UNJUK KERJA SEPEDA MOTOR HONDA BEAT FI DENGAN VARIASI BAHAN BAKAR PERTAMAX DAN PERTAMAX TURBO

Herdika Sahputra, Junaidi Junaidi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Perbandingan Performa Motor Honda Beat FI dengan menggunakan bahan bakar Pertamax dan Pertamax Turbo, Metode yang digunakan adalah eksperimen yang dilakukan pada Motor Honda Beat FI. Torsi engine yang dihasilkan oleh motor Honda Beat F1 lebih besar dengan menggunakan bahan bakar Pertamax Turbo yaitu 11,3 Nm pada putaran engine 6000 rpm, sedangkan Torsi engine terendah yaitu 8,1 Nm pada putaran engine 2000 rpm menggunakan bahan bakar Pertmax.Daya engine yang dihasilkan oleh motor Honda Beat F1 lebih besar dengan menggunakan bahan bakar Pertamax Turbo yaitu 9,3 hp pada putaran engine 6000 rpm, sedangkan Daya engine terendah yaitu 2,2 hp pada putaran engine 2000 rpm menggunakan bahan bakar Pertamax dan Pertamax Turbo. Sfc engine yang dihasilkan oleh motor Honda Beat F1 lebih banyak menggunakan bahan bakar Pertamax yaitu 0,4759 kg/hp.jam pada putaran engine 2000 rpm, sedangkan Sfc engine terendah yang dihasilkan motor Honda Beat FI yaitu 0,1595 kg/hp.jam pada putaran engine 6000 rpm menggunakan bahan bakar Pertamax Turbo.

Full Text:

PDF

References


Arends, H.Berenschot, BPM. (1980). motor bensin. Erlangga, Jakarta.

Jalius Jama Wagino. (2008). Teknik Sepeda Motor Jilid 1. In Buku Sekolah Elektronik. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Kristanto, p. (2015). MOTOR BAKAR TORAK. Andi.

Mugridge, R. L., & Poehlmann, N. M. (2015). Internal customer service assessment of cataloging, acquisitions, and library systems. OCLC Systems and Services. https://doi.org/10.1108/OCLC-12-2014-0037

Pertamina. (2017). Spesifikasi Pertamax. 1, 4769. http://www.pertamina.com/industrialfuel/media/2 4240/pertamax.pdf

Pertamina. (2018). Spesifikasi Pertamax Turbo. 1, 1000.

Pulkrabek of the Internal Combustion Engine, 2nd Ed. Journal of Engineering for Gas Turbines and Power. https://doi.org/10.1115/1.1669459

Raharjo, Winarno Dwi, K. (2008). Mesin Konversi Energi. Universitas Negri Semarang, Semarang.

Sharma, S. P. (1978). Atmospheric Corrosion of Silver, Copper, and Nickel—Environmental Test. Journal of The Electrochemical Society. https://doi.org/10.1149/1.2131352

Soenarto, Furuhama. (1995). motor serba guna. Pradnya Pramita, Jakarta.

Tomasiunaite, U., Widmann, A., & Thum, A. S. (2018). Maggot instructor: Semi-automated analysis of learning and memory in Drosophila larvae. Frontiers in Psychology. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2018.01010

Triyono, W. (2009). Pemeliharaan/Servis Sistem Bahan Bakar Bensin untuk SMK dan MAK. Erlangga, Jakarta.

Winarno, Karnowo. (2008). buku ajar mesin konversi energi. Universitas Negri Semarang, Semarang.

Wu, M., Siswanto, I., & Solikin, M. (2018). Cultivating Student Creativity-A Qualitative, W. W. (2004). Engineering Fundamentals Study of Outstanding Students of Yogyakarta State University. Education. https://doi.org/10.5923/j.edu.20180801.01

Yamaha Motor Corp., U. S. A. (2013). Yamaha nnounces 2013 ATV Race Teams. In Business Wire (English).

Yaskawi, K. (1994). Teori pembakaran Hydrogen. Semarang.

Yoga, R. (2008). Analisa Performa Sepeda Motor 4 Langkah 1 Silinder Fuel Injection 125 CC tergadap Variasi Campuran PremiumEthanol (E10-E30). 5–21


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 PISTON (Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Fakultas Teknik UISU)