Analisis Dampak Perundungan Ditinjau dari Lingkungan Pergaulan Anak Usia Sekolah di SD No. 2 Kerobokan Kelod
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amri, L.F., & Zulharmaswata. (2018). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Bullying pada Anak Kelas IV, V,dan VI SD, di SD X Kota Padang. JIK: Jurnal Ilmu Kesehatan, 2(1), 6-11. http://dx.doi.org/10.33757/jik.v2i1.67.
Djadjas, R. N. A., & Dalimunthe, R. Z. (2022). Profil Perilaku Perundungan Terhadap Siswa Kelas VIII SMPN 5 Kota Serang Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(3), 1165-1180. Retrieved from https://journal.formosapublisher.org/index.php/mudima/article/view/226.
Eleanora, F. N., & Al Adawiah, R. (2021). Sosialisasi Bahaya dan Dampak Cyberbullying (Perundungan Dunia Maya) Bagi Pelajar di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 3 Bekasi. Jurnal Pengabdian Barelang, 3(01), 70-72. https://doi.org/10.33884/jpb.v3i01.2685.
Fadilah, N., Ariantini, N., & Ningsih, S. W. (2023). Fenomena bullying di kawasan pondok pesantren. Jurnal Bimbingan dan Konseling Borneo, 5(1). http://ojs.borneo.ac.id/ojs/index.php/JBKB.
Fitriana, M. N. F. A. A., & Fauzi, A. (2023). Analisis Tindak Perundungan Siswa Sekolah Dasar dan Upaya Penanggulangannya. Yustisia Tirtayasa, 3(3), 287-295. Retrieved from https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/yustisia/article/view/21778.
Haslan, M. M., Dahlan, D., & Yuliatin, Y. (2020). Perilaku Perundungan (Bullying) dan Dampaknya Bagi Anak Usia Sekolah (Studi Kasus Pada Siswa SMP Negeri Se-Kecamatan Kediri Lombok Barat). Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 7(2), 160-174. https://doi.org/10.29303/juridiksiam.v7i2.140.
Hendrata, D. (2006). Kekerasan Verbal. Retrived from http://dennyhendrata.blogspot.com/2006/08/iaks.html.
Khoirunnisa, M. L., Maula, L. H., & Arwen, D. (2018). Hubungan Tindakan Bullying dengan Tingkat Kecemasan pada Pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) PGRI 1 Tangerang. Jurnal JKFT, 3(2), 59-69. http://dx.doi.org/10.31000/jkft.v3i2.1286.
Lestari, A.N.S. (2016). Hubungan Jenis Kelamin dengan Perilaku Bullying pada Anak Usia Sekolah di SD Muhammadiyah Mlangi Gamping Sleman Yogyakarta. Thesis. Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta. Retrieved from http://digilib.unisayogya.ac.id/2025/.
Matondang, F. S. P., Firman, F., & Ahmad, R. (2022). Bullying Menjadi Budaya Pendidikan di lingkungan Pesantren. Keguruan, 10(2), 37-41. Retrieved from https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/Keguruan/article/view/6431.
Nashiruddin, A. (2019). Fenomena Bullying di Pondok Pesantren Al-Hikmah Kajen Pati. Quality, 7(2), 81-99. http://dx.doi.org/10.21043/quality.v7i2.6295.
Nurlelah, N. (2019). Dampak bullying terhadap kesehatan mental santri (studi kasus di Pondok Pesantren Darul Muttaqien Parung). Fikrah: Journal of Islamic Education, 3(1), 72-86. Retrieved from https://jurnalfai-uikabogor.org/index.php/fikrah/article/view/448.
Sofyan, N. H. (2019). Bullying di desantren: Interaksi Tasawuf dan Teori Pengembangan Fitrah dalam Pendidikan Islam. Journal of Islamic Studies and Humanities, 4(1), 74-103. https://doi.org/10.21580/jish.41.3842.
Sugiyono. (2017a). Metode Penelitian Kualitatif: Untuk Penelitian yang Bersifat Eksploratif, Enterpretif, dan Konstruktif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017b). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanti, I. G., & Wulanyani, N. M. S. (2019). Pengaruh dukungan sosial teman sebaya dan kontrol diri terhadap perundungan (bullying) pada remaja awal di Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 6(1), 182-192.
DOI: https://doi.org/10.30743/mkd.v8i1.8546
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Ni Kadek Arthiwi Wijayanti, Ni Ketut Suarni, I Gede Margunayasa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under CC BY 4.0