IMPLEMENTASI KARAKTERISTIK ARUS DAN TEGANGAN PLTS TERHADAP PERALATAN TRAINER ENERGI BARU TERBARUKAN

Partaonan Harahap

Abstract


Pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) adalah perkembangan teknologi energi surya yang terjangkau, tidak habis, dan bersih akan memberikan keuntunganjangka panjang yang besar, pada saat ini  sudah banyak yang memanfaatkan panel surya sebagai pembangikt listrik mandiri tanpa harus bergantung sepenuhnya pada PLN, setiap tahun kebutuhan akan energi listrik di dunia akan mengalami pertumbuhan. Pemanfaatan energi matahari sebagai pembangkit listrik telah banyak dilakukan dengan menggunakan panel surya. Panel surya yang terpasang selama ini masih bersifat statis (tidak mengikuti pergerakan matahari), Berdasarkan kondisi ini, maka panel surya tidak dapat menangkap cahaya secara maksimal, Keterbatasan pada panel surya yang statis tersebut dapat diatasi dengan pengujian dengan Panel Surya dengan Rotasi Dinamis (dapat mengikuti arah pergerakan matahari). Perolehan arus dan tegangan pada panel surya lebih efektif yaitu dengan perolehan nilai rata-rata daya keluaran yang dihasilkan sebesar 34,93 W.


Full Text:

PDF

References


P. E. M. B. Angkit, L. I. T. Enaga, and A. P. Damastuti, 1997, PLTS, no. 7, pp. 12–13.

W. Fajaryanto, A. Prayitno, J. T. Mesin, U. Riau, K. Bina, and W. Panam, Pengujian Panel Surya Dinamik Dan Statik Dengan Melakukan, pp. 1–5.

M. Praktikum, U. Gadjah, and M. Yogyakarta, 2007, Modul praktikum.

R. Cermin, D. Dan, and A. Foil, 2017, Peningkatan Daya Output Panel Surya Dengan Penambahan Reflektor Cermin Datar Dan Allumunium Foil, pp. 2–4.

Syafaruddin, 2010, 0, J. Teknol. Elektro, vol. 9, no. 1, pp. 6–11.

A. Ilmar Ramadhan, E. Diniardi, and S. Hari Mukti, 2016, Analisis Desain Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya Kapasitas 50 WP, Teknik, vol. 37, no. 2, pp. 59–63.

R. Setyabudy, E. A. Setiawan, H. Bs, D. T. Elektro, F. Teknik, and U. Indonesia, 2012, Peningkatan Kenerja Grid Tie Inverter pada Jaringan Listrik Mikro Saat Kondisi Islanding dengan Penambahan Perangkat Uninterrupted Power Supply, vol. 3, no. 2, pp. 125–131.

C. S. Nugroho, R. Adiprasetya, R. O. Wiyagi, J. T. Elektro, F. Teknik, and U. M. Yogyakarta, “Sistem Penjejak Matahari Dua Axis Pada Pembangkit Listrik Tenaga Surya Oleh:,” pp. 1–5, 2015.

S. Yuliananda, G. Sarya, and R. R. Hastijanti, 2015, Pengaruh Perubahan Intensitas Matahari Terhadap Daya Keluaran Panel Surya, J. Pengabdi. LPPM Untag Surabaya, vol. 1, no. 2, pp. 193–202.

Adrianti, 2016, Evaluasi Keandalan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Yang Terhubung Ke Grid, no. 2.

L. T. B. Ii, 2013, Pengertian Solar Cell (Photovoltaic).

NN, Perkembangan Sel Surya, Www. Ee.Unud.Ac.Id.

E. P. Daya, D. Tahan, S. Baik, S. Baik, and K. P. Luas, Jenis Panel Surya.

B. A. B. Ii and T. Pustaka, “[Soeparlan, 1995], pp. 5–39.

Henry, 2007, Elektronika Dasar : Arus Dan Tegangan Listrik, pp. 1–6.

P. Pada, L. B. Berbagai, and M. Suma, Modul III Intensitas Cahaya,” pp. 1–12.

B. A. B. Ii and D. Teori, “) adalah energi dari matahari per unit waktu yang diterima pada satu unit luasan permukaan yang tegak lurus arah radiasi matahari pada jarak rata-rata matahari-bumi di luar atmosfer. World Radiation Center ( WRC ) mengambil nilai konstanta matahari (G,” pp. 6–44.

B. A. B. Vii and K., 2010, Dasar Inverter 2010, pp. 70–76.

R. K. Sitanggang, 2015, Perancangan Instrument Miniatur Monitoring Arus Listrik PLN, USU, vol. 2, pp. 1–23.

M. H. Fadhilah, E. Kurniawan, and U. Sunarya, 2017, Perancangan Dan Implementasi Mppt Charge Controller Pada Panel Surya Menggunakan Mikrokontroler Untuk Pengisian Baterai Sepeda Listrik Design And Implementation Mppt Charge Controller On Solar Panel Using Microcontroller For Electric Bicycle ’ S Battery C, vol. 4, no. 3, pp. 3164–3170.

B. A. B. Ii and T. Pustaka, “(Sumber : http://teknikelektronika.com/pengertian-sel-surya-solar-cell-prinsip-kerja-sel-surya ) 3,” pp. 3–18, 1839.

I. I. P. Pengetahuan and I. I. P. Pengetahuan, “Bab ii tinjauan pustaka,” pp. 7–35, 2007.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Partaonan Harahap

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK)

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/semnastek
Email: p.ilmiah@ft.uisu.ac.id

Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License