ANALISIS SISTEM NAVIGASI UDARA MODEL 432 (DVOR) UNTUK MEMANDU PESAWAT MENUJU BANDARA

Yoga Tri Nugraha, Noorly Evalina, Muhammad Fitra Zambak, Sri Indah Rezkika, Sari Novalianda

Abstract


Pada awalnya, navigasi untuk memandu pesawat kebandara tujuan hanya dengan menggunakan penglihatan saja dan memiliki kemampuan yang masih terbatas. Peralatan navigasi yang diperlukan dan memiliki kemampuan yang tidak terbatas (kontinu) untuk memandu pesawat menuju bandara adalah DVOR. DVOR yaitu suatu peralatan navigasi udara untuk memandu pesawat agar bisa mendarat sempurna pada bandara yang dituju dengan cara memberikan informasi berupa azimuth atau bearing buatan yang menggunakan frekuensi akibat adanya efek doppler, bukan azimuth arah sebenarnya kepada pesawat melainkan informasi terhadap titik DVOR ground station yang ada pada Bandara Kualanamu. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Metode Efek Doppler. Berdasarkan arah mendarat runway 23, OBS menunjukkan azimuth / bearing 110º sebagai panduan arah bandara tujuan, dengan frekuensi Efek Doppler antena sideband 112.209.950,09 Hz. Berdasarkan arah mendarat runway 05, OBS menunjukkan azimuth / bearing 191º sebagai panduan arah bandara tujuan, dengan frekuensi Efek Doppler antena sideband 112.209.960,049 Hz. Dan jenis gangguan frekuensi yang terjadi pada pengiriman sinyal frekuensi DVOR ke penerima (pesawat) adalah noise, fading, interferensi frekuensi radio.

Full Text:

PDF

References


Haryadi, Fasich. 2013, Analisis Perangkat Navigasi Model 1150 Doppler Very High Omni-Directional Range (DVOR) Untuk Memandu Pesawat Menuju Bandara Tujuan”. Jurnal, Akademi Teknik Telekomunikasi Sandhy Putra Puwokerto, Purwokerto.

SELEX System Integrati Inc. March, 2007, Manual Book Model 1150 Doppler Very High Omnirange (DVOR). Overland Park, USA.

Utomo, Cahyo. 2013, Doppler Very High Frequency Omni-directional Range 3(DVOR) AWAV RB51D Sebagai Salah Satu Alat Navigasi Udara Di Bandara Ahmad Yani Semarang. Jurnal, Universitas Diponegoro, Semarang.

Wahyudi, Eka. 2013, Analisis Perangkat Link Budget Antena Sideband Doppler Very High Omni-Directional Range (DVOR) Pada Jalur Lintasan Penerbangan. Jurnal, STT Telematika Telkom Purwokerto, Purwokerto.

Yellu, Augustine D. 2013, A Uniform Geometrical Theory of Diffraction Model of Very-High-Frequency Omni-directional Range Systems for Improved Accuracy. Thesis, Ohio University, Ohio, USA.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Yoga Tri Nugraha, Noorly Evalina, Muhammad Fitra Zambak, Sri Indah Rezkika, Sari Novalianda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK)

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/semnastek
Email: p.ilmiah@ft.uisu.ac.id

Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License