IMPLEMENTASI OPTIMASI QUEUE TREE DAN PERCONNECTION QUEUE UNTUK MEMPEROLEH NILAI ICMP BERSTANDART (TIPHON)

Babang Babang, Khairuddin Nasution, Oris Krianto Sulaiman

Abstract


Dalam sebuah jaringan internet terdapat kualitas layanan yang diberikan kepada penggunanya. Dari berbagai layanan yang diberikan ada yang baik ada pula yang tidak. Tidak sedikit dalam sebuah jaringan internet banyak pengguna yang mengeluh dengan memperoleh nilai bandwidth yang lemah, saling tumpang tindih dan banyak lagi. Sehingga pengguna jaringan internet tidak merasa kenyamanan bandwidth yang baik Hal ini merupakan dampak yang seharusnya di minimalisir, untuk meminimalisir hal tersebut dibutuhkan suatu metode tertentu, metode yang digunakan adalah mengkombinasikan metode queue tree dan per connection queue (PCQ) metode ini menghasilkan layanan internet lebih komleks, terstruktur, sama rata dan stabil. Disamping itu nilai yang diperoleh dalam pengujian pada skripsi ini adalah nilai dari ICMP (Internet Control Message Protocol) dan memenuhi standart TIPHON (Telecommunications and Internet Protocol Harmonization Over Networks) baik troughput, delay, jitter dan packet loss. Pengujian yang dilakukan merupakan hasil dari virtual mandiri mengunakan router mikrotik dan beberapa fakultas di lingkungan UISU

Keywords


Layanan Internet; Parameter Uji; ICMP; TIPHON

Full Text:

PDF

References


Adriant, M.F & Mardianto, I. 2015. Implementasi Wireshark untuk Penyadapan (Sniffing) Paket Data Jaringan. Seminar Nasional Cendekiawan 2015. pp : 224-228.

Al-Ghozali. S & Nestafu. B.S., 2019, Desain dan Implementasi Firewall dengan Metode Layer 7 Filter Berbasis Mikrotik Pada Jaringan Teknik Elektro. Academia.edu. (diakses 24 Mei 2019).

Fahmi, H., 2018. Analisis QOS (Quality Of Service) pengukuran delay, jitter, packet lost dan throughput untuk mendapatkan kualitas kerja radio streaming yang baik. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikas. Vol. 7 No. 2 Desember 2018. pp : 98-105.

Hadi, S & Wibowo, R., 2019, Implementasi Manajemen Bandwidth Menggunakan Queue Tree Pada Universitas Semarang. Pengembangan Rekayasa dan Teknologi, Vol 15, No. 2, Desember 2019, pp 112-117.

Ilham, D.N., 2018, Implementasi Metode Simple Queue dan Queue Tree untuk Optimasi Manajemen Bandwidth Jaringan Komputer di Politeknik Aceh Selatan. Jurnal Manajemen Informatika & Komputerisasi Akuntansi. Vol. 2 No. 1 April 2018. pp : 43-50.

Kusbandono, H & Syafitri, E.M. 2019. Penerapan Quality Of Service (QoS) dengan Metode PCQ untuk Manajemen Bandwidth Internet pada WLAN Politeknik Negeri Madiun. Journal of Computer, information system, & technology management. Vol. 2, No. 1. April 2019. pp : 7-12.

Mirsantoso, Kalsum, T.U & Supardi, 2015. Implementasi dan Analisa Per Connection Queue (PCQ) Sebagai Kontrol Penggunaan Internet pada Laboratorium Komputer. Jurnal Media Infotama. Vol. 11 No. 2, September 2015. pp : 139-148.

Oktaviani, 2007, Mengenal Sistem Firewall. (diakses 22 Maret 2020).

Sihombing, R.O.L & Zulfin, M., 2013, Analisis Kinerja Trafik Web Browser dengan Wireshark Network Protocol Analyzer pada Sistem Client-Server. SINGUDA ENSIKOM. VOL. 2 NO. 3 Juni 2013. pp : 96-101.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Babang Babang, Khairuddin Nasution, Oris Krianto Sulaiman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK)

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/semnastek
Email: p.ilmiah@ft.uisu.ac.id

Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License