KARAKTERISITIK TANAH LUNAK SUMATERA UTARA BERDASARKAN PENGUJIAN KUAT TEKAN BEBAS

Arif Darmawandi, Aazokhi Waruwu, Tematius Halawa, Doni Harianto, Muammar Muammar

Abstract


Tanah lunak merupakan tipe tanah yang kurang baik sebagai tanah dasar konstruksi, tanah ini dapat berupa tanah lempung maupun tanah gambut. Tanah seperti ini membutuhkan perbaikan atau stabilisasi, namun sebelumnya perlu pengetahuan tentang karaktersitik tanah yang akan diperbaiki sebagai dasar dalam melakukan perbaikan dan pemilihan metode atau bahan perbaikan. Penelitian ini dilakukan pada sampel tanah yang diambil dari beberapa lokasi di Sumatera Utara. Pengujian dilakukan di laboratorium untuk mengetahui sifat fisiknya dan diteruskan dengan uji kuat tekan bebas. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa tanah di lokasi Gatot Subroto Medan, Marindal, Pantai Labu, dan Gunungsitoli perlu distabilisasi, karena memiliki karaktersitik sebagai tanah lunak dengan plastisitas sedang ke tinggi, sedangkan tanah di lokasi Patumbak tidak memerlukan perbaikankarena tergolong sebagai tanah lempung kaku dengan nilai kuat tekan bebas lebih dari 100 kN/m2.

Full Text:

PDF

References


Endriani, D., dan Ritonga, A. H., 2018,The Influence of Addition Palm Shell Ash to Mineralogy and Phisical Properties of Clay Soil. ARPN Journal of Engineering and Applied Sciences, 13(4), pp: 1518-1522.

Hardiyatmo, H. C., 2002, Mekanika Tanah I, Edisi ketiga, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Hardiyatmo, H. C., 2010, Stabilisasi Tanah Untuk Perkerasan Jalan, Edisi kesatu, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Waruwu, A., 2012, Peningkatan Nilai CBR Akibat Pemeraman Pada Tanah Lempung Dengan Penambahan Cornice Adhesive, A.S.P. Jurnal, 1(1), pp.1-7.

Waruwu, A., 2013. Korelasi Nilai Kuat Tekan dan CBR Tanah Lempung yang Distabilisasi dengan Abu Batu dan Semen. Jurnal Rancang Teknik Sipil, 2(2), pp.99-10.

Waruwu, A., Susanti, R.D., Endriani, D., dan Hutagaol, S., 2020, Effect of loading stage on peat compression and deflection of bamboo grid with concrete pile,International Journal of GEOMATE, 18(66), pp: 150-155.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Arif Darmawandi, Aazokhi Waruwu, Tematius Halawa, Doni Harianto, Muammar Muammar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK)

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/semnastek
Email: p.ilmiah@ft.uisu.ac.id

Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License