Efektivitas Model Pembelajaran Observasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Muhammadiyah 21 Serbelawan Tahun Ajaran 2023-2024
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anugrah, C., Ristiano, Fitri, R., & Selaras, G. H. (2023). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif TPS (Think Pair Share) Terhadap Hasil Belajar Biologi SMA. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(5), 373–383.
Apriana, Suwarni, & Jannah, M. (2023). Analisis Aktivitas Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Jongkong Kabupaten Kapuas Hulu. Historica Didaktika: Jurnal Sejarah, Budaya Dan Sosial, 3(2), 38–44.
DP, U. (2022). Pendidikan Islam dalam Perspektif Metode Penelitian Sejarah. Darul Ulum: Jurnal Ilmiah Keagamaan, Pendidikan Dan Kemasyarakatan, 13(1), 51–74.
Faslia, F. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Make A Match Di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(5), 2071–2078. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.740
Halawa, A., Telaumbanua, A., & Zebua, Y. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 582–589. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i2.84
Herianto, E., Ismail, M., Dahlan, D., Basariah, B., & Tripayana, I. N. A. (2021). Pelatihan Penyusunan Alat Evaluasi Non Tes bagi Guru Madrasah di Mataram. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 5(2), 428–440. https://doi.org/10.29407/ja.v5i2.16330
Hidayat, W. N., & Nursikin, Mukh. (2023). Konsep Pendidikan Nilai Menurut Ki Hadjar Dewantara dan Nicolaus Driyarkara. Afeksi: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.35672/afeksi.v4i1.48
Ida Ayu Widya Pratiwi, Maryati, T., & Arta, K. S. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Sejarah di Kelas XI IPS SMAN 1 Sukasada. Widya Winayata : Jurnal Pendidikan Sejarah, 11(2), 126–135. https://doi.org/10.23887/jjps.v11i2.64111
Irwanto, Y., & Nisa, A. N. S. (2022). Efektivitas Pembelajaran IPS Menggunakan Model Student Facilitator and Explaining pada Kelas VII SMP N 24 Semarang. Sosiolium: Jurnal Pembelajaran IPS, 4(1), 48–55. https://doi.org/10.15294/sosiolium.v4i1.55989
Izza, A. Z., Falah, M., & Susilawati, S. (2020). Studi Literatur: Problematika Evaluasi Pembelajaran Dalam Mencapai Tujuan Pendidikan di Era Merdeka Belajar. Konferensi Ilmiah Pendidikan Universitas Pekalongan. Pekalongan: Universitas Pekalongan.
Jannah, F., Fathuddin, T. I., & Zahra, P. F. A. (2022). Problematika Kurikulum Merdeka Belajar 2022. Al Yazidiy : Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 4(2), 55–65. https://doi.org/https://doi.org/10.55606/ay.v4i2.36
Maskuroh, L. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran IPS dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Dinamika Sosial, Kebijakan, dan Lingkungan di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan, 11(1), 78–90. https://doi.org/10.24090/jk.v11i1.8357
Nikmah, K. (2023). Penerapan Metode Pembelajaran Observasi Lapangan pada Mata Kuliah Studi Arsip untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. ASANKA : Journal of Social Science and Education, 4(1), 26–33. https://doi.org/10.21154/asanka.v4i1.5912
Rukminingsih, Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Erhaka Utama.
Santosa, D. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT di Kelas IX-C SMP Negeri 1 Buay Madang Timur. Jurnal Ilmiah IPS Dan Humaniora (JIIH), 1(2), 69–72. https://doi.org/10.61116/jiih.v1i2.207
Shobariyah, E. (2018). Teknik Evaluasi Non Tes. Adz-Dzikr: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2).
Sudarsana, P. A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Metode Pemecahan Masalah (Problem Solving) Untuk Peningkatan Prestasi Belajar Geografi Siswa Kelas X IPS Semester Genap SMA Negeri 7 Denpasar Tahun Pelajaran 2018-2019. Widyadari, 20(1), 176–189. https://doi.org/DOI : 10.5281/zenodo.2655030
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D) (1st ed.). Bandung: Alfabeta.
Suryaningrum, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Historis Kelas XI IPS SMA Negeri 8 Surabaya. AVATARA: E-Journal Pendidikan Sejarah, 12(3), 1–13.
Woa, K. M., Utaya, S., & Susilo, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Geografi pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(3), 406—411. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i3.10709
Zulaiha, S., Meisin, M., & Meldina, T. (2022). Problematika Guru dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 9(2), 163–177. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/terampil.v9i2.13974
DOI: https://doi.org/10.30743/mkd.v8i2.9560
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Asnewastri Asnewastri, Ahmad Fakhri Hutauruk, Tera Hiriani, Andres M. Ginting, Jalatua H. Hasugian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under CC BY 4.0