ANALISIS TINGKAT PELAYANAN DERMAGA PELABUHAN PENUMPANG TELUK NIBUNG ASAHAN, TANJUNG BALAI SUMATERA UTARA

Zurkiyah Zurkiyah, Sri Asfiati

Abstract


Pelabuhan laut berperan besar dalam pencapaian sistem transportasi keairan yang efektif danefisien. Untuk tercapainya sistem yang efektif dan efesien sangat dipengaruhi oleh kinerja dantingkat pelayanan pelabuhan yang menghubungkan jaringan transportasi darat dan laut. Kinerjamaksimal dari pelabuhan tersebut hanya dapat dicapai jika pelabuhan tersebut didukung olehfasilitas yang memadai,sumber daya manusiayang profesional dan sistem manajemen yang baik. Pelabuhan Teluk Nibung di Tanjung Balai Asahan merupakan pelabuhan pendukung dari pelabuhan Belawan yang terletak di pesisir Timur Sumatera Utara danmenjadi pelabuhan terbuka untuk perdagangan luar negeri serta pelabuhan atau pulau-pulau disekitarnya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat pelayanan yangditinjau dari kapasitas sarana dan prasarana yang ada dan mendapatkan kebutuhan dermaga pelabuhan penumpang untuk lima tahun ke depan. Hasil ramalan untuk kebutuhan pelabuhan penumpang 5 tahun yang akan datangrata-rata kedatangan kapal dalam satu minggu sebanyak 1 kapal, yang mana panjang dermaga 67 m dan panjang kapal yaitu 30 mdan kebutuhan ruang terminal pelabuhan penumpang Teluk Nibung perlu adanya penambahan luasan yang semula 1555m2 menjadi 558,04 m2. Untuk kebutuhan parkir kendaraan antar/jemput memerlukan luasan yang semula 1075 menjadi 4.094 m2

Keywords


Dermaga; Pelabuhan; Sistem Pelayanan

Full Text:

PDF

References


Amalia Ayuningtias Devi, Purwaningsih Ratna, 2013, Penilaian Standar Kelayakan Pelayanan Penumpang Dan Fasilitas Di Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Semarang: Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro

Asrul,A H., 2019, Skripsi Analisis Tingkat Pelayanan Dermaga Angkutan Penumpang Pelabuhan Belawan. Medan : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Cintia, E., Purwanto, P. B., Hargono, S.,Sipil, D. T., Teknik, F., & Diponegoro,

U., 2019, Studi pelayanan pelabuhan batu ampar batam

Dajan, Anto., 2009. Pengantar Metode Statistika. ITB, Bandung.

Jembris Sagisolo, Theo K. Sendow, J. Longdong, Mecky R. E. Manoppo. Jurnal Analisis Tingkat Pelayanan Dermaga Pelabuhan Sorong

Kantor PT. (Persero) Pelabuhan Indonesia I. Cabang Pelabuhan Tanjung Balai Asahan.

Keputusan Menteri Perhubungan, KM52, 2004. Penyelenggaraan Pelabuhan Penyeberangan.

Muliadi, J. 1992. Diklat kuliah teknik pelabuhan Fakultas Teknik Sipil UNHAS dan Port development, UNCTAD 2009.

Oktaparizki, R., Fatimah, E., Magister, M., Sipil, T., Teknik, F., Kuala, U. S., … Kuala, U. S. 2018, Faktor Pengembangan Sarana Dan Prasarana Pelabuhan Penyeberangan Ulee Lheue

Rais, F. 2017. Skripsi Analisis tingkat pelayanan dermaga lokal pelabuhan tenau kupang. Malang : Universitaas Muhammadiyah Malang

Sinaga P Boyma, Daud Jeluddin 2014. Jurnal Kajian Berth Occupation Ratio di Dermaga Pelabuhan Penyeberangan Sibolga kaitannya dengan Perkembangan pelabuhan. Medan : Departemen Teknik Sipil, Universitas Sumatera Utara.

Suparsa, I. G. P. 2009, Optmasi Kinrja Pelabuhan Pyeberagan Ketapang – Giimanuk

Susetyo, Budi., 2010. Statistika untuk Analisa Data, Jilid 1.

Triatmojo, Bambang, 1996 dan 2008. Perencanaan Pelabuhan, Beta Offset, Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Zurkiyah Zurkiyah, Sri Asfiati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK)

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/semnastek
Email: p.ilmiah@ft.uisu.ac.id

Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License