POLA PELAYANAN PELABUHAN PENYEBERANGAN ACEH SINGKIL – SIMEULUE

Zurkiyah Zurkiyah, Tri Rahayu, Riki Wahyuni Rahmad

Abstract


Pelabuhan adalahsalah satu subsistem transportasi air yang merupakantitik atau node dimana pergerakan penumpang atau barang dengan menggunakan moda laut dimulai, diakhiri ataupun transit. Pelabuhan berperan besar dalam mencapai sistem transportasi air (laut) yang efesien dan efektif, maka untuk mencapai itu semua sangat dipengaruhi oleh kinerja dan polapelayanan pelabuhan yang menghubungkan jaringan transportasi darat dan transportasi air. Kinerja yang maksimal dari suatu pelabuhan bisa tercapai jika pelabuhan tersebut didukung oleh sumber daya manusia yang professional, sarana dan prasarana yang memadai dan sistem managemen yang baik. Pelabuhan PenyeberanganAceh Singkil adalah pelabuhan pendukung menuju Kabupaten Simeulue sehingga perlu dilakukan penganalisaan terhadap kapasitas infrastruktur, sarana dan prasarana yang ada. Apakah masih layak untuk menampung jumlah penumpang maupun kapal pada saat ini dan pada masa yang akan datang.Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pola pelayanan Pelabuhan penyeberangan Aceh Singkil kekepulauanSimeleueditinjau dari kapasitas sarana dan prasarana yang ada dan untuk mengetahui prediksi polapelayanan yang dilakukan pada kebutuhan fasilitas sarana/prasarana pelabuhan Aceh Singkil dengan secara analitis. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui daya tampung Terminal Pelabuhan Aceh Singkil pada saatini adalah seluas 110 m2, untuk kapasitas lahan parkir Pelabuhan Aceh Singkil hanya mampu menampung 140 m2, Prediksi kebutuhan fasilitas sarana dan prasarana dermaga pelabuhan Aceh Singkil untuk tahun 2022 membutuhkan peningkatan, kebutuhan terminal yang diperlukan adalah seluas 561,15m2, dan untuk area lahan parkir kapasitas yang diperlukan adalahseluas 501,4 m2


Keywords


Pelabuhan; Transportasi Laut; Pola Pelayanan

Full Text:

PDF

References


. Diana Puspita Sari, 2020, Analisis Tingkat Pelayanan Dermaga AngkutanPenumpang Pelabuhan Teluk Nibung.

. Iqbal, Hasan, 2002, Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya.

. Larasati,O,D, 2019, Evaluasi Tingkat Pelayanan Dermaga Bongkar Muat Barang Pada Pelabuhan Pangkalan Belawan Lama.

. Moenir, H.A.S, 2002, Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, Jakarta, Bumi Aksara.

. Moleong, J. Lexy, 2002, Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya, Bandung.

. Parahita, N,A, dkk., 2021, Analisis Kinerja Dan Kebutuhan Fasilitas Pelabuhan Penyeberangan Padangbay, Jurnal Spektran Vol. 9, No. 2, Juli 2021, Hal. 95 - 106 e-ISSN: 2302-2590.

. R.P Suyono, 2003, Shipping Pengangkutan Intermodal Ekspor Impor melalui laut, Seri Bisnis Internasional No.6, PPM, Jakarta.

. Syafrina Anggreini Siregar, 2020, Evaluasi Kinerja Operasional Pelabuhan Teluk Nibung (Studi Kasus : Pelabuhan Teluk Nibung, Tanjung Balai Sumatera Utara)

. Suranto, 2004, Manajemen Operasional Angkutan Laut dan Kepelabuhan serta Prosedur Impor Barang, PT.Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

. PT. Ghalia Indonesia. Jakarta. J.Supranto, 2001, Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan, Rineka Cipta,Yogyakarta.

. Tenri, AA dan Ani Murlina, 2007, Perencanaan Dermaga Kapal Barang Di Pelabuhan Tegal. Fakultas Teknik Universitas Diponegoro. www. eprints.undip.ac.id, diunduh 13 April 2016.

. Dr. Johny Malisan, DESS, 2017, Analisis Tingkat Pelayanan Terminal Penumpang Pelabuhan Balikpapan, Jurnal Penelitian Transportasi Laut 19 76-87,:pISSN 1411-0504 / eISSN 2548-4087


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Zurkiyah Zurkiyah, Tri Rahayu, Riki Wahyuni Rahmad

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK)

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/semnastek
Email: p.ilmiah@ft.uisu.ac.id

Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License