ANALISIS SISTEM PEMBEBANAN PADA GENERATOR DI PT. PLN (PERSERO) PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA DIESEL TITI KUNING

Yusniati Yusniati, Nurcholis Najib Sanubari Matondang

Abstract


Pembangit Listrik Tenaga Diesel Titi Kuning adalah salah satu unit pembangkit listrik PT.PLN (Persero) di sektor Medan yang digunakan sebagai pembangkit cadangan apabila terjadi peningkatan pada beban atau pada saat beban puncak pada PT.PLN (Persero).  Jika terjadi terjadi peningkatan beban dan pembangkit – pembangkit lain tidak sanggup untuk memikulnya, maka PLTD Titi Kuning dioperasikan, untuk membuat PLTD bekerja sama dengan sistem maka dilakukan pemparalelan setiap generator ke sistem untuk menambah kapasitas daya sistem dan untuk menjaga keandalan sistem tersebut.  Pemparalelan dilakukan secara manual dengan mengatur parameter- parameter keluaran generator berupa penyesuaian tegangan running pada 6500 Volt dengan memutar Procentage Voltage Regulator  pada posisi 30 % dan penyesuaian frekuensi dengan sistem dengan mengatur speed control mesin diesel untuk penyesuaian masukan bahan bakar oleh governor, dan memasukkan Circuit Breaker secara manual jika posisi jarum sinkronoskop pada posisi counter dan lampu indikatornya gelap (mati).  Setelah dilakukan analisa pembagian beban pada tiap generator terdapat selisih nilai perhitungan  dengan nilai yang terbaca oleh alat ukur sebesar 3,2 %, nilai yang terbaca pada alat ukur sebesar 3,2 MW sedangkan hasil nilai perhitungan manual adalah 3,1 MW.  Maka, untuk mendapatkan nilai akurasi alat ukur yang lebih tinggi harusnya digunakan alat ukur berupa digital.


Full Text:

PDF

References


. Abdul Kadir, 1996, Pembangkit Tenaga Listrik. Jakarta: Universitas Indonesia-Press.

. Alam, Syahrial, dan Taryana, 2015, Pemodelan Dan Simulasi Automatic Voltage Regulator Untuk Generator Sinkron 3kV Berbasis Proportional Integral. Vol.3, No.2. Juli 2015. Bandung. Institut Teknologi Nasional.

. Antono dan Khambali, 2013, Penerapan Sinkronisasi Jaringan Listrik Tiga Fasa PLN Dengan Generator Sinkron Menggunakan Trainer Power System Simulation. Vol.2, No.3. Desember 2013. Semarang: Politeknik Negeri Semarang.

. Amien, 2014, Studi Pengaruh Arus Eksitasi Pada Generator Sinkron Yang Bekerja Paralel Terhadap Perubahan Faktor Daya. Vol. 7, No.1. April 2014. Medan: Universitas Sumatera Utara.

. Arismunandar, 1982, Teknik Tenaga Listrik Jilid II Saluran Transmis. Jakarta: A. PT. Pradnya Paramita.

. Arozaq, Wibowo, dan Penangsang, 2012, Analisis Pembebanan Ekonomis Pada Jaringan 500 Kv Jawa Bali Menggunakan Software Power World. Vol. 1, No.1. September 2012. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

. Aryadi dan Amien, 2015, Analisis Penentuan Tegangan Terminal, Regulasi, Dan Efisiensi Generator Sinkron 3 Fasa Rotor Salient Pole Dengan Metode Blondel (Two Reaction Theory). Vol. 13, No.36. Nopember 2015. Medan: Universitas Sumatera Utara.

. Gunawan et al, 1993, Mesin Dan Rangkaian Listrik. Jakarta: Erlangga.

. Instruksi manual dari PLTD Titi Kuning dan GI Titi Kuning.

. Khatimah et al., 2014, Analisis Pengaturan Tegangan Generator Sinkron Tiga Fasa Hubungan Bintang Akibat Pembebanan Tidak Seimbang. Sinergi No.2, Tahun.12 Oktober 2014. Jakarta: Seminar Nasional.

. Laksono dan Febrianda, 2015, Analisa Performansi Tanggapan Tegangan Sistem Eksitasi Generator Terhadap Perubahan Parameter. Vol.4, No.1. Maret 2015. Padang: Universitas Andalas.

. Mitani et al. 2014, PID-MPC Based Automatic Voltage Regulator Design In Wide-Area Interconnect Power System. Vol.4, No.8. Agustus 2014. Jepang: Kyushu Institute Of Technology.

. Ridzki, 2013, Analisis Perubahan ksitasi Terhadap Daya Reaktif Generator. Vol.11, No.2. Oktober 2013. Malang: Politeknik Negeri Malang.

. Suheri dan Harahap, 2016, Analisis Dan Simulasi Pengaturan Tegangan Generator Induksi Berpenguatan Sendiri Dengan Menggunakan Static Synchronous Compensator (STATCOM). Vol.14, No.40. Maret 2016. Medan: Universitas Sumatera Utara.

. Suyitno, 2011, Pembangkit Energi Listrik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

. Wijaya, Mochtar, 2001, Dasar-Dasar Mesin Listrik. Jakarta: Djambatan.

. Yulianto dan Laksono, 2013, Evaluasi Pola Tingkah Laku Tegangan Sistem Eksitasi Generator Dengan Metoda Penempatan Kutub Menggunakan Algoritma Bass-Gura. Vol.2, No.2. September 2013. Padang: Universitas Andalas.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Yusniati Yusniati, Nurcholis Najib Sanubari Matondang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK)

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/semnastek
Email: p.ilmiah@ft.uisu.ac.id

Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License