PENGEMBANGAN STRATEGI MODEL BISNIS UMKM KAMPUNG BATIK PANGKALAN BRANDAN DENGAN MENGGUNAKAN BUSINESS MODEL CANVAS (BMC)

Wirda Novarika, Antoni Antoni, Yayang Kuintan

Abstract


Kegiatan penelitian ini bertujuan untuk membantu UMKM Batik Pangkalan Berandan dalam menyelesaikan permasalahan yang mereka hadapi dalam menjalankan usahanya secara efektif dan mencapai target. Beberapa masalah yang dihadapi antara lain permodalan, penurunan penjualan, distribusi, penurunan produksi, kesulitan bahan baku, dan kesulitan dalam menjual. Sehingga dalam kegiatan ini memberikan solusi yang tepat yaitu dengan menyusun Business Model Canvas (BMC) untuk menganalisa setiap blok pada BMC sehingga dapat diketahui permasalahan dan kekurangan yang harus dipenuhi. Business Model Canvass (BMC) merupakan salah satu kerangka yang dapat digunakan untuk memetakan sebuah model bisnis, yang terdiri dari 9 blok yaitu: customer segments, value propositions, channels, customer relationships, revenue streams, key resources, key activities, key partnerships, dan cost structure. UMKM Batik ini berada di Pangkalan Berandan Sumatera Utara. Dari hasil pemetaan model bisnis awal, didapatkan bahwa kurang terlihat keselarasan dalam model bisnis yang dijalankan oleh UMKM Batik di Pangkalan Berandan ini sehingga diidentifikasikan bahwa UMKM ini belum menjalankan usahanya dengan baik.


Keywords


Model Bbisnis; BMC; UMKM Batik

Full Text:

PDF

References


. Afuah, A. 2004. Business models: A Strategic Management Approach. McGraw-Hill/Irwin.

. Augier, M., & Teece, D. 2016. firm resources. The Palgrave Encyclopedia of Strategic Management.

. Davenport, T. H. 2006. Competing on analytics. Harvard Business Review, 84(1), 98.

. David, F. R. 2012. Strategic Management (Manajemen Strategis Konsep) Penerbit: Salemba Empat. Ja Arta.

. Johnson, M. W., & Lafley, A. G. 2010. Seizing the white space: Business Model Innovation For Growth And Renewal. Harvard Business Press.

. Linder, J. , & C. S. 2000. Changing Business Models: Surveying the Landscape. Linder, J., & Cantrell, S. (2000). Changing Business Models: Surveying the Landscape.

. Manajemen, P. P. M. 2012. Business Model Canvas: Penerapan di Indonesia. Penerbit PPM, Indonesia.

. Morris, M., Schindehutte, M., & Allen, J. 2005. The entrepreneur’s business model: toward a unified perspective. Journal of Business Research, 58(6), 726–735.

. Nugroho, A. 2020. Peran Akses E-Jurnal Internasional untuk Para Mahasiswa Selama masa Work from Home. JPUA: Jurnal Perpustakaan Universitas Airlangga: Media Informasi Dan Komunikasi Kepustakawanan, 10, 10. https://doi.org/10.20473/ jpua.v10i1.2020.10-17

. Osterwalder, A., & Pigneur, Y. 2004. An ontology for e-business models. Value Creation from E-Business Models, 1, 65–97.

. Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2010). Business Model Generation: Pedoman bagi para visioner, penggerak perubahan, dan pendobrak.

. Wind, Y., & Mahajan, V. 2002. Convergence marketing. Journal of Interactive Marketing, 16(2), 64–79.

. Zott, C., & Amit, R. 2013. The business model: A theoretically anchored robust construct for strategic analysis. Strategic Organization, 11(4), 403–411.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Wirda Novarika, Antoni Antoni, Yayang Kuintan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK)

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/semnastek
Email: p.ilmiah@ft.uisu.ac.id

Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License