PENGGUNAAN METODE AL-BASITH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA AL-QURAN DI DESA TONGKOH BERASTAGI

Sarudin Sarudin, Dharmawat Dharmawat

Abstract


Kemampuan baca al-Qur’an merupakan tingkatan penguasaan yang dicapai oleh seseorang dalam mengikuti pembelajaran baca al-Quran dengan tujuan yang telah ditetapkan. Penelitian ini membahas tentang penggunaan metode al-Basith dalam meningkatkan kemampuan baca al-Quran pada masyarakat di desa Tongkoh Berastagi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan studi dokumen. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui penerapan metode alBasith dalam meningkatkan kemampuan baca al-Qur’an. Penelitian ini berlokasi di desa Tongkoh Berastagi Sumatera Utara. Data dianalisis dengan menggunakan analisis interaktif dengan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode al-Basith terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan baca al-Quran pada masyarakat di desa Tongkoh.

Full Text:

PDF

References


Anshori. 2014. Ulumul Qur’an. Jakarta: Rajawali Pers.

Endri, K. 2014. Analisis Dan Perancangan Multimedia Pembelajaran Membaca Al-Qur'an "Metode Al-Basith" Dengan Lima Langkah. Jurnal Teknik Informatika Politeknik Sekayu, Issn-P 2407-2192

Kementrian Agama RI. 2010. Al-Qur’an dan Tafsirnya. Jakarta: Lentera Abadi.

Miles, M.B, Huberman,A.M, dan Saldana,J. 2014. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.

Safrina Ariani dkk., 2013. Peningkatan Kemampuan Tahsin Al-Quran Mahasiswa Angkatan 2012/2013 pada Program Bengkel Quran Prodi PAI, Banda Aceh: Laporan Penelitian IAIN Ar-Raniry

Sri Astuti dkk. 2017. Peningkatan Kemampuan Tahsin Al-Qur’an Pada Mahasiswa Pai Uin Ar-Raniry: Efektivitas Metode Peer Tutoring Melalui Program Bengkel Mengaji. Jurnal AL-ISHLAH: Hal 212-228.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.