ANALISIS DAN PENYELESAIAN DAMPAK HIGH VIBRATION MOTOR DEMINERALIZED WATER TANK PADA SHAFT MOTOR

Andre Waskito, Junaidi Junaidi, Din Aswan Amran Ritonga

Abstract


Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Labuhan Angin Sibolga merupakan salah satu pembangkit yang dapat menghasilkan energy listrik sebesar 2 x 115 MW untuk menyuplai daerah sumatera bagian utara. PLTU Labuhan Angin Sumatera Utara ini terdiri dari berbagai komponen utama dan komponen bantu /pendukung yang keberadaannyajugapenting di PLTU adalah Motor Demineralized Water Tank. Motor Demineralized Water Tank merupakan alat bantu sebagai pendorong air padasaat proses pengolahan air bakumenjadi air proses (bebas mineral/demineral). Siklus ini bekerja pada kondisi tekanan dan temperatur yang tinggi. Oleh karena itu harus diolah mengikuti prosedur dan persyaratan yang sesuai dengan kriteria agar tidak mengalami misalignment yang merupakan penyebab utama terjadinya getaran selain dari unbalance. Unbalance dapat diakibatkan oleh beberapa factor diantaranya human errord an bending. Penelitian ini dilakukan secara eksperimen dengan mendapatkan data sekunder yang merupakan komputasi data dari mesin balancing. Dari hasil penelitian ini setelah dikoreksi didapat kanplane 1 sebesar 102 mg dengan sudut 188 dan pada plane 2 didapatkan 74,5 mg dengansudut 219. Maksud dari kata plane pada hasil penelitian ini yaitu bidang atau sisi pada shaft motor.


Keywords


High Vibration; Unbalance; Motor Demineralized Water Tank

Full Text:

PDF

References


. Arikunto, & Suharsimi. 2017. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

. Endriatno, N.-. 2021. Analisis Getaran Akibat Massa Yang Tidak Seimbang Pada Motor Yang Berputar. Dinamika :Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, 12(2).

. Hery E. Permana, Ikhwansyah Isranuri, M. Sabri, Mahadi, & Dian M. Nasution. 2019. Analisa Data Vibrasi Untuk Klasifikasi Kerusakan Kompressor Turbin Gas Pada PT. PLN Sektor Pembangkitan Belawan. Dinamis, 7(4).

. Pasra, N., & Hakim, F. 2015. Pengeperasian Water Treatment Plant Di PT. PJB Unit Pembangkitan Paiton. Jurnal Energi dan Kelistrikan, 7(1,41-48).

. Saputro, B. 2017. Analisis Keandalan Generator Set Sebagai Power Supply Darurat Apabila Power Supply Dari Pln Mendadak Padam Di Morodadi Poultry Shop Blitar. JurnalQuaTeknika, 7(2).

. Soedojo, P. 1988. A Theory On The Transport And Distribution Of Radon. In Modeling Of Volcanic Processes.

. Suryadi, D., &Vetrano, M. 2018. Identifikasi Unbalance Dan Metode Balancing Pada Rotor Tunggal DenganMenggunakan Digital Signal Analyzer ( Dsa ). Senitia, January, 262–266.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Andre Waskito, Junaidi Junaidi, Din Aswan Amran Ritonga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK)

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/semnastek
Email: p.ilmiah@ft.uisu.ac.id

Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License