PERENCANAAN KEBUTUHAN BAHAN BAKU DI PABRIK BATU BATA PT.AGUNG PRIMA LESTARI PERBAUNGAN DENGAN METODE MRP

Abdullah Syam

Abstract


PT. Agung Prima Lestari bergerak dalam bidang produksi batu bata dan memiliki permasalahan pada perencanaan persediaan bahan bakunya. Setelah pengamatan langsung dan mendapatkan data permintaan batu bata tahun 2018, struktur produk dan bill of material dari ketiga bahan baku pembuatan batu bata maka peneliti melakukan peramalan produksi untuk tahun 2019 dengan metode single exponential smoothing dan melakukan perhitungan net requirement, planned order released, planned order received dan project available balance menggunakan tabel MRP sehingga diketahui kebutuhan material untuk membuat batu bata pada setiap periode di tahun 2019, yakni dengan memperhatikan planned order released-nya.Padadasarnyaperencanaan produksi adalah upaya untuk menjabarkan hasil peramalan menjadi rencana produksi yang layak dilakukan dalam bentuk jadwal induk produksi.

Dalam perencanaanindukproduksiinidipengaruhiolehkapasitaspabrikdanpersediaan serta jumlah kebutuhan produksi yang semuanya dapat membantu untuk mengetahui besarnya target produksi yang akandatang.


Full Text:

PDF

References


. Assauri, Sofyan, 1999, Manajemen Produksi dan Operasi, Edisi Revisi, Lembaga penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta.

. Baroto,T, 2002, Perencanaan dan Pengendalian Produksi, Edisi 1, Ghalia Indonesia, Jakarta.

. Chandra Herry P, Harry Padmadjaya, 2001, Aplikasi Material Requirement Planning Untuk Mengendalikan Investasi Pengadaan Material pada PT JHS Pilling System Universitas Kristen Petra, Surabaya.

. Darise Firda, 2011, Pengendalian Bahan Proyek Pembangunan dengan Metode MRP (Studi Kasus: Rumah Tinggal Dua Lantai), Sam Ratulangi University, Manado.

. Mandagi J. M. Robert, 2010, Bahan Ajar Analisa Sistem, Fakultas Teknik Universitas Sam Ratulangi, Manado.

. Tarore Huibert, Mandagi J.M. Robert, 2006, Sistem Manajemen Proyek Dan Konstruksi (SIMPROKON), JTS Fakultas Teknik Universitas Sam Ratulangi, Manado.

. http://wibisono.blog.uns.ac.id/metodepenentuan-lotting-dalam-mrp/l5Februari2013.

. http://www.mococorner.com/materia1requirement-planning-mrp/#more-67402 September20l4 http://down1oadkemanx. b1ogspot.com/2011/06/metode-heuristik-silver-meal.htm1 27 Oktober 2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Abdullah Syam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK)

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/semnastek
Email: p.ilmiah@ft.uisu.ac.id

Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License