PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL DAN KEPRIBADIAN GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR MTsS ULUMUL QUR’AN MEDAN

Sarudin Sarudin, Sahliah Sahliah, Dharmawati Dharmawati, Sahmiar Pulungan

Abstract


Pendidikan mempunyai peranan yang sangat strategis dalam mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas baik dalam bidang pengetahuan dan akhlak untuk pembangunan suatu bangsa yang memiliki daya saing dan berkarakter Islam. Peran dan kedudukan guru dalam interaksi edukatif akan menjamin tercapainya tujuan pendidikan dan keberhasilan peserta didik. Guru merupakan salah satu komponen manusiawi dalam proses belajar mengajar, yang ikut berperan dalam usaha pembentukan sumber daya manusia yang potensial di bidang pembangunan.

Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa : 1. Faktor Profesionalisme guru berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar MTsS Ulumul Quran Medan dengan nilai sebesar 17.30%. Jika faktor Profesionalisme guru ditingkatkan maka prestasi belajar juga akan meningkat dan sebaliknya jika faktor Profesionalisme guru mengalami penurunan maka prestasi belajar juga menurun. 2. Faktor kepribadian guru berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar MTsS Ulumul Quran Medan dengan nilai 14.30%. Jika faktor kepribadian guru ditingkatkan maka prestasi belajar juga akan meningkat.. Sebaliknya jika faktor kepribadian guru mengalami penurunan maka prestasi belajar juga menurun. 3. Faktor profesionalisme  dan kepribadian guru secara bersama-sama memiliki keterpengaruhan yang signifikan terhadap prestasi belajar MTsS Ulumul Quran Medan dengan nilai 22.20%.  Bila tingkat profesionalisme  dan kepribadian guru mengalami kenaikan maka prestasi belajar siswa pun akan mengalami kenaikan. Sebaliknya jika tingkat profesionalisme  dan kepribadian guru mengalami penurunan maka prestasi belajar siswa juga mengalami penurunan.

Keywords


Profesionalisme; Kepribadian; Prestasi Siswa

Full Text:

PDF

References


Anni, Catharina Tri. 2004. Psikologi Belajar. Semarang: UPT UNNES Press

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Dimyati, Mudjiono, 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Hamalik, Oemar. 2004. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara

Hani, Intan. 2008. Pengaruh Persepsi Siswa Mengenai Kompetensi Guru Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Pada Siswa Kelas XI SMA Bustanul Ulum Bumiayu. Skripsi. Semarang: FE UNNES

Kunandar. 2007. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta, Rineka Cipta, 2004

Muhammad, Abu Abdullah bin Ismail Al Bukhari. Shohih Al-Bukhari juz 1. (Libanon: Darul Kutub Al- Ilmiyah, 1992)

Mulyasa, Standar Kompetensi dan Sertifikasi guru, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008)

Prawiradilga, Dewi Salma dan Eveline Siregar, Mozaik Teknologi Pendidikan, (Jakarta: Kencana, 2008).

Purwanto, M Ngalim, Psikologi Pendidikan, (Bandung: Remaja Rosadakarya, 2003),

Sagala, Syaiful. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan, (Bandung: Alfabeta, 2009)

Sardiman. 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Slameto. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. (Jakarta : Rineka Cipta. 2010).

Syah, Muhibbin. 2007. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajagrafindo persada

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, (Bandung : Alfabeta, 2012)

Triyanto, Titik. 2006. Tinjauan Yuridis Hak Serta Kewajiban Pendidik Menurut UUGD. Jakarta: Prestasi Pustaka . 2007. Sertifikasi Guru dan Upaya Peningkatan Kualifikasi, kompetensi, dan Kesejahteraan. Jakarta: Prestasi Pustaka

Undang – Undang Guru dan Dosen, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009)

Usman, Moh. Uzer. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Walgito, Bimo. Pengantar Psikologi Umum, (Yogyakarta: Andi Offset,1990)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.