PENGGUNAAN METODE CANNY EDGE DETECTION UNTUK MENDETEKSI TEPI UANG KERTAS ASLI BERBASIS JAVA

Hermansyah Alam, Yendri Manurung, Helma Widya, Wahyul Huda Nanda

Abstract


Aplikasi object recognition adalah proses identifikasi citra pada uang kertas berdasarkan RGB. Dalam proyek akhir ini akan merancang bangun untuk mengidentifikasi tepi uang kertas dengan menggunakan metode canny. Dalam pembagian warna umumnya harus dilakukan inisialisasi jumlah yang di inginkan terlebih dahulu.Peredaran uang palsu dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Peningkatan ini dikarena mudahnya mendapatkan informasi cara membuat uang palsu di internet. Untuk itu, perlu adanya suatu teknologi yang dapat mengetahui dan membedakan uang palsu tersebut. Berdasarkan kasus di atas, perlu membuat aplikasi yang dapat membedakan uang asli dengan uang palsu menggunakan deteksi tepi uang dengan metode canny.Metode Canny Edge Detection akan mendeteksi semua edge atau garis-garis yang membentuk objek gambar dan akan memperjelas kembali pada bagian-bagian tersebut. Tujuan pendeteksian ini adalah bagaimana agar objek di dalam gambar dapat dikenali dan disederhanakandari bentuk sebelumnya. Hal ini akan menghasilkan sebuah tampilan gambar yang berbeda dengan menampilkan efek relief didalamnya. Efek relief adalah seperti sebuah tampilan batu kasar yang diukir, yaitu garis-garis kasar yang membentuk sebuah penggambaran objek di dalamnya sehingga dapat menentukan perbedaan uang asli dan uang palsu.


Keywords


Metode Canny Edge Detection; Uang Asli; Java

Full Text:

PDF

References


. Acmad Basuki, Josua F. Pelandi dan Fachurrochman, 2005, Pengolahan Citra Digital, Graha Ilmu.

. Ahmad, Usman. 2005, Pengolahan Citra Digital & Teknik Pemgrogramannya, Graha Ilmu Yogyakarta.

. Edy Mulyanto, T.Sutoyo, Vincent Suhartono, 2009, Teori Pengolahan Citra Digital, Andi.

. Google. 2009. “Belajar Java: Perancangan Algoritma”. Diunduh pada tanggal 13 Oktober 2013 di http://www.java.lyracc.com/artikel/java-untuk-pemula/perancangan-algoritma.

. Ginting, E. D. Deteksi Tepi Menggunakan Metode Canny dengan Matlab untuk Membedakan Uang Asli dan Uang Palsu. Jurusan Teknik Informatika Universitas Gunadarma.

. John Canny. A computational approach to edge detection. Pattern Analysis and Machine Intelligence, IEEE Transactions on, PAMI-8(6): 10-15.

. www.ilmu komputer.com,Dasar-Dasar Pemroggraman Java.pdf.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Hermansyah Alam, Yendri Manurung, Helma Widya, Wahyul Huda Nanda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK)

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/semnastek
Email: p.ilmiah@ft.uisu.ac.id

Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License