EVALUASI PEMBUATAN WASTAFEL PORTABLE ANTICOVID-19

Luthfi Parinduri, Suhardi Napid

Abstract


Diantara protokol kesehatan penting dalam upaya pencegahan penularan covid-19 adalah rajin “mencuci tangan”. Mencuci tangan adalah pangkal kebersihan dan kesehatan. Tangan adalah sumber kuman dan bakteri yang dapat menyebabkan beragam penyakit. Meski jumlah yang sembuh meningkat, namun pandemi covid-19 yang melanda berbagai Negara dunia masih berlangsung. Sementara berbagai kegiatan harus tetap berjalan agar masyarakat tetap bisa produktif dan merasa aman. Sebab itu perlu adanya upaya yang dilakukan untuk memutus mata rantai penularan. Upaya pencegahan yang harus diutamakan adalah dengan mematuhi dan menjalan kanprotokol kesehatan. Sebagai mana ditemukan di lapangan jenis perangkat pencuci tangan yang dipergunakan sangat bervariasi mulai dari yang sederhana menggunakan wadah (ember, gallon) bekas hingga peralatan full outomatic dengan menggunakan sensor. Sebagian besar perangkat cuci tangan yang ada tersebut masih menggunakan tangan dalam prosesnya, baik pengambilan hand sanitizer dan pemakaian air, sentuhan tangan masih harus terjadi saat menutupkeran air, sehingga masih ada potensi resiko terhadap paparan virus corona yang mungkin melekat di kran air mengingat penggunaannya untuk banyak orang. Wastafel Portable Anticovid-19 yang dibuat oleh FakultasTeknik UISU ini sejenis Touchless Hand Washing yakni perangkat pencuci tangan 100% tanpa sentuhan tangan dalam penggunaannya.


Full Text:

PDF

References


. Cahyo Mustiko Okta Muvianto, Kurniawan Yuniarto, 2020, “Pemanfaatan UV-C Chamber Sebagai Disinfektan Alat Pelindung Diri Untuk Pencegahan Penyebaran Virus Corona”, Jurnal Abdi Insani, Vol 7 No 1 (2020), Universitas Mataram, Mataram, diaksespadatanggal 20 Juni 2020 melalui (http://abdiinsani.unram.ac.id/ index.php/ jurnal/ article/view/312/171)

. Fathiyah Isbaniah, dkk, 2020, “Pedoman Pencegahan Dan Pengendalian Coronavirus Disesase (Covid-19)- RevisiKe4”, Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P)- Kementerian Kesehatan RI, Jakarta Selatan, diakses pada tanggal 20 Juni 2020 melalui (https://www.kemkes.go.id/).

. Febriana, 2020, “UPDATE Virus Corona Dunia 10 Juli 2020”diaksespadatanggal 20 Juni 2020 melalui (https://mataram.tribunnews.com/)

. Ikechukwu, dkk, (2014), “Design and Characterization of Automatic Hand Washing and Drying Machine” American Academic & Scholarly Research Journal, Volume/Issue:Vol. 6, No. 4, diakses pada tanggal 20 Juni 2020 melalui (https://www.questia.com/library/journal/)

. 5). Rizki Nurislaminingsih, 2020, “Layanan Pengetahuan tentang Covid-19 di Lembaga Informasi”, Tik Ilmeu : Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi , Vol.4, No.1, 2020, IAIN Curup , diakses padatanggal 20 Juni 2020 melalui(file:///C:/Users/WINDOWS7/ Down loads/1468-6929-1-PB.pdf)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Luthfi Parinduri, Suhardi Napid

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK)

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/semnastek
Email: p.ilmiah@ft.uisu.ac.id

Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License