ANALISA PROSES TEMPERING DENGANMEDIAPENDINGIN UDARA PADA MATERIAL AISI 1045 DIAMETER 19 CM AKIBAT PERUBAHAN SUHU DI BPPI BALAI RISET DAN STANDARDISASI INDUSTRI MEDAN

Muhammad Iman, Junaidi Junaidi, Fadly Ahmad Kurniawan

Abstract


Di dalam perkembangan industri terutama dalam bidang pemesinan, teknologi metalurgi memegang peranan penting dalam pemilihan logam yang memiliki sifat-sifat mekanik maupun fisik yang sesuai dengan tuntutan produksi. Semakin luasnya tuntutan produksi logam ini, maka sikap perancang desain dan ahli metalurgi harus mampu untuk menentukan pilihannya terhadap logam yang memiliki kekuatan. Alat ini menggunakan Mesin bubut yang berfungsi sebagai untuk pembuatan dan proses pengujian impak, tensil, dan torsi. Alat ini menggunakan Mesin gerenda duduk yang berfungsi sebagai untuk mengikis atau memotong benda kerja. Alat ini menggunakan mesin gerenda potong yang berfungsi sebagai memotong benda kerja. Alat ini menggunakan alat uji impak yang berfungsi sebagai untuk menguji benda. Alat ini menggunakan alat uji tarik yang berfungsi sebagai menguji bahan tersebut sejauh mana material itu bertambah panjang. Alat ini menggunakan furnance yang berfungsi sebagai pemanas bahan yang bertujuan mengetahui tingkat kekerasan suatu benda. Energi yang di serap terhadap impak dapat dirumuskan dengan persamaan E = m.g. ( cos β – cos α).

Full Text:

PDF

References


Amstread, BH. dkk. 1995. Teknologi Mekanik. Edisi Ketujuh oleh Ir. Sriati

Djapri, M.Met. Erlangga, Jakarta.

ASTM Metals Handbook. 2005. Vol 09: Metallography and Microstructures.

ASM International.

ASTM E3-96, Standard PracticeFor Preparation Of Metallogrraphic Spesimens

ASTM E23, Standart Tes Methods For Notched Bar Impact Testing Of Metallic

Materials.

Basuki,B., Djuhana dan Nurwasito,B., 2005 , Pengecoran Aluminium Untuk

Bucket Turbin Pelton Skala Laboratorium , Seminar Material Metalurgi

Dahlan, Hadijaya, Pengaruh Variasi Bahan Indentor Micro Hardness Tester

Terhadap Akurasi DataUji Kekerasaan

Material. URANIA No.23-24.

2000.

E8, Drihandono,S.,Eko Budiyanto,2016 Pengaruh Temperatur Tuang .

Temperatur Cetakan dan Tekanan Pada Pengujian Impak ( High Pressure Die casting / HPDC). Jurusan Teknik Mesin , Fakultas Teknik , Universitas Muhammadiyah Metro, Lampung., ISBN ; 9-793-68847-5, Tanggerang , Indonesia

Ika Wahyuni, Ahmad barkati Rojul, Erlin Nasocha, Nindi Fauzia Rosyi,

Oktaviana retna Ningsih, Nurul Khusnia, 2003. Uji Kekerasan Material dengan Metode Rockwell. Jurusan Fisika Universitas Airlangga. Surabaya.

Yuni Hermawan, 2009. Pengaruh Parameter Pemotongan Terhadap Kekasaran Permukaan Pada Proses Bubut Baja Aisi1045. Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Jember.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 PISTON (Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Fakultas Teknik UISU)