Pemanfaatan YouTube sebagai Media Pembelajaran Sosiologi yang Merangsang Minat Belajar Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Bahorok, Kabupaten Langkat
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Achru, A. (2019). Pengembangan Minat Belajar dalam Pembelajaran. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 205–211. https://doi.org/10.24252/idaarah.v3i2.10012
Akrim. (2021). Strategi Peningkatan Daya Minat Belajar Siswa.
Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi Belajar sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80–87. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958
Ardiana, E. (2022). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Tiktok sebagai Media Pembelajaran terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik kelas XI IPS pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMA N 1 Ampek Angkek [Tesis]. Universitas Negeri Padang.
Daniati, N., Darliana, E., & Alwina, S. (2022). Korelasi Pengaruh Media Sosial Tik Tok Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan IPS Semester V STKIP Al-Maksum Langkat. Jurnal Berbasis Sosial, 2(1), 38–44. https://jurnal.stkipalmaksum.ac.id/index.php/jbs/article/view/275
Ghufronudin, G. (2019). Pembelajaran Sosiologi Berbasis Media Sosial sebagai Bentuk Pembelajaran Abad 21. Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, & Antropologi, 3(1), 21. https://doi.org/10.20961/habitus.v3i1.31938
Hendrik, H. (2023). Analisis Manfaat Media YouTube Dalam Proses Pembelajaran Siswa Kelas V SDN 7 Kesu. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(1), 162–173.
Januarti, N. E., Pratiwi, P. H., & Hendrastomo, G. (2018). Inovasi
Media Pembelajaran Sosiologi Melalui Video Pembelajaran Bagi Guru SMA. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 2(1), 12–31. https://doi.org/10.21009/jpmm.002.1.02
Kamhar, M. Y., & Lestari, E. (2019). Pemanfaatan Sosial Media YouTube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia DI Perguruan Tinggi. Inteligensi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 1–7. https://doi.org/10.33366/ilg.v1i2.1356
Mahdalena, M. (2022). Pengaruh Minat Belajar, Dukungan Orang Tua dan Lingkungan Belajar Terhadap Perilaku Belajar Siswa dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA (Studi Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas 4,5 dan 6 Pada SDN Binuang 4. Kindai, 18(2), 332–351. https://doi.org/10.35972/kindai.v18i2.803
Moleong, L. J. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Remaja Rosdakarya.
Musfiroh, L. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Video YouTube Materi Masa Reformasi (1998-Sekarang) Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas IX MTS Negeri 3 Ponorogo [Skripsi]. IAIN Ponorogo.
Rahmatullah, Inanna, & Ampa, andi. (2022). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. E-Issn, 12 nomor 2, 2714–8599.
Rajab, A., Amir Masruhim, Muh., & Intan Widiyowati, I. (2018). Hubungan Antara Minat Belajar dengan Hasil Belajar Siswa SMA Menggunakan Model Pembelajaran Numbered Head Together dengan Bantuan Media Papan Tempel pada Pokok Bahasan Tata Nama Senyawa. Bivalen: Chemical Studies Journal, 1(1), 39–44. https://doi.org/10.30872/bcsj.v1i1.279
Saihu, S., & Taufik, T. (2019). Perlindungan Hukum Bagi Guru. Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam, 2(02), 105–116. https://doi.org/10.36670/alamin.v2i02.20
Setiyadi, D., Fortuna, D., & Ramadhan, A. B. (2022). Pemanfaatan Video Kreatif dan Media Sosial YouTube sebagai Media Pembelajaran Matematika Kelas Tinggi. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 2(1), 31–42. https://doi.org/10.35878/guru.v2i1.344
Sopia, N. (2022). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Matematika Menggunakan Media Interaktif Berbasis Powerpoint. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(1).
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.30743/mkd.v8i1.8864
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Siti Maulida Yani Br. Perangin-angin, Kahar Mashuri, & Zulham Siregar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under CC BY 4.0