PENGARUH KEPEMIMPINAN, MOTIVASI DAN KEPUASAN KERJA GURU TERHADAP PENINGKATAN MUTU SEKOLAH DI SD NEGERI 11 LANGSA

Anita Tresia

Sari


Kinerja seorang guru tentunya dapat dipengaruhi oleh variabel internal maupun variabel eksternal. Kepemimpinan mutlak dan sangat penting sebagai salah satu usaha yang dimanipulasi oleh kepala sekolah dengan kaitannya dalam memberikan motivasi bagi peningkatan dan pengembangan kemampuan guru. Motivasi merupakan faktor psikologis yang dapat distimulus oleh faktor luar yakni kepemimpinan dan faktor dari dalam diri sendiri. Variabel lain adalah kepuasan kerja guru yang akan terlihat setelah guru menyelesaikan suatu pekerjaan yang dibebankan kepadanya. Bagaimana pimpinan mengapresiasi, atau bahkan penerimaan reward dan sebagainya, tentu akan berdampak pada kepuasan kerja. Penelitian dilakukan di SD Negeri 11 Langsa.  Perumusan masalah penelitian disusun sebagai berikut: (a) Apakah ada pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di Sd Negeri 11 Langsa?; (b) Apakah ada pengaruh motivasi terhadap kinerja guru di SD Negeri 11 Langsa?; (c) Apakah ada pengaruh kepuasan kerja guru terhadap kinerja guru di SD Negeri 11 Langsa?; (d) Apakah ada pengaruh kepemimpinan, motivasi dan kepuasan kerja guru terhadap kinerja guru di SD Negeri 11 Langsa?  Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (a) Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SD Negeri 11 Langsa. (b) Pengaruh motivasi terhadap kinerja guru di SD Negeri 11 Langsa. (c) Pengaruh kepuasan kerja guru terhadap kinerja guru di SD Negeri 11 Langsa. (d) Pengaruh kepemimpinan, motivasi dan kepuasan kerja guru terhadap kinerja guru di SD Negeri 11 Langsa. Waktu penelitian dimulai pada bulan Januari-April 2018. Yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah Kepemimpinan (Variabel X1), Motivasi (Variabel X2) dan Kepuasan kerja (Variabel X3) serta Kinerja guru (Variabel Y). Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan total sampling. Sehingga seluruh populasi dijadikan sebagai sampel penelitian yang berjumlah 30 responden. Instrumen penelitian berupa kuesioner dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menjelaskan; (1) Terdapat pengaruh kepemimpinan terhadap kinerja di SD Negeri 11 Langsa dengan nilai thitung = 3.205 > 2.363. (2) Terdapat pengaruh motivasi terhadap kinerja guru di SD Negeri 11 Langsa dengan nilai thitung = 4.855 > 2.363. (3) Nilai thitung = 3.205 > 2.363 maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja guru di SD Negeri 11 Langsa (4) Fhitung = 2.002 < Ftabel = 2.92, maka Ho diterima dan Ha ditolak, artinya secara simultan (kepuasan kerja, motivasi, dan kepemimpinan) tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.