PENINGKATAN EFISIENSI DAN PROTEKSI PENERAPAN TRANSAKSI PAYMENT GATEAWAY BERBASIS QRIS PADA UMKM DI KOTA MEDAN

Solly Aryza, Antoni Antoni, Zulkarnain Lubis

Abstract


Didalam Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui apakah penerapan transaksi dan kendala proteksi dan efisiensi yang dituju pada penggunaan Tecnology Payment Gateway Berbasis QRIS pada pedagang di daerah Medan Perjuangan dan cara mengatasi kendala tersebut.  Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi yang nantinya akan diproses melalui analisis data untuk menjawab dari rumusan masalah. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Penerapan transaksi payment gateway berbasis QRIS pada pedagang di pantai penimbangan masih belum berjalan dengan maksimal, (2) Kendala dalam mewujudkan penerapan transaksi payment gateway berbasis QRIS masih sangat banyak, (3) Inisiatif yang telah dilakukan dalam mengatasi kendala aplikasi QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) tersebut.


Keywords


Payment Gateway; Media Pembayaran; Kode QR

Full Text:

PDF

References


. Astarina, I., 2018. Pengaruh Motivasi Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Alfa Scorpii Pematang Reba. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 7(4), 1-9

. Astarina, S., 2019. 3 Keuntungan Menjadi Cashless Society, Sudah Merasakannya? Koin Works.

Diambil dari https://koinworks.com/blog/keuntungan-menjadi-cashless-society/. Diakses Pada 15 Februari 2021.

. Bank Indonesia, 2018. Boks 2.3: Financial Teknology, Kajian Stabilitas SistemPembayaran No. 31 September 2018, Departemen Kebijakan Makroprudensial, September.

. Martawardaya, B., 2016. Teknologi Disruptif dan Peluangnya. Diambil dari Medcom.Id. https://www.medcom.id/pilar/kolom/MkMYLawk-teknologi-disruptif-danpeluangnya. Diakses Pada 15 Februari 2021.

. Mulia, I., 2019, Analisis Faktor Penerimaan Implementasi Cashless Society Dengan menggunakan Framework UTAUT (Master’s thesis)”. Program Studi Manajemen Sistem Informasi, Program Pascasarjana Ilmu Komputer. Jakarta: Universitas Bina Nusantara.

. Rahma, T. I. F., 2018. Persepsi Masyarakat Kota Medan Terhadap Penggunaan Financial Technology (Fintech). At-Tawassuth, III, 642–661.

. Rif’ah, S. 2019. Fenomena Cashless Society Di Era Milenial Dalam Perspektif Islam. AlMusthofa: Journal of Sharia Economics, 2(1),

. Sugiyono. 2016. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In CV Alfabeta”. https://doi.org/https://doi.org/10.3929/ethz-b-000238666. Diakses Pada 15 Februari 2021.

. Syarizka, Deandra, 2019, Kontribusi UMKM terhadap PDB 2019 Diproyeksi Tumbuh 5%. Bisnis. com 9.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Solly Aryza, Antoni Antoni, Zulkarnain Lubis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK)

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/semnastek
Email: p.ilmiah@ft.uisu.ac.id

Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License