EVALUASI KEHILANGAN MINYAK PADA PROSES PENGOLAHAN CRUDE PALM OIL DENGAN METODE STATISTICAL PROCESS CONTROL

Luthfi Parinduri, Abdurrozzaq Hasibuan, Armando Romadona

Abstract


Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana perbandingan rata-rata kehilangan minyak terhadap kondisi normal perusahaan dan berapakah kehilangan minyak yang melebihi standar perusahaan selama  November 2020 sampai Januari 2021. Bagaimana batas kendali kehilangan minyak pada periode yang sama. Apa saja faktor-faktor penyebab terjadinya oil losses sehingga rendemen dapat ditingkatkan.  Jenis penelitian ini adalah merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk menjelaskan fenomena yang ada dengan menggunakan angka-angka untuk menggambarkan karakteristik individu atau kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Setelah dilakukan pengolahan data,  diketahui bahwa  selama  November 2020 sampai Januari 2021. Rata-rata kehilangan minyak dari tandan kosong sebesar 2,71% lebih tinggi dibandingkan dengan kndisi normal perusahaan yaitu sebesar 2,55% didapatkan selisih sebesar 0,15%.  Rata-rata kehilangan minyak dari press sebesar 4,04% lebih rendah di bandingkan dengan norma perusahaan dimana oil losses sebesar 4,45% dan dan di dapatkan selisih 0,41%. Rata-rata kehilangan minyak dari Faffit sebesar 0,42% dan normal perusahaan sebesar 0,50% dan memiliki selisih 0,07%.  Diagram sebeb akibat menunjukkan bahwa kehilangan minyak pada saat pengolahan CPO dapat disebabkan oleh  factor manusia,  mesin,  material maupun metode yang digunakan ataupun proses pengolahannya yang masih perlu diteliti lebih lanjut


Keywords


Kehilangan Minyak; Crude Palm Oil; Statistical Process Control

Full Text:

PDF

References


Clau, Millenia, 2017, Kelapa Sawit, www.Artikel Kelapa Sawit.

Daniel, Alfin, dkk, 2008, Jurnal Quality Engineering, http://qualityengineering. wordpress. com/2008/06/29. statistical-process-control-spc/.

Kata Data, 10 Negara dengan Konsumsi Minyak Sawit Terbesar Dunia, indexmundi, Nov 2019, https://databoks. katadata.co.id /datapublish /2019/12/16/10-negara-dengan-konsumsi-minyak-sawit-terbesar-dunia

D. Vera, Murwiji, 2014, Analisis Kehilangan Minyak pada Crude Palm Oil (CPO) dengan Menggunakan Metode Statistical Prosess Control, Jakarta.

D. Vera.dkk, 2016, Pengendalian Kualitas Kertas dengan Mengguakan Statistical Process Control di Paper achine 3, Jakarta.

G. Rika, dkk., 2015, Analisis Pengendalian Kualitas Produk Bakery Box Menggunakan Metode Statistical Process Control (SPC), Universitas Diponegoro, Semarang.

Helia, Tri Maiyuni, 2018, Skripsi : Analisis Kehilangan Minyak (Oil Losses) Pada Proses Pengolahan Cpo (Crude Palm Oil) Dengan Metode Spc (Statistical Proces Control) Studi Kasus Di PT.Pabrik Nusantara (Ptpn) 6 Solok Selatan”, Padang : STTIND Padang.

K. Ryo, 2014, Belajar Tentang CPO, http://belajartentang CPO.htm.

M. Mufrida, dkk, 2017, Analisis pengendalian Kualitas pada Produk SMS (Sumber Minum Sehat) dengan Metode Statistical Process Control (SPC), Universitas Putra Indonesia, Padang.

Zagloel, & Nurcahyo. TQM, 2013, Manajemen Kualitas Total dalam Perspektif Teknik Industri. Jakarta: PT. Indeks.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Luthfi Parinduri, Abdurrozzaq Hasibuan, Armando Romadona

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK)

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/semnastek
Email: p.ilmiah@ft.uisu.ac.id

Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License