PENETAPAN TARIF BERSUBSIDI PENUMPANG MODA RAYA TERPADU JAKARTA PHASE I

Luthfi Parinduri

Abstract


Mass Rapid Transit (MRT) merupakan sistem transportasi massal dan transit cepat berbasis rel listrik yang efektif dan nyaman. MRT telah banyak diterapkan di  kota-kota besar didunia. Pengertian Mass Rapid Transit secara harfiah adalah angkutan yang dapat mengangkut penumpang dalam jumlah besar dengan cepat  Pada akhir Maret 2019 secara resmi Jakarta telah memiliki (MRT) atau Moda Raya Terpadu. Keberadaan MRT tersebut  diharapkan menjadi bagian dari solusi masalah kemacatan transportasi di Jakarta. Dengan selesainya pembangunan MRT Jakarta phase I  dari Lebak Bulus ke Bundaran Hotel Indonesia dan sebaliknya dengan jarak 15,7 km akan mampu melayani penumpang turun  dan naik melalui 13 stasiun yang disediakan. Keberadaan MRT diharapkan akan memberi daya tarik bagi masyarakat untuk beralih dari menggunakan kendaraan prabadi ke sarana transportasi masal tersebut. Pilihan masyarakat untuk beralih disamping masalah effisiensi dan kenyamanan adalah ongkos (tarif) angkutan yang murah dan terjangkau. Untuk itu Pemerintah Provinsi DKI Jakarta  telah menetapkan tarif bersubsidi kepada penumpang rata rata sebesar Rp. 800,- per km. Subsidi yang ditanggung oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta  adalah sebesar Rp. 21.659,- untuk setiap penumpang, berdasarkan assumsi jumlah penumpang yang diangkut sebanyak 65..000 perhari. Penumpang yang diproyeksikan akan meningkat mencapai kapasitas disain sebesar 173.000 penumpang perhari maka  jumlah subsidi akan dapat ditekan.


Full Text:

PDF

References


Abbas Salim; 2008, Manajemen Transportasi, Rajawali Pers, Jakarta.

Achmad Dwi Afriyadi, 2019, Fakta di Balik Tarif MRT Lebak Bulus-Bundaran HI Rp 14.000, diakses melalui finance. detik.com/infrastruktur, 1 April.

Achmad Dwi Afriyadi, 2019, Sejarah Panjang MRT Jakarta Digagas 1985 diresmikan 2019, diakses melalui https: //finance.detik.com/infrastruktur/, 8 April.

Amad S., 2019, Tarif MRT Jakarta, Begini Perhitungannya, diakses melalui https://www. kompasiana. com/, 9 April.

Arief Ikhsanudin, 2019, Sah! Tarif MRT Jakarta Jadinya Rp 10.000/10 Km, dikses melalui https://finance.detik.com/, 9April.

Edi Haryoto, 2013, Transportasi Pro Rakyat, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Julnis Firmansyah dan Lani Diana, 2019, Tarif MRT Jakarta, antara Membebani Masyarakat atau APBD DKI, diakses melalui https://fokus.tempo.co/, 8 April.

Nur Fatin, 2019, Pengertian Mass Rapid Transit (MRT), diakses melalui http://seputarpenegrtian. blogspot.com, 8 April.

Lidya Kembaren & Iswari Anggit, 2019, MRT Jakarta, Setiap Tiket Dapat Subsidi Rp 21.000 diakses melalui https://www.cnbcindonesia.com/, 10 April.

Suandri Ansah, “Tarif MRT Jakarta dan MRT di Negara Tetangga, Murah Mana?” diakses melalui https://indonesiainside.id/, 4 April 2019

......................... “MRT Jakarta” diakses melalui https://id.wikipedia.org/wiki/MRT_Jakarta, 8 April 2019

........................ “Jumlah Penduduk DKI Jakarta Tahun 2018”, diakses melalui https: //tumo utounews.com/, 8 April 2019


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Luthfi Parinduri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK)

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/semnastek
Email: p.ilmiah@ft.uisu.ac.id

Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License