PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN APOTEK RF BANDUNG

Suharyanto Suharyanto, R.Lisye Herlina, Jentot Tugiono

Abstract


Aspek kualitas pelayanan (service quality) dan harga (price) menjadi hal penting bagi pasien atau keuarga pasien dalam menentukan pembelian obat di suatu apotek. Begitu juga dengan pasien (pelanggan) apotek RF Farma Ciwidey Kabupaten Bandung. Apotek RF didirikan pada awal tahun 1990an dengan karyawan saat itu hanya 4 orang.  Sampai saat ini apotek RF berkembang cukup pesat dengan dua cabang, memiliki pelanggan yang loyal sejak dahulu. Sebagai usaha jasa, pengelola opotek RF berusaha memberikan pelayanan yang memuaskan dan harga obat yang kompetitif terhadap pelanggan. Artikel ini membahas bagaimana tanggapan pelanggan atas kualitas pelayanan dan harga obat yang dirasakan dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan apotek RF Farma. Sampel data digunakan sebanyak 70 sampel, dengan metode sampling acak, yang berasal dari pelanggan bulan April-Mei 2021. Hubungan kualitas pelayanan dan harga terhadap loyalitas pelanggan dianalisis dengan model regresi linier  ganda. Hasilnya menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan harga mempengaruhi kepuasan pelanggan secara individual maupun secara bersamaan. Hasil persamaan regresi berupa  Y=0,308X1+0,624X2+2,93.


Keywords


Kualitas Pelayanan; Harga; Kepuasan Pelanggan

Full Text:

PDF

References


Aswad, Syaiful, Realize dan Wangdra, Ronald. 2018. Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Air Bersih Masyarakat Kampung Air Batam Center. Jurnal JIM UPB Vol 6 No.2 2018.

Ghazali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariat dengan program SPSS 19. BPFE Undip, Semarang.

Harsanto, L. Fazari, Hidayat, Wahyu. Pengaruh kualitas Produk, Harga dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian (Pada UKM Martabak Mas Ipung di Perum. Plamongan Indah Semarang). Jurnal Administrasi Bisnis Undip.

Haryoko, Ugeng Budi, Pasaribu Veta L dan Ardiansyah. 2020. Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Firman Dekorasi. Jurnal Point, Vol 2 No 1, Juni 2020.

Heizer, Jay dan Render, Barry. 2008. Operations Management. 9th ed. Pearson International Education. New Jersey

Kotler, Philip dan Amstrong. 2001. Prinisp-prinsip Pemasaran, edisi ke delapan. Jakarta Erlangga.

Pradipta, Farruk R., Nurhidayati, Rini dan Wening, Nur. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Jasa Apotek Fitri Temanggung. Jurnal Manajemen Vol. 9. No. 2 2019 hal 283-290.

Prananda, Yanda, Lucitasari, Dyah R. dan Khannan, MS. Abdul. 2019. Penerapan Metode Servqual untuk Peningkatan Kualitas Pelayanan Pelanggan. Jurnal OPSI, Vol 12 No.1 Juni 2019.

Sugiono, 2006. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Alfabeta, Bandung:.

Sugiono, 2017. Statistik Untuk Penelitian. Penerbit Alfabeta, Bandung:.

Sunanto. Pengaruh Penetapan Harga dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Apotek SunFarma Tangerang Selatan. Jurnal Inovasi, ISSN 2356-2005.

Utari, Woro. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan Harga, Varian Obat dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pelanggan Apotek Yakersuda, Jurnal Neo-Bis Vol 8 No. 2 2014


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Suharyanto Suharyanto, R.Lisye Herlina, Jentot Tugiono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK)

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/semnastek
Email: p.ilmiah@ft.uisu.ac.id

Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License