INOVASI PENYAPU SAMPAH MENGGUNAKAN BECAK TENAGA LISTRIK DI KOTA MEDAN

Muhammad Fadlan Harahap

Abstract


Sampah sering menjadi barang tidak berarti bagi manusia, sehingga menyebabkan sikap acuh tak acuh terhadap keberadaan sampah. Orang sering membuang sampah sembarangan sudah menjadi budaya dan tradisi bagi masyarakat Indonesia pada umumnya., seolah-olah mereka tidak memiliki salah apapun. Hal tersebut tentunya sangat berpengaruh terhadap lingkungan sekitar dimana lingkungan menjadi kotor dan sampah yang membusuk akan menjadi bibit penyakit pada kemudian hari dan akan menambah beban pekerjaan para tukang sapu jalanan, jika masyarakat tidak terus sadar maka besar kemungkinan akan meningkatnya jumlah populasi sampah setiap tahunnya yang berserakan. Kebanyakan tukang sapu jalanan menyapu jalan di perkotaan menggunakan sapu biasa maka itu akan membutuhkan waktu yang lama untuk membersihkannya. Di Kota Medan persoalannya lebih kompleks, hal ini disebabkan karena tidak ada intervensi dari pengambil kebijakan saat ini. Jika dibiarkan terus menerus maka tidak mustahil terdapat sampah yang berserakan di berbagai sudut -sudut kota. Hal ini tentunya dapat memperburuk kondisi lingkungan terutama estetika kota Medan.Oleh karena itu berdasarkan kondisi diatas perlu adanya suatu kajian tentang teknologi tepat guna yang bermanfaat, maka penulis mengusulkan design rancangan berjudulInovasi Penyapu Sampah Menggunakan Becak Tenaga Listrik Di Kota Medan, becak listrik ini dinilai praktis dan efisien sebagai alat penyapu sampah. Mesin ini juga dilengkapi dengan teknologi motor BLDC, selain itu energi yang digunakan untuk menggerakkan mesin ini adalah listrik yang berasal dari baterai. Penggunaan Motor Listrik merupakan upaya alternatif yang ramah lingkungan sehingga tidak mengeluarkan polusi. 


Full Text:

PDF

References


JPP/LN. 2015. Kesadaran Kurang, Lapangan Merdeka Dipenuhi Sampah. Medan : Analisa. (11 Oktober 2015)

Mahyudin, Rizky Puteri. 2017. Kajian Permasalahan Pengelolaan Sampah dan Dampak Lingkungan Di TPA (Tempat

Pemrosesan Akhir). Banjarbaru : Jurnal Teknik Lingkungan. Vol 3, No 1 : 66-74

Pardede, Doan. E. 2016. DPRD Surabaya Sarankan Beli Mobil Penyapu Sampah daripada Tambah Pasukan Kuning. Surabaya : Surya. (15 September 2016)

Pemerintah Kota Medan., 2013. Laporan Akhir: Kajian Model Pengelolaan Sampah dan SDM Kebersihan Di Kota Medan. Diakses 20 November 2017 ;

http://balitbang.pemkomedan.go.id/tinymc

puk/gambar/file/Kajian%20Pengolahan%2

Sampah.pdf

Ramadhani, Aprizal dan Ahmad Perwira Mulia Tarigan. 2014. Studi Pengelolaan Sampah Pasar Kota Medan. Medan : Jurnal

Teknik Sipil. Vol 3, No 1: 1-12

Sularso. 1997. Elemen Mesin. Jakarta : Pradnya Paramita

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 18 tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah.

Wordpress. 2011. Mesin Penyapu Daun. www.wordpress.com Di Akses pada 16 November 2017


Refbacks

  • There are currently no refbacks.