Strategi Implementasi Kompetensi Pedagogik Guru Mismatch sebagai Upaya Pengembangan Potensi Siswa di SMA N 1 Gemolong
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, A., & Muslimah, M. (2021). Memahami Teknik Pengolahan Dan Analisis Data Kualitatif. Proceedings of Palangka Raya International and National Conference on Islamic Studies (PINCIS), 1(1).
Akbar, A. (2021). Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), 23. https://doi.org/10.32832/jpg.v2i1.4099
Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2022). Metode Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 1–9. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1951
Bagou, D. Y., & Suking, A. (2020). Analisis Kompetensi Profesional Guru. Jambura Journal of Educational Management, 1(2), 122–130. https://doi.org/10.37411/jjem.v1i2.522
Dewantara, A. H., B, A., & Harnida, H. (2020). Kreativitas Guru Dalam Memanfaatkan Media Berbasis IT Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. AL-GURFAH: Journal of Primary Education, 1(1), 15–28.
Dudung, A. (2018). Kompetensi Profesional Guru. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 5(1), 9–19. https://doi.org/10.21009/JKKP.051.02
Hadi, S. (2017). Pemeriksaan Keabsahan Data Penelitian Kualitatif Pada Skripsi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 22(1). http://dx.doi.org/10.17977/jip.v22i1.8721
Ifrianti, S. (2018). Membangun Kompetensi Pedagogik dan Keterampilan Dasar Mengajar bagi Mahasiswa Melalui Lesson Study. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 5(1). https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/article/view/2748/2121
Junaid, R., & Baharuddin, M. R. (2020). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru melalui PKM Lesson Study. To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 122. https://doi.org/10.35914/tomaega.v3i2.413
Latifah, N. (2022). Pendidikan Dalam Teori Sosiologi. Jurnal Elkatarie: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 5(2).
Lawang, R. M. Z. (2004). Kapital sosial: dalam perspektif sosiologik suatu pengantar. Jakarta: FISIP UI Press.
Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive dan Snowball Sampling. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39. https://doi.org/10.31764/historis.v6i1.4075
Lestari, P. D. J. P., Bahrozi, I., & Yuliana, I. (2023). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 9(3), 153–160. https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n3.p153-160
Lubis, H. (2018). Kompetensi Pedagogik Guru Profesional. Best Journal (Biology Education, Sains and Technology), 1(2), 16–19. https://doi.org/10.30743/best.v1i2.788
Muhamad, N. (2023). Jumlah Guru di Indonesia Berdasarkan Tempat Mengajar (Semester Ganjil TA 2023/2024). Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/10/09/ada-336-juta-guru-di-indonesia-pada-2023-2024-guru-sd-terbanyak
Mulyasa, E. (2013). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Remaja Rosdakarya.
Nur, I., & Yusuf, S. (2016). Kompetensi Pedagogik. Genta Group Production.
Prihatini, A., Sugiarti, S., Ambarsari, T. A. B., & Nisa, I. N. (2022). Kompetensi Pedagogik Guru SMA dalam Menerapkan Pembelajaran Multiliterasi sebagai Wujud Merdeka Belajar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(5), 6823–6831. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i5.3020
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6). https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498
Ramadhan, M. S. (2020). 30% Guru Mengajar Tak Sesuai Latar Belakang Pendidikan. Medcom.Id. https://www.medcom.id/pendidikan/news-pendidikan/8KyX8BEk-30-guru-mengajar-tak-sesuai-latar-belakang-pendidikan
Rifma. (2016). Optimalisasi Pembinaan Kompetensi Pedagogik Guru (Edisi pert). PT Kencana.
Roesminingsih, D. (2014). Pengaruh kompetensi pedagogik dan motivasi kerja guru terhadap prestasi belajar siswa dalam Ujian Nasional (UN) di SMA Negeri se-Kota Mojokerto. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 3(3), 81–88.
Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru (Edisi Kedua). Rajawali Pers.
Sembiring, G. (2009). Mengungkap Rahasia dan Tips Mengajar Menjadi Guru Sejati. Penerbit Best Publisher.
Seriawan, E. (2018). Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru PAUD dan SD/MI. Erlangga.
Setiawan, A. (2019). Merancang Media Pembelajaran PAI di Sekolah. Darul Ulum: Jurnal Ilmiah Keagamaan, Pendidikan Dan Kemasyarakatan, 10(2), 223–240. https://doi.org/10.62815/darululum.v10i2.39
Suyanto, A. J. (2013). Guru Profesional : Strategi Meningkatkan kualifikasi dan kualitas (Edisi Pertama). Erlangga.
Tukan, Y. T., Crispinus Lemba, V., & Karolus Keroponama Keban, S. (2023). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA PGRI Larantuka. Social Science Academic, 1(2), 155–160. https://doi.org/10.37680/ssa.v1i2.3465
Undang-Undang Republik Indonesia. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 tentang Guru dan Dosen.
Utiarahman, T. B. (2020). Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Melalui Pelatihan Berjenjang. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(3), 215. https://doi.org/10.37905/aksara.5.3.215-222.2019
Yulianti, Y., Thaief, I., & Rahmatullah, R. (2019). Contextual Teaching Learning dalam Pembelajaran Ekonomi. Pinisi Business Administration Review, 1(2), 117–124. https://doi.org/10.26858/pbar.v1i2.9988
Zeitlin, I. M. (1995). Mamahami Kembali Sosiologi: Kritik Terhadap Teori Sosiologi Kontemporer. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.
DOI: https://doi.org/10.30743/mkd.v8i2.9620
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Dyatmika Prabaswara, Dwi Astutik, & Danang Purwanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under CC BY 4.0