PENGARUH KOMPETENSI TENAGA PENDIDIK TERHADAP PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI MAS AL-WASHLIYAH 30 KEBUN LADA

Asmayani Asmayani

Abstract


Penelitian ini mengkaji tentang tiga hal, pertama; Bagaimana kompetensi tenaga pendidik di MAS Al-Washliyah 30 Kebun Lada Binjai. Kedua; peningkatan mutu pendidikan di MAS Al-Washliyah 30 Kebun Lada Binjai. Ketiga; pengaruh kompetensi tenaga pendidik terhadap peningkatan mutu pendidikan di MAS Al-Washliyah 30 Kebun Lada Binjai.

Penelitian ini dikaji dalam bentuk kuantitatif dengan pendekatan pedagogik. Sedangkan analisis data dilakukan secara product moment. Adapun sampel yang digunakan berjumlah 20 orang guru  MAS Al-Washliyah 30 Kebun Lada Binjai.

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Kompetensi tenaga pendidik di MAS Al-Washliyah 30 Kebun Lada Binjai berada pada klasifikasi baik, dengan persentase 68,12% dibuktikan dengan mampu memahami peserta didik dalam proses belajar mengajar, mampu merancang pembelajaran dengan baik dalam proses belajar mengajar, mampu melaksanakan pembelajaran yang mendidik dalam proses belajar mengajar dan sebagainya. Peningkatan mutu pendidikan di MAS Al-Washliyah 30 Kebun Lada Binjai berada pada klasifikasi baik, dengan persentase jawaban responden sebesar 60,56% dibuktikan dengan peningkatan yang cukup baik dalam hal pengembangan metode pembelajaran yang dilakukan guru di sekolah, peningkatan kualitas guru dalam melaksanakan pembelajaran, peningkatan jumlah penerimaan siswa baru di sekolah setiap tahun, dan sebagainya. Terdapat pengaruh yang signifikan dari kompetensi tenaga pendidik terhadap peningkatan mutu pendidikan di MAS Al-Washliyah 30 Kebun Lada Binjai dengan nilai korelasi sebesar 0,2770, yaitu tingkat pengaruh yang rendah.

 


Keywords


Tenaga Pendidik: Mutu Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Al-Abrosyi, Muhammad Athiyyah, Al-Tarbiyyah al-Islamiyyahwa Falsifatuha, Mesir, Isa al Babi al-Halabi, 1975.

Aly, HeryNoer, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Logos, 2013.

Anonim, dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru danDosen, (Jakarta: t.p, 2005) Anonim, Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan, Jakarta: t.p., 2005

Departemen Agama RI, Al-Quran dan Terjemahnya 1-30 Juz, Semarang: Toha Putra, 2002.

Departemen Agama RI, Basic Kompetensi Guru: Modul Orientasi Pembekalan Calon PNS, Jakarta: Kalam Mulia, 2018.

Departemen Agama RI, Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Dirjen Kelembagaan Agama Islam, 2013.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1994.

El Hadidhy, Syahrul AR, Teknik Penulisan Evaluasi Hasil Belajar, Medan: MPK Al-Washliyah Sumatera Utara, 2012.

Nurdin, Muh., Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta Persada, 2017.

Paraba, Hadirja, Wawasan Tugas Tenaga Guru dan Pembina Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Friska Agung Insani, 2015.

Ridha, Muhammad Jawad, Al-Fikr al-Tarbawi al-Islam; Muqaddimah fi Ushulihi al-Ijtima’iyah wa al-‘Aqlaniyah dialihbahasakan oleh Mahmud Arif dengan judul Tiga Aliran Utama Teori Pendidikan Islam (Perspektif Sosiologis-Filosofis), Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya, 2012.

Rusman, Manajemen Kurikulum, Jakarta: Rajawali Pers, 2019.

Sagala, Syaiful, Konsepdan Makna Pembelajaran; Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar, Bandung: Alfabeta, 2017.

Saud, Udin Syaifuddin, Pengembangan Profesi Guru, Jakarta: Alfabeta, 2015.

Sujanto, Bedjo, Guru Indonesia dan Perubahan Kurikulum, Jakarta: Sagung Seto, 2017.

Syafaruddin, Manajemen Lembaga Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Press, 2015.

Syafaruddin dan Irwan Nasution, Manajemen Pembelajaran, Jakarta: Quantum Teaching, 2015.

Tim Penulis, Implementasi Kurikulum 2013 Modul Pendidikan dan Pelatihan Guru, Medan: LPTK IAIN SU Medan, 2014.

Uno, Hamzah B., Profesi Kependidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2015.

Usman, M. Uzer, Menjadi Guru Profesional, Jakarta: Remaja Rosdakarya, 2014.

Yahya, Murip, Profesi Tenaga Kependidikan, Bandung: Pustaka Setia, 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.