ANALISA HEAT TREATMENT TERHADAP KEKUATAN UJI IMPACT ALUMINIUM 5083 TAHUN 2021

Piktor Abadi Hutagaol, Junaidi Junaidi, Fadly A Kurniawan

Abstract


Aluminium termasuk golongan IIIA pada unsur kimia sistem periodik unsur, denganlurutanxatomx13 serta beban atomx26,98lgram. Udara bebasxpada Al retan teroksidasi membuat lapisan tipis oksidax(Al2O3) yang tahanxkorosi. Aluminiumxmemiliki karakter bisa bereaksi pada kandungan asam atau basa (Murtiyoso, et al., 2017). Secara umum perlakuan panas adalah perlakuan panas kepada material logam untuk memperolah sifat-sifat yang diinginkan, dengan jalan memanaskan sampai temperatur tertentu, kemudian dilakukan pendinginan ataupun penambahan unsur tertentu, sehingga diperoleh bentuk struktur mikro, kekerasan/ sifat yang diinginkan. Pengujian impact adalah suatu pengujian yang digunakan untuk menentukan sifat-sifat suatu material yang mendapatkan beban dinamis, sehingga dari pengujian ini dapat diketahui sifat ketangguhan suatu material baik dalam wujud liat maupun ulet serta getas. Pada metode ini pengujian tumbuk dengan meletakan posisi spesimen uji pada tumpuan dengan posisi horizontal/mendatar, dan arah pembebanan berlawanan dengan arah tarikan.  Tujuan Penelitian, Untuk memperoleh kekuatan impact dengan suhu yang berbeda, Untuk Mengetahui sifat mekanis impact bahan spesimen sebelum dan sesudah di aging pada suhu 150ºC,300ºC dan 450ºC. Pengaruh variasi temperatur artificial pada proses age hardening terhadap perubahan tingkat kekerasan. Data Primer dari hasil pemeriksaan heat treatment terhadap kekuatan uji impact terhadap aluminium 5083 dilakukan di Politeknik Negeri Medan. Data sekunder diperoleh dari jurnal yang ada hubungannya dengan penelitian. Data objek yang telah diperoleh dianalisis menggunakan Metode Charpy. Dari hasil yang diperoleh dengan media pendingin udara pada saat penelitian aluminium dengan media pendinginan udara dengan tingkat panas yang berbeda dengan suhu 150ºC aluminium patah dan suhu 300ºC dan 450ºC tidak patah. Dari hasil yang diperoleh diatas dengan media pendinginan air dengan tingkat panas yang berbeda dengan suhu 150ºC dan 300ºC aluminium patah dan 450ºC tidak patah. Dari hasil yang diperoleh diatas dengan media pendinginan oli dengan tingkat panas yang berbeda dengan suhu 150ºC, 300ºC patah dan 450ºC tidak patah.


Keywords


Aluminium 5083; Heat Treatment dan Kekuatan; Uji Impact

Full Text:

PDF

References


S. Hestukoro, T. Siagian, A. Bukhori, I. Roza, and I. Siregar, Characteristics of Silicon Aluminum Material Based on Fracture Period In Torque Test.

S. Hestukoro, T. Siagian, A. Bakhori, and I. Siregar, Analysis Characteristics of Silicon Aluminum Material Based on Fracture Period In Torque Test.

A. K. Poppy Puspitasari, Analisis Hasil Pengecoran Logam Al-Si Menggunakan Lumpur Lapindo Sebagai Pengikat Pasir Cetak,” J. Tek. MESIN, vol. 22, no. 2, pp. 1–11.

Junaidi, 2020, Working PROCEss of TU 3a CNC Frais Machine Using Software System, Int. J. Eng. Technol., vol. 9, no. 3, pp. 658–664.

Junaidi, 2010, Modul Pratikum Proses Perlakuan Panas, 1st ed. MEDAN: Sekolah TinggiTeknik Harapan (STTH) Medan.

Kusuma Andar, 2013, Proses Perlakuan Panas Pada Logam.

Purnomo, 2010, Pengaruh Perlakuan Tempering Terhadap Kekerasan Dan Kekuatan Impac Baja Jis G 4051 S15 C Sebagai Bahan Kontruksi”, Traksi, Vol.10, no.1 Juni.

Perdana Hadi Andinnie, Pengaruh Temperatur Dan Waktu Tahan Tempering Terhadap Kekerasan, Struktur Mikro Dan Laju Korosi Pada Baja Tahan Karat, Martensitik 13Cr3Mo3Ni

Rukino, Analisis Pengaruh Heat Treatment Terhadap Sifat Fisis Dan Mekanik Paduan Aluminium Al-Si-Cu


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Piktor Abadi Hutagaol, Junaidi Junaidi, Fadly A Kurniawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK)

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/semnastek
Email: p.ilmiah@ft.uisu.ac.id

Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License