ANALISA KEMAMPUAN PENGELASAN TERHADAP BEBAN IMPAK DAN TEKAN PADA BAJA C0.40-0.50%

Khairul Suhada, Muhammad Rafiq Yanhar

Abstract


Penelitian bertujuan mengetahui nilai kekuatan sambungan las pada besi mal Nako baja C40-50% dengan variasi kuat arus, mengetahui hasil pengelasan terbaik dengan memvariasikan kuat arusnya, mengetahui nilai kekerasan sambungan las.Adapun ruang lingkup penelitian adalah proses pengelasan dengan busur listrik elektroda terbungkus (SMAW) terhadap sambungan besi mal Nako  baja C40-50% kuat arus (80, 100, 120) Ampere, tegangan 20 Volt dan kecepatan pengelasan 10 mm/s, jenis kawat las memakai E 6013,Ø 2,5 x 350 mm, jenis besi mal dengan sisi 10 mm, posisi pengelasan secara Flat (datar) dengan sudut kawat saat penelasan 700, analisa kekuatan Impak untuk mengetahui kekuatan Impak sambungan las dan analisa kekerasan menggunakan Brinnel Test.Dari seluruh kegiatan peneltian maka dapatlah disimpulkan beberapa kesimpulan sebagai berikut: Energi yang paling rendah diserap pada pengujian impack adalah 4,996 Joule pada pengelasan dengan kuat arus 80 Ampere. Energi yang paling tinggi diserap pada pengujian impack adalah 11,52 Joule pada pengelasan dengan kuat arus 120 Ampere. Nilai pukulan takik terendah pada pengujian impack adalah 0.0499 Joule/mm2 yaitu pada kuat arus pengelasan 120 Ampere. Nilai pukulan takik tertinggi pada pengujian impack adalah 0.1152 Joule/mm2 yaitu pada kuat arus pengelasan 80 Ampere. Semakin rendah kuat arus pengelasan maka sambungan pengelasan lebih bersifat ulet. Semakin tinggi kuat arus pengelasan maka sambungan pengelasan lebih bersifat getas. Nilai BHN terendah pada pengujian Brinnel Test adalah pada kuat arus pengelasan 80 Ampere. Nilai BHN tertinggi pada pengujian Brinnel Test adalah pada kuat arus pengelasan 120 Ampere. Semakin tinggi kuat arus pengelasan maka cairan elektroda yang membeku semakin keras. Kuat arus pengelasan mempengaruhi sifat mekanik sambungan pengelasan. Kuat arus 120 Ampere memiliki kemampuan meresap lebih dalam ke dalam spesimen daripada kuat arus 80 Ampere.


Keywords


Pengelasan Busur Listrik Elektroda Terbungkus (SMAW); Baja C40-50%; Kuat Arus; Pengujian Impak; Pengujian Brinnel Test

Full Text:

PDF

References


. Amstead, B, H, Ostwald, P, F, Begemen, M.L, 1992. Teknologi Mekanik, Cetakan ke Tiga, Erlangga, Jakarta.

. Grachino, W, Weeks, W, Johson, G, S, 1997, Welding Teknologi, 2nd Edition, American Technical Socirty, Chicago.

. N K Sriabivasan D, 1985, Welding Technologi, 1st Edition, Khana Teac Publictions, Delhi.

. Newby, J, R, Dkk, 1987, Metal Hand Book Ninth Edition Volume 8 Mechanical Testing, American Society For Metals, Metal Parks, OHIO, 44073.

. Mudjujana, 2006, Failure Analisis III Engineering Alication, Yogyakarta.

. Sonawan H, Suratman R, 2004, Pengantar Untuk Memahami Proses Pengelasan Logam, Cetakan Pertama, CV Alvabeta, Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Khairul Suhada, Muhammad Rafiq Yanhar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK)

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/semnastek
Email: p.ilmiah@ft.uisu.ac.id

Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License