PENINGKATAN EFISIENSI KINERJA KEHADIRAN KARYAWAN DENGAN MEMBANDINGKAN METODE ABSENSI BERBASIS FINGER DAN GPS (B-GATE) DI BANK BTN

Antoni Antoni, Solly Aryza

Abstract


Dalam penelitian di PT Bank BTN, terdapat masalah terkait sistem absensi yang saat ini menggunakan fingerprint. Namun, sistem ini memiliki beberapa kendala, seperti antrian panjang ketika banyak pegawai datang bersamaan, rentan terhadap penggunaan jari palsu, mudah rusak, dan kinerja fingerprint menjadi lambat setelah penggunaan dalam jangka waktu yang lama karena penurunan sensitivitas sensor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rational Unified Process (RUP), sebuah metode rekayasa perangkat lunak yang menggunakan pendekatan berorientasi objek dengan menggunakan Unified Modeling Language (UML). Terdapat empat tahapan dalam penggunaan metode ini, yaitu inception, elaboration, construction, dan transition. Hasil dari penelitian ini adalah pengembangan sebuah sistem aplikasi absensi berbasis website yang menggunakan fitur Global Positioning System (GPS). Sistem ini hanya memungkinkan pegawai untuk melakukan absensi di area lokasi Bank BTN, sehingga dapat mengurangi tingkat kecurangan dalam input absensi. Selain itu, sistem ini memudahkan pegawai dalam melakukan absensi karena dapat diakses melalui ponsel yang dimiliki karyawan, dan juga membantu Departemen Sumber Daya Manusia (HRD) dalam merekap data absensi.


Keywords


Absensi; GPS; RUP; Bandar Udara; Fingerprint

Full Text:

PDF

References


. Adha, M. A., Mustiningsih, & Maisyaroh. 2018. Hubungan Pelaksanaan Sistem Informasi Manajemen Berbasis Komputer dan Keefektifan Kinerja PNS Di Perguruan Tinggi. Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidkan, 1(2), 121-131.

. Bawelle, M., & Sepang, J. 2015. Pengaruh Etos Kerja Gairah Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT BRI Cabang Tahura. Jurnal EMBA, 4(5), 303-408.

. Edios. 2019. B-GATE Aplikasi Absensi Berteknologi GPS. [online]. https://edioss.com/b-gate-aplikasi mobile-berteknologi-gps/diakses 29 Desember 2019

. Fardiana, N. 2019. Penerapan Absensi Online “JATHILAN” Bagi Penilik Sekolah Ponorogo Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, 8(2), 65-85.

. Ferdiansyah. 2018. Pengaruh Komunikasi Terhadap Efektivitas Organisasi (Studi Kasus Pada Pihak Struktural SMK Letris 2 Pamulang). Jurnal Kreatif: Pemasaran, Sumberdaya Manusia dan Keuangan, 6(2), 135-142.

. Hasibuan, M. S. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia (Edisi Revisi). Jakarta : PT. Bumi Aksara .

. Kasmir. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktek). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

. Mangkunegara, A. P., & Octorend, T. R. 2015. Effect of Work Discipline, Work Motivation and Job Satisfaction on Employee Organizational Comitment in the Company and Job Satisfaction on Employee Organizational Commitment in The Company (Case Study in PT. Dada Indonesia). Universal Journal of Management, 3 (8), 318-328.

. Nambisan, S., Lyytinen, K., Marjchrzak, A., & Song, M. 2017. Digital Innovation Management: Reiventing Innovation Research in a Digital World . MIS Quarterly, 41 (1), 223-238.

. Pandoyo, &Sofyan , M. 2018. Metodologi Penelitian Keuangan Dan Bisnis Teori dan Aplikasi Menggunakan Software Olah Data Eviews 9. Bogor: In Media.

. Priansa, D. J. 2017. Manajemen Kinerja Kepegawaian dalam Pengelolaan SDM. Bandung: CV Pustaka Setia.

. Setiamy, A. A., & Deliani, E. 2019. Strategi Inovasi Dan Kinerja Industri Rumahan Dalam Meningkatkan Minat Pembelian Konsumen Di Pasar Sukaramai Medan. Jurnal Ilmu Manajemen METHONOMIX, 2 (1), 45-52.

. Syahputri, A. S., 2017. Pengaruh Penerapan Sistem Absensi Online Dan E-Logbook Terhadap Disiplin Kerja Pegawai Di Badan Keepegawaian Daerah Provinsi Kalimantan Timur. e-Journal Administrasi Negara, 5 (2), 5689-5702.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Antoni Antoni, Solly Aryza

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK)

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/semnastek
Email: p.ilmiah@ft.uisu.ac.id

Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License