ANALISIS PENETAPAN TARIF HARGA JALAN BEBAS HAMBATAN PADA PROYEK PEMBANGUNAN JALAN BEBAS HAMBATAN JASA MARGA KUALANAMU TOL SEKSI 7 SEI RAMPAH – TEBING TINGGI

Marwan Lubis, Gladys Yolanda Hasugian

Abstract


Pemerintah provinsi Sumatera Utara sedang melakukan pembangunan infrastruktur transportasi diantaranya pembangunan jalan tol di ruas jalan Jasamarga Kualanamu Tol (JMKT). Perencanaan pembangunan Tol JMKT ini diharapkan mampu memperbaiki kondisi lalu lintas dari kawasan Sei Rampah – Tebing Tinggi  dengan pendistribusian volume kendaraan dengan mengurangi arus kendaraan yang menuju kota Sei RampahTebing Tinggi dan sebaliknya. Jalan tol JMKT ini juga diharapkan mampu mempersingkat waktu perjalanan  para pengguna jalan dari asal menuju tujuan mereka,mempermudah aksesibilitas masyarakat menuju Tebing Tinggi dan membantu upaya perbaikan tata guna lahan di kawasan Sei Rampah – Tebing Tinggi. Jalan tol JMKT merupakan jalan bebas hambatan berbayar. Hasil perhitungan dari analisis tarif jalan tol ini akan dibayarkan oleh calon pengguna jalan tol Seksi 7 (Sei Rampah – Tebing Tinggi). Jenis kendaraan yang ditinjau hanya kendaraan golongan I, IIA dan IIB. Analisis biaya operasional kendaraan didasarkan pada analisis yang dikembangkan oleh LAPI-ITB menggunakan metode PCI (Pasific Consultant International) yang bekerja sama dengan PT. Jasa Marga. Perhitungan tarif yang diperoleh untuk jalan tol JMKT Seksi 7 adalah golongan I: Rp.9700, golongan II A: Rp.14400 dan golongan II B: Rp.14500. Tarif dihitung berdasarkan 70 % dari besar keuntungan biaya operasional kendaraan. Biaya operasional  kendaraan terdiri dari biaya konsumsi bahan bakar, konsumsi minyak pelumas, pemakaian ban, biaya pemeliharaan, biaya mekanik (montir), penyusutan (depresiasi), biaya suku bunga, dan biaya asuransi.


Full Text:

PDF

References


Bina Marga, 1997. Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga. Jakarta.

Departemen Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. 2002. Optimalisasi Peran Serta Swasta Dalampengembangan Jalan Tol(Penetapan Tarif Jalan Tol). Jakarta: Departemen Perhubungan.

Morlok, Edward.k,1995. Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi, Jakarta: Erlangga.

PCI, 1979. Pacific Consultant International, PT. Bina Marga.

Pemerintah Indonesia. 2004. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2004 Tentang Jalan. Sekretariat Negara. Jakarta.

Pemerintah Indonesia. 2005. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2005 Tentang Jalan Tol. Lembaran Negara Tahun 2004 No 132, Tambahan Lembaran Negara No 4444. Sekretariat Negara. Jakarta.

Petracia, Petracia dkk. 2012. Studi Penentuan Tarif Tol Rencana Ruas Jalan Manado-Bitung. Sulawesi Utara : Jurnal Sipil Statik. Vol.1,No.1(27-33).

Rahmadyarto, Galuh., Ari Sandhyavitri, dan Alfian Malik.2018. Evaluasi Harga Tariftol Berdasarkan Analisis Kelayakan Finansial(Studi Kasus: Jalantol Medan-Binjai. Pekanbaru : Jom FTEKNIK. Volume 5.

Tamin, Ofyar., 2000. Perencanaan dan Pemodelan Transportasi. Bandung: Penerbit ITB.

https://id.scribd.com/doc/294186951/ Perhitungan-BOK-Dengan-Rumus-PCI-Model

https://id.wikibooks.org/wiki/Moda_Transportasi/Ragam_moda_transportasi

https://id.wikipedia.org/wiki/Transportasi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Marwan Lubis, Gladys Yolanda Hasugian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK)

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/semnastek
Email: p.ilmiah@ft.uisu.ac.id

Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License