PENGARUH KOMUNIKASI DAN MOTIVASI TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PT. JAYA ANUGRAH SUKSES ABADI (BRASTAGI SUPERMARKET)

Ina Namora Putri Siregar, Nana Taslim, Caroline Wijaya, Benny Benny, Rahmat Mirzal Butar Butar

Abstract


Peneliti mengambil objek penelitian dari PT. Jaya Anugrah Sukses Abadi, pemilihan objek disebabkan karena penurunan kepuasan kerja karyawan. Kepuasan kerja pada dasarnya bersifat individual. Karyawan akan memberikan feedback yang baik terhadap perusahaan. Karyawan yang merasa puas juga akan betah bekerja dalam perusahaan tersebut. Komunikasi di dalam suatu perusahaan sangat diperlukan dalam melaksanakan dan menjalankan suatu perintah yang diberikan. Komunikasi yang sehat di dalam perusahaan akan dapat membuat tujuan perusahaan mudah tercapai. Dengan adanya komunikasi yang terjalin baik, maka karyawan yang bekerja di dalam perusahaan tidak akan mudah melakukan kasalahan dalam pekerjaan. Disamping komunikasi, faktor lain yang mempengaruhi kepuasan kerja adalah motivasi. Pada umumnya, orang mau bekerja untuk dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan (fisik dan mental), baik itu kebutuhan yang disadari maupun kebutuhan yang tidak disadari. Adapun teori digunakan untuk mendukung penelitian adalah teori-teori manajemen sumber daya manusia berkaitan dengan komunikasi, motivasi dan kepuasan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis kuantitatif. Metode pengumpulan data dengan wawancara, pembagian kuesioner dan studi dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda, koefisien determinasi pengujian secara simultan (Uji-F) dan secara parsial (Uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi dan motivasi secara simultan dan parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja

 

Kata Kunci : Komunikasi, Motivasi dan Kepuasan Kerja


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.