ANALISIS PENDAYAGUNAAN UPS 60 kVA PADA AIR TRAFFIC CONTROL DI BANDARA SULTAN THAHA-JAMBI

Hasdari Helmi Rangkuti, Yorris Maxwell

Abstract


Sistem navigasi lalu lintas udara merupakan bagian yang terpenting dalam penerbangan yang mana memiliki fungsi dalam mengatur jalannya lalu lintas udara antar pesawat dan bandara. Gedung operasi Air Traffic Control (ATC) adalah salah satu bagian  dalam sistem navigasi udara yang mana memerlukan suplai daya listrik tidak putus untuk menjalankan peralatan navigasi udara secara kontinyu, maka dari itu diperlukan suplai daya sementara yang dapat bekerja dengan cepat dan mampu memasok beban-beban kritis pada ATC, catu daya yang bekerja dengan cepat adalah Uninterruptible Power Supply (UPS). Oleh sebab itu, pada skripsi penelitian ini dilakukan pengukuran pada panel jaringan distribusi dan panel UPS serta melakukan sebanyak tiga skenario simulasi pada Electric Transient Analysis Program (ETAP) dengan menggunakan metode Load Flow Analysis. Dari simulasi yang dilakukan, didapat bahwa UPS mampu dalam menyuplai gedung operasi sebesar 0.153 MW ketika terjadinya pemutusan pada suplai daya utama dan generator terlihat pada skenario ketiga membangkitkan daya sebesar 0.06 MW dan total pembangkitan daya pada skenario ketiga sebesar 0.213MW.


Keywords


Jaringan Distribusi, Beban Kritis; Air Traffic Control (ATC); Uninterruptible Power Supply (UPS); Electric Transient Analysis Program (ETAP), Load Flow

Full Text:

PDF

References


N. Muranto, Atmam, and Z., Studi Peralihan Daya Listrik dari PLN ke Generator Set (Genset) Ketika Terjadi Pemadaman dari PLN dengan Uninterruptible Power Supply (UPS) Pada Hotel Grand Elite Pekanbaru, SainETIn, vol. 3, no. 1, pp. 9-16, Dec.2018.

Janakrani Wadhawan, Updesh Pandey, Mala Yadav, Amit Kumar Kesarwani, 2020, A Review on Power Quality Problems and Improvement Techniques, International Journal Of Engineering Research & Technology (Ijert) Encadems – 2020 (Volume 8 – Issue10),

Nyoman, S.I. 2014, Analisa Sistem Kelistrikan dan Sistem Back-Up pada Air Traffic Control (ATC) di Bandara Internasional Ngurah Rai- Bali, Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Udayana, Bali.

Prakarsa, Teguh Dwi. 2019. Studi Sistem Catu Daya Tidak Terputus Pada Unit Terminal Bandara Kuala Namu, Skripsi, Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara, Medan.

Nasution, Agus Almi. 2016. Reduksi Harmonisa Pada Uninterruptible Power Supply (Ups) Dengan Single Tuned Passive Filte R, Tesis, Magister Teknik Elektro Fakultas Teknik USU,Medan.

A. Lorenza, 2021. Analisis Sistem Kerja UPS (Uninterruptible Power Supply) Power Scale 200 kVA Terminal Bandara PT. Angkasa Pura II (Persero): Analysis Of The 200 Kva Power In UPS System at The Airport Terminal Of PT. Angkasa Pura II (Persero) , IJEERE, vol. 1, no. 1, pp. 13-20.

Rashid, M. H., 2004, Power Electronics, Circuit, Device and Application 3rd edition, Pearson Education, Inc.

Susanto, Eko. 2013, Automatic Transfer Switch (Suatu Tinjauan), Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang,Semarang.

Masykur, SJ . 2016, Analisis Sistem Tenaga Listrik. Medan. USU-Press.

Hadi Saadat, 1999, Power System Analysis. New York: McGraw-Hill.

Harten, Van, 1981, Setiawan. Instalasi Listrik Arus Kuat 1. Bandung. Bina Cipta.

Saat, 2011. Perancangan Sistem Automatic Transfer Switch Generator Set. Universitas Pamulang.Tangerang.

Susanti Indah, Rumiasih, Carlos RS, Anton Firmansyah, 2019, Analisa Penentuan Kapasitas Baterai Dan Pengisiannya Pada Mobil Listrik”. ELEKTRA, Vol.4, No.2, Juli.

Siswoyo, 2008,. Teknik Listrik Industri Jilid 1. Jakarta. Departemen Pendidikan Nasional.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Hasdari Helmi Rangkuti, Yorris Maxwell

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK)

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/semnastek
Email: p.ilmiah@ft.uisu.ac.id

Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License