MODEL TARIKAN PERGERAKAN PADA PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT (PUSKESMAS) DI WILAYAH DELI SERDANG

Irma Dewi, Sri Asfiati, Inriyani Inriyani

Abstract


Puskesmas merupakan salah satu fasilitas jenis tata guna lahan yang mempunyai daya tarik tersendiri bagi masyarakat yang ingin berobat. Selain biayanya yang lebih murah dibanding rumah sakit, fasilitasnya juga menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan, dan gawat darurat. Penelitian ini dilakukan untuk membuat model yang dapat digunakan untuk memperkirakan besar tarikan pergerakan ke puskesmas serta untuk mengetahui tingkat validitas dari model tersebut berdasarkan nilai koefisien determinasi. Pengambilan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara menghitung jumlah pergerakan kendaraan yang memasuki area parkir puskesmas, dan mencatat beberapa data dari karakteristik tata guna lahan dan jumlah pegawai. Analisis model dilakukan dengan analisis model regresi linear berganda metode stepwise dan enter dengan menggunakan software IBM SPSS. Model terbaik tarikan pergerakan kendaraan di puskesmas wilayah Deli Serdang adalah model dari metode stepwise dengan tarikan kendaraan (Y) sebesar nilai konstanta 6,309 ditambah koefisien arah variabel bebas (luas bangunan) 0,006. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel yang paling mempengaruhi adalah luas bangunan. Dengan pengaruh  semakin besar nilai variabel bebas (luas bangunan) maka semakin besar pula tarikan pergerakan kendaraan yang terjadi. Tingkat validitas pada model berdasarkan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,960; sehingga persamaan regresi yang dihasilkan baik untuk mengestimasi nilai variabel terikat.


Keywords


Tarikan Pergerakan; Puskesmas; Daya Tarik

Full Text:

PDF

References


. Aditya Mahindera Putra.2013. Analisis Model Tarikan Pergerakan pada Universitas Surakarta. Jurnal.Jurusan Teknik Sipil- Universitas Sebelas Maret. Surakarta

. Alfi Samannur.2017, Model Tarikan Pergerakan Sepeda Motor pada Pusat Perbelanjaan (Studi Kasus di Kota Banda Aceh).Jurnal. Jurusan Teknik Sipil-Universitas Syiah Kuala.Banda Aceh.

. Azwar, Azrul. 1996. Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan.Jakarta:Sinar harapan

. Bina Marga.1997.Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI).Jakarta.

. Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

. Khisty C. Jotin, B Kent Lall.2005. Dasar- dasar Rekayasa Transportasi.Jakarta: Erlangga.

. Kholisoh, Luluk.1996. Statistik dan Probabilitas (Edisi 1).Jakarta: Guna Darma.

. Sukirman,Silvia.1997.Dasar-dasar Perencanaan Geometrik Jalan Bandung: Nova.

. Tamin, Ofyar Z. 2003. Perencanaan dan Pemodelan Transportasi (Edisi 2). Bandung:ITB.

Robin Pantas Halomoan. 2009. Pemodelan Tarikan Pergerakan pada Profil Hotel Berbintang di Daerah Surakarta.Skripsi. Fakultas Teknik Jurusan Teknik Sipil Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Wells, GR. 1993. Rekayasa Lalu lintas. Jakarta: Bhratara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Irma Dewi, Sri Asfiati, Inriyani Inriyani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK)

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/semnastek
Email: p.ilmiah@ft.uisu.ac.id

Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License