ANALISIS DATA MAHASISWA UNTUK MENDUKUNG STRATEGI PROMOSI PADA UNIVERSITAS MEDAN AREA MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS CLUSTERING

M. Rishakim Marajari, Khairuddin Nasution, Tasliyah Haramaini

Abstract


Data mining merupakan proses analisa data untuk menemukan suatu pola dari kumpulan data tersebut. Data mining mampu menganalisa data yang besar menjadi informasi berupa pola yang mempunyai arti bagi pengambil keputusan. Dalam penelitian ini yang akan dibahas adalah mengenai implementasi data mining untuk mendukung strategi promosi pada Universitas Medan Area. Salah satu langkah yang dapat dilakukan untuk meningkatkan jumlah mahasiswa baru adalah dengan memanfaatkan data mahasiswa diintegrasikan dengan teknik data mining sehingga menghasilkan kesimpulan. Kesimpulan tersebut dapat digunakan untuk pengambilan keputusan dalam menentukan wilayah promosi yang tepat sasaran. Pengolahan data mahasiswa seharusnya dilakukan agar dapat menentukan wilayah promosi yang tepat sasaran sehingga dapat meningkatkan jumlah mahasiswa pada tahun berikutnya. Salah satu teknik yang ada pada data mining adalah clustering. Pada penelitian ini akan dibahas teknik clustering yang diterapkan untuk menemukan pola yang terjadi pada data-data mahasiswa yang ada di Universitas Medan Area terutama hal yang berkaitan dengan strategi promosi. Teknik clustering yang akan digunakan adalah K-Means Clustering. Metode ini dipilih karena mampu membuat suatu hasil pengelompokkan dengan memanfaatkan data-data mahasiswa yang sudah ada untuk mendukung strategi promosi. Sehingga dapat dihasilkan suatu pola hubungan antara atribut-atribut yang mendukung strategi promosi tersebut. Metode K-Means Clustering ini bertujuan untuk membuat hasil pengelompokkan terbaik berdasarkan atribut-atribut yang ada

Keywords


Data Mining; K-Means Clustering; Strategi; Promosi

Full Text:

PDF

References


Agustina, Silvia, dkk, 2016, Clustering Kualitas Beras Berdasarkan Ciri Fisik Menggunakan Metode K-Means, J. Informatika dan Teknologi, vol. 2, no. 2.

Estri, Beta, dkk, 2018, Analisis Segmentasi Pelanggan Menggunakan Kombinasi RFM Model dan Teknik Clustering, J. JUTEI, vol.2, no.1.

Heriyanto, Yunahar, 2018, Perancangan Sistem Informasi Rental Mobil Berbasis Web Pada PT.APM Rent Car, J. Intra-Tech, vol. 2, no. 2, pp. 64–77.

Iswandy, Eka, 2016, Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Penagihan Purchasing Order Customer Studi Kasus Pada Cv. Vertical Cipta Relasi Padang Dengan Metode Centralized Data Processing, J. TEKNOIF, vol. 4, no. Oktober, p. 14.

Mega, Windha, 2015, Clustering Menggunakan Metode K-Means Untuk Menentukan Status Gizi Balita, Jurnal Informatika., vol. 15, no. 2.

Santoso dan R. Nurmalina, 2017, Perencanaan dan Pengembangan Aplikasi Absensi Mahasiswa Menggunakan Smart Card Guna Pengembangan Kampus Cerdas (Studi Kasus Politeknik Negeri Tanah Laut), J. Integr., vol. 9, no. 1, pp. 84–91.

Suendri, 2018, Implementasi Diagram UML (Unified Modelling Language) Pada Perancangan Sistem Informasi Remunerasi Dosen Dengan Database Oracle (Studi Kasus: UIN Sumatera Utara Medan), J. Ilmu Komput. dan Inform., vol. 3, no. 1, pp. 1–9.

Sulistyowati, dkk, 2018, Analisa Segmentasi Konsumen Menggunakan Algoritma K-Means Clustering, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya.

Tofik Isa dan G. P. Hartawan, 2017, Perancangan Aplikasi Koperasi Simpan Pinjam Berbasis Web (Studi Kasus Koperasi Mitra Setia), J. Ilm. Ilmu Ekon., vol. 5, no. 10, pp. 139–151.

Yahya dan Mahfuz, 2019, Penggunaan Algoritma K-Means Untuk Menganalisis Pelanggan Potensial Pada Dealer SPS Motor Honda Lombok Timur Nusa Tenggara Barat, J. Informatika dan Teknologi, vol. 2, no. 2.

Yanto, Robi dan R. Khoiriah, 2017, Implementasi Data Mining dengan Metode Algoritma Apriori dalam Menentukan Pola Pembelian Obat, Creat. Inf. Technol. J., vol. 2, no. 2, p. 102.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 M. Rishakim Marajari, Khairuddin Nasution, Tasliyah Haramaini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK)

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/semnastek
Email: p.ilmiah@ft.uisu.ac.id

Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License