KARAKTERISTIK SIFAT MEKANIK DAN TITIK LELEH CAMPURAN PARAFFIN WAX – SOY WAX

Is Prima Nanda, Adjar Pratoto, Jody Yudha Pratama

Abstract


Industri pengecoran logam terdapat banyak di Indonesia, beserta produk yang dihasilkan beragam seperti kembang loyang, komponen berbentuk rumit serta dimensi yang kecil. Salah satu industri pengecoran yang berada di Sungai Puar, Sumatera Barat dengan jenis Investment Casting. Pada industri cor Sungai Puar ini melakukan pengecoran kuningan dengan hasil produk cetakan kembang loyang dan masih banyak lainnya dengan menggunakan pola lilin berbahan lilin lebah, akan tetapi jika lilin lebah ini terkadang terhenti produksinya sehingga terganggu produksi pengecoran di Sungai Puar ini maka dari itu diperlukan penelitian penggunaan lilin kedelai sebagai pengganti alternatif saat lilin lebah terhenti produksinya. Pada penelitian ini mendapatkan sifat mekanik dan titik leleh  campuran lilin paraffin dan lilin kedelai yang akan di uji adalah lilin kedelai dengan presentase 0% , 15% , 25% , 35% dalam campuran lilin paraffin dan lilin kedelai, sifat mekanik yang didapatkan dengan pengujian tarik menggunakan uji tarik mini serta mendapatkan titik leleh dengan pengujian titik leleh menggunakan termokopel tipe K. Pengujian dilakukan dengan 3 spesimen tiap variasi sampel. Hasil pengolahan data didapatkan bahwa pada setiap penambahan lilin kedelai pada campuran lilin maka nilai kekuatan tarik , modulus eleastisitas serta titik leleh akan mengalami penurunan, nilai kekuatan tarik, modulus eleastisitas serta titik leleh yang tertinggi pada variasi sampel paraffin wax 100% dengan nilai kekuatan tarik 0,85 MPa, modulus elastisitas 71,16 MPa dan titik leleh sebesar 54,9 oC dan nilai kekuatan tarik , modulus elastisitas serta titik leleh yang terendah pada variasi sampel paraffin wax 65% dan soy wax 35% dengan nilai kekuatan tarik 0,334 MPa, modulus elastisitas 45,33 MPa dan titik leleh sebesar 51,7 oC.


Keywords


Pola Lilin; Lilin Paraffin; Soy wax

Full Text:

PDF

References


I. E. Fuadah and C. Anna, “Pengaruh penambahan tepung bekatul terhadap mutu organoleptik kue kembang goyang,” e-journal Boga, vol. 5, no. 3, pp. 18–26, 2016.

F. M. Rohman, S. Indra, and Soeharto, “Pengaruh Variasi Komposisi Serbuk Kayu Dengan Pengikat Semen Pada Pasir Cetak Terhadap Cacat Porositas Dan Kekasaran Permukaan Hasil Pengecoran Aluminium Alloy 6061,” J. Tek. Pomits, vol. 1, no. 2, pp. 4–8, 2014.

J. Willian D. Callister, Materials Science and Engineering : An Introduction, 9th ed. New York: John Wiley & Sons, Inc, 1988.

H. A. D. I. Chairi, “pola lilin invesment casting,” 2019.

S. R. S. serope Kalpakjian, Manufacturing Engineering and Technology, Seventh. Illinois Institute of Technology, 2009.

R. A. K. JT. Black, DeGarmo’s Materials and Processes in Manufacturing, Eleventh. United States of America: John Wiley & Sons, Inc, 2012.

N. S. Filhan, “pengaruh komposisi ceramic slurry terhadap nilai permeabilitas dan kualitas produk coran kuningan menggunakan investment casting di industri pengecoran sungai pua,” Universitas Andalas, 2020.

Y. Umardani, “Pemanfaatan Abu Vulkanik Gunung Kelud Sebagai Bahan Aditif Dalam Pembuatan Cetakan Pengecoran Logam,” Rotasi, vol. 17, no. 1, p. 52, 2015, doi: 10.14710/rotasi.17.1.52-56.

N. Rusli and Y. W. R. Rerung, “Formulasi Sediaan Lilin Aromaterapi Sebagai Anti Nyamuk Dari Minyak Atsiri Daun Nilam (Pogostemon cablin Benth) Kombinasi Minyak Atsiri Buah Jeruk Nipis (Citrus aurantifolia Swingle),” J. Mandala Pharmacon Indones., vol. 4, no. 1, pp. 68–73, 2018, doi: 10.35311/jmpi.v4i1.26.

S. Octariani, D. Mayasari, and A. M. Ramadhan, “Proceeding of Mulawarman Pharmaceuticals Conferences,” Proceeding Mulawarman Pharm. Conf., no. April 2021, pp. 135–138, 2021.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Is Prima Nanda, Adjar Pratoto, Jody Yudha Pratama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK)

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/semnastek
Email: p.ilmiah@ft.uisu.ac.id

Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License