 140–148. https://doi.org/10.32616/PGR.V7.2.461.140-148
DOI: https://doi.org/10.30743/mkd.v8i1.8503
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Fritz Hotman Syahmahita Damanik

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under CC BY 4.0