ANALISIS EFEKTIVITAS BEA BALIK NAMA KENDARAAN BERMOTOR DALAM PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH DI BADAN PENGELOLAAN PAJAK DAN RETRIBUSI DAERAH PROVINSI SUMATERA UTARA

Iriani Iriani, Ilham Sonata, Sri Elny, Rizky Rahmadani R

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat efektivitas Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) tahun 2015-2019 dan untuk mengetahui kendala serta strategi pegawai Badan Pengelolaan Pajak Dan Retribusi Daerah (BP2RD) dalam meningkatkan BBNKB di Provinsi Sumatera Utara.

Teknik analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif, yaitu metode dengan menggunakan data yang disusun, di interprestasikan dan dianalisa sehingga memberikan gambaran yang jelas dan lengkap bagi pemecah masalah yang dihadapi.

Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data primer yang bersumber dari BP2RD Provinsi Sumatera Utara dan data sekunder yang bersumber dari buku dan jurnal. Setelah memenuhi kriteria dilanjutkan analisis efektivitas menggunakan kriteria efektivitas.

Hasil penelitian menunjukkan efektivitas penerimaan BBNKB di Provinsi Sumatera Utara adalah sangat efektif, sehingga dapat dinilai bahwa pemerintah terkhususnya pegawai BP2RD telah berhasil perolehan rata-rata persentase sebesar 105%.

Penerimaan Pajak BBNKB ini dipengaruhi oleh beberapa sebab yaitu karena kurangnya kepatuhan dan kesadaran masyarakat, minimnya pengetahuan masyarakat serta faktor ekonomi yang tidak merata.

Upaya yang dapat dilakukan pemerintah terutama pegawai BP2RD untuk meningkatkan BBNKB di Provinsi Sumatera Utara yaitu meningkatkan kualitas layanan dan melakukan sosialisasi tentang betapa pentingnya peran pajak serta bekerja sama dengan kepolisian untuk melakukan Razia pada masyarakat yang belum memenuhi kewajibannya untuk membayar pajak.

Keywords


Pajak; Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB); Pendapatan Asli Daerah (PAD); Efektivitas

Full Text:

PDF

References


Andriani. 2014. Teori Perpajakan. Jakarta: Salemba Empat.

Firdausy Carunia Mulya. 2018. Kebijakan dan Strategi Peningkatan Pendapatan Asli Daerah Dalam Pembangunan Nasional. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia

Hidayat. 2013. Pemeriksaan Pajak Menghindari & Menghadapi. Jakarta: Gramedia

Mardiasmo. 2009. Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta.: Andi.

Margaretha Anggraini, A. A., & Yunita, C. 2016. Pengaruh Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor Dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Terhadap Pendapatan Asli Daerah Di Povinsi Sumatera Selatan. 1-12.

Muhammad Faris, Yunilma, Mukhlizul Hamdi 2020. Pengaruh Kontribusi Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Padang

Nurul Aliah, A. H., & Nasir, M. 2019. Pengaruh Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB) Terhadap PAD Aceh. JURNAL EKONOMI DAN KEBIJAKAN PUBLIK INDONESIA Volume 6 Nomor 1, Mei 2019E-ISSN. 2549-8355, 33-49.

Pedoman Dan Tata Cara Pemungutan Pajak Kendaraan Bermotor Dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor

Putu Nadya Kardevi Rakatitha, G. 2017. Pengaruh Kontribusi Pajak Kendaraan Bermotor Dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Pada Pendapatan Asli Daerah. ISSN: 2302-8556 E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana Vol.21.2. November (2017): 1575-1600 DOI:https://doi.org/10.24843/EJA.2017 v21.i02.p26 , 1575-1600.

Resmi Siti. 2011. Perpajakan Teori dan Kasus. Jakarta: Salemba Empat.

Soemitro Rochmat. 2014. Asas dan Dasar Perpajakan. Bandung: Refika Adiatama

Sugiyono. 2008. Mamahami Penelitian Kualitatif, Cv Alfabeta. Bandung.

---------- 2008. Statistika Untuk Penelitian. Cv Alfabeta. Bandung.

---------- 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 Tentang Pajak Daerah Dan Retribusi Daerah

Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 Tentang Pemerintah Daerah

Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2007 Tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.